Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa itu Microsoft Management Console (MMC) di Windows 10/11

 


Microsoft Windows OS menyertakan console berbagai tools yang digunakan untuk mengelola dan memelihara fungsi. Console tersebut bernama Microsoft Management Console (MMC), yang menghosting dan menampilkan tools administratif yang dibuat oleh Microsoft dan penyedia software lain untuk Windows. Tools ini disebut snap-in dan digunakan untuk mengelola hardware, software dan komponen jaringan Windows.



Microsoft Management Console di Windows 10/11


Jika anda mengetik MMC di kotak Run (Wn +R) dan menekan tombol Enter, maka hasilnya akan membingungkan. Ini akan menjadi layar kosong dengan panel.




Tetapi jika anda mengklik File - Add/Remove Snap-in, maka itu akan mengubah segalanya. MMC adalah placeholder tempat anda dapat menambahkan berbagai tools Windows seperti Disk Management, Computer Management, Performance Monitor, Print Management dan lainnya.


Tools tersebut cukup kuat untuk melakukan operasi ini di komputer lain di jaringan yang sama.



Cara Menambah/Menghapus Snap-in MMC

  • Klik pada menu File kemudian pilih Add/Remove Snap-in untuk membuka selektor.


  • Kemudian pilih snap-in dan klik tombol Add.
  • Selanjutnya, klik pada bagian Advanced yang memungkinkan anda untuk mengatur snap-in induk, yaitu snap-in yang tetap berada di bagian atas daftar.
  • Klik OK dan kemudian pastikan untuk tersimpan di komputer.



Pengaturan ini akan memungkinkan anda untuk mengakses seperangkat tools yang sering anda gunakan dengan cepat. Meskipun terdengar profesional, bahkan konsumen pro dapat menggunakan ini untuk meluncurkan dan menggunakan tools dengan cepat seperti Group Policy Editor, Performance dan tools lainnya.


Salah satu keuntungan terbesar menggunakan ini adalah anda dapat mengakses fitur tools yang disertakan langsung di dalamnya. Misalnya, ketika anda mengklik Disk Management, itu tidak meluncurkannya di jendela terpisah tetapi meluncurkannya di dalam jendela.


MMC adalah tools yang luar biasa untuk mengelola hardware, software dan komponen jaringan system operasi Microsoft Windows anda. Anda dapat membuat snap-in kustom ini dan kemudian mendistribusikannya,  sehingga mereka juga dapat mengaksesnya secara langsung.


Sekian artikel singkat kali ini, semoga menambah wawasan anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pengalaman dalam menggunakan tools Microsoft Management Console ini. Anda juga dapat membaca atikel saya lainnya tentang Run Commands pada Windows yang harus anda ketahui atau yang perlu anda ketahui tentang Group Policy di Windows. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Apa itu Microsoft Management Console (MMC) di Windows 10/11"