Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Run Command Pada Windows Yang Harus Anda Ketahui


Cara yang cepat dan mudah dengan keyboard untuk menjalankan berbagai tools Windows adalah melalui perintah Run atau Run command. Jika anda tahu perintah Run yang sesuai dari tools atau task, maka anda tahu cara tercepat untuk mengakses tools atau task tersebut.

Berikut ini adalah daftar perintah Run yang paling sering digunakan dan juga merupakan favorit bagi kebanyakan pengguna untuk membantu anda menjadi lebih produktif. Silahkan anda simak semuanya dibawah ini.

Sebelum anda menggunakan perintah Run, pastinya anda harus membuka kotak dialog Run terlebih dahulu. Tekan Win + R pada keyboard anda untuk membuka kotak dialog Run, dan masukkan salah satu dari perintah di bawah ini untuk mengakses tools yang bersangkutan.


1. services.msc :

Ketika anda memasukkan services.msc dan menekan tombol Enter, itu akan membuka aplikasi Windows Services di mana anda dapat dengan mudah memulai, menghentikan dan mengkonfigurasi pengaturan lain untuk masing-masing dan setiap layanan secara individual. Ini sangat membantu ketika anda ingin mengaktifkan layanan.



2. mstsc :

Memasukkan mstsc ke dalam kotak dialog Run akan membuka aplikasi Remote Desktop Connection yang memungkinkan anda untuk terhubung ke komputer Windows lain melalui jaringan lokal atau melalui Internet. Ini membantu anda menggunakan host komputer sebagai milik anda.



3. msinfo32 :

Jika anda ingin cepat mendapatkan informasi system anda, maka perintah msinfo32 adalah cara yang tepat untuk prrgi ke tujuanmu yaitu System Information. Sepintas hal itu akan menampilkan semua detail system termasuk hardware resources dan software environment.



4. sdclt :

Perintah ini membuka jendela Backup and Restore yang memungkinkan anda dengan cepat mengatur jadwal pencadangan atau memulihkan semua cadangan sebelumnya yang telah disimpan.



5. compmgmt.msc :

Aplikasi Computer Management adalah tempat anda dapat mengakses hampir semua modul Windows lanjutan seperti Event Viewer, Shared Folder, System Tools dan lainnya.



6. cleanmgr :

Perintah ini memungkinkan anda untuk membuka utilitas Disk Cleanup Windows. Setelah dibuka, cukup pilih drive yang ingin anda bersihkan dan klik tombol OK.



7. eventvwr.msc:

Windows Event Viewer adalah tempat Windows menyimpan semua pesan monitoring dan troubleshooting. Anda dapat menggunakan perintah ini untuk mengakses aplikasi Event Viewer dengan cepat.


8. control:

Setiap pengguna Windows mengetahui satu atau dua hal tentang Control Panel pada Windows dan dengan menggunakan perintah ini anda dapat dengan cepat mengakses Control Panel dari pada harus mengklik beberapa bebrapa kali dengan mouse untuk mencapainya.


9. mmc:

Microsoft Management Console (MMC) adalah modul Windows canggih yang terutama ditujukan untuk administrator sistem dan pengguna daya, karena semua tools yang dibutuhkan untuk mengonfigurasi dan memonitor sistem Windows.


10. resmon:

Setiap kali anda ingin memeriksa bagaimana sumber daya system anda sedang digunakan, cukup gunakan perintah Run ini dan ini akan membuka Resource Monitor yang akan menampilkan semuanya, dari CPU anda sampai Network.



11. \ (backslash) :

Ini adalah salah satu perintah Run yang kurang dikenal. Cukup masukkan backslash ke kotak dialog Run dan itu akan membuka drive C. Ini adalah salah satu cara tercepat untuk mengakses drive C.


12. . (satu tanda titik) :

Satu lagi perintah Run yang kurang dikenal. Masukan satu tanda titik dan tekan Enter maka anda akan membuka folder beranda pengguna saat ini yang menghosting semua folder lokal lainnya seperti Unduhan, Dokumen, Desktop, Gambar, dll.


13. .. (dua tanda titik) :

Ini juga perintah yang kurang dikenal. Ketika anda menjalankan dua tanda titik di kotak dialog Run maka itu akan membuka folder Users yang terletak di drive C.


14. calc :

Jika anda ingin membuka dengan cepat aplikasi kalkulator bawaan Windows, maka mengetik calc di kotak dialog Run adalah cara termudah untuk melakukannya dari pada anda harus sedikit pusing mencarinya.


15. cmd :

Pengguna Windows terkadang harus berurusan dengan command line. Dengan perintah ini anda dapat dengan cepat membuka Command Prompt tanpa hak administrator jika anda menekan Enter atau klik OK dan membuka Command Prompt dengan hak administrator jika anda menekan tombol Ctrl + Shift + Enter.



16. powershell :

Jika command prompt terlalu lama untuk anda, maka anda mungkin ingin mencoba PowerShell. Ketik saja perintah ini di kotak dialog Run dan itu akan membuka PowerShell anda tanpa hak administrator.



17. netplwiz :

Opsi user account umum tersedia melalui Control Panel, tetapi jika anda ingin mengacaukan opsi user account tingkat lanjut, gunakan perintah ini untuk membuka jendela Advanced User Accounts. Jika anda ingin berurusan dengan Authorization Manager, gunakan perintah Run azman.msc.



18. gpedit.msc :

Group Policy Editor di Windows memungkinkan anda untuk mengatur dan mengedit berbagai kebijakan Windows dari komputer lokal atau jarak jauh. Karena Group Policy Editor adalah alat canggih, itu berada jauh di dalam Windows, dan perintah Run ini adalah cara termudah untuk mengaksesnya.


19. lusrmgr.msc :

Dengan menggunakan perintah ini, anda dapat membuka Local Users and Groups Manager dimana anda dapat mengedit beberapa properti dari semua pengguna dan grup.



20. mrt :

Setiap bulan Windows merilis versi baru dari Microsoft Windows Malicious Software Removal Tool melalui update Windows. Tool gratis ini membantu anda membersihkan beberapa perangkat lunak berbahaya paling populer dari komputer Windows anda. Tool ini berjalan tanpa suara di background, tetapi jika anda ingin menjalankannya secara manual, gunakan perintah Run ini.



21. ncpa.cpl :

Menjadi pengguna Internet berarti bahwa anda harus berurusan dengan masalah jaringan sesekali (jika tidak setiap hari), dan satu cara untuk memecahkan masalah koneksi jaringan anda adalah dengan mengakses Network Adapters anda. Untuk mengakses semua Network Adapters anda, anda dapat menggunakan perintah Run ini.


22. perfmon.msc :

Jika anda ingin memantau kinerja komputer Windows anda dan efek dari program yang anda jalankan, menjalankan Performance Monitor akan memberikan data yang cukup. Anda dapat mengakses Performance Monitor menggunakan perintah ini.



23. powercfg.cpl :

Windows menghosting berbagai opsi daya untuk menangani penggunaan daya komputer anda, dan anda dapat mengakses semua Power Options tersebut menggunakan perintah ini.


24. appwiz.cpl :

Dengan menggunakan perintah ini anda dapat dengan cepat mengakses jendela Programs and Features dimana anda dapat dengan cepat menghapus program yang diinstal.


25. devmgmt.msc :

Windows Device Manager adalah tempat anda dapat mengelola semua perangkat perangkat keras anda dan anda dapat menggunakan perintah Run ini untuk mengaksesnya dengan cepat. Sebagai alternatif, anda juga dapat menggunakan perintah hdwwiz.cpl.


26. regedit :

Ini adalah perintah Run yang paling sering digunakan. Perintah Regedit dapat digunakan untuk mengakses Registry Editor Windows, yang merupakan basis data hierarkis yang menghosting semua konfigurasi dan pengaturan sistem operasi dan program yang diinstal.



27. msconfig :

Windows System Configuration adalah tempat anda dapat mengedit berbagai hal seperti opsi boot, opsi startup, layanan, dll. Anda dapat menggunakan perintah Run ini untuk mengakses jendela Konfigurasi Sistem.


28. sysdm.cpl :

Jika anda ingin mengakses jendela System Properties, maka menggunakan perintah Run ini akan membukanya.


29. firewall.cpl :

Jika anda ingin mengelola atau mengkonfigurasi firewall Windows anda, maka anda dapat menggunakan perintah Run ini untuk mengakses jendela Firewall dengan cepat.


30. wuapp :

Dan perintah terakhir yang perlu anda ketahui adalah wuapp. Anda dapat menggunakan perintah ini untuk memeriksa, mengelola dan mengkonfigurasi semua pengaturan Windows Update anda.

Seperti yang anda lihat, Windows Run command adalah salah satu utilitas terbaik yang dapat anda temukan di Windows. Selain perintah yang dibagikan di atas yang muncul pertama kali, ada banyak perintah lain untuk mengakses berbagai bagian Windows. Jadi anda dapat melengkapi salah satu dari perintah Run favorit anda pada komentar di bawah postingan ini. Lanjutkan membaca cara menonaktifkan kotak dialog Run.

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat untuk anda. Terima kasih sudah berkunjung di blog Mastertipsorialindo dan GBU.

Post a Comment for "Run Command Pada Windows Yang Harus Anda Ketahui"