Widget HTML Atas

Cara Aktifkan, Nonaktifkan, Start, Stop atau Restart Service di Windows 10/11

 


Pada artikel kali ini, kita akan membahas topik tentang cara mengaktifkan atau menonaktifkan Service dan cara memulai (start), menghentikan (stop) dan memulai ulang (restart) Service di Windows 10 atau Windows 11 menggunakan PowerShell, Command Prompt, Task Manager dan Net Command.


Windows Services adalah aplikasi yang biasanya dimulai saat komputer dibooting dan berjalan dengan tenang di background hingga komputer dimatikan. Pada dasarnya, service adalah aplikasi Windows apapun yang diimplementasikan dengan service API dan menangani tugas low level (tingkat rendah) yang memerlukan sedikit atau tanpa interaksi pengguna.




Mengaktifkan atau Menonaktifkan Service di Windows 10/11


System operasi Windows saat diinstall dan dijalankan di perangkat anda benar-benar berfungsi dengan baik dalam mengelola service secara otomatis, tetapi terkadang anda mungkin perlu mengaktifkan atau menonaktifkan service sesuai permintaan secara manual. Ingatlah bahwa jika anda menonaktifkan suatu service, semua dependensi service juga akan terpengaruh dan mengaktifkan service tidak secara otomatis merestart dependensi service.


Sebelum membuat perubahan pada service, saya sarankan anda membuat system restore point sebagai tindakan pencegahan yang diperlukan jika prosedur menyebabkan kerusakan system. Anda kemudian dapat melakukan System Restore menggunakan restore point tersebut untuk membatalkan perubahan.



I. Aktifkan atau Nonaktifkan Menggunakan PowerShell dan Command Prompt


Semua Windows Services dapat diakses melalui Windows Services Manager dan anda dapat memulai, menghentikan, menonaktifkan Windows Services menggunakannya. Tetapi anda juga dapat menggunakan PowerShell dan Command Prompt untuk mengelola Service di system operasi Windows anda.


Anda harus masuk sebagai administrator untuk mengaktifkan dan menonaktifkan service. Tidak disarankan untuk menonaktifkan service kecuali anda mengetahui fungsi apa yang akan terpengaruh, dan bagaimana kinerja system akan terpengaruh secara umum. Jika anda menonaktifkan service dan anda tidak dapat mengakses komputer anda, anda dapat booting ke Safe Mode untuk mengaktifkan service.



1. Menggunakan PowerShell


Untuk mengaktifkan atau menonaktifkan service menggunakan PowerShell di Windows 10 atau Windows 11 anda, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Gunakan Search Windows untuk menemukan PowerShell, kemudian klik kanan padanya dan pilih Run as administrator. Di Windows 10, anda dapat menekan tombol Win + X dan pilih Windows PowerShell (Admin). Anda juga dapat menggunakan Windows Terminal dengan hak admin.
  • Di jendela PowerShell, masukan perintah di bawah ini dan tekan Enter untuk memeriksa status semua Service saat ini.


Get-Service | Format-Table -Auto


  • Untuk mengaktifkan service, masukan perintah di bawah ini yang anda inginkan ke PowerShell dan tekan Enter. Jangan lupa, ganti ServiceName di setiap perintah dengan nama service sebenarnya yang ingin anda aktifkan atau nonaktifkan.
Automatic (Delayed Start):

Set-Service -Name "ServiceName" -StartupType AutomaticDelayedStart

Automatic:

Set-Service -Name "ServiceName" -StartupType Automatic​

Manual:

Set-Service -Name "ServiceName" -StartupType Manual​

  • Untuk mengaktifkan dan memulai (Start) service, masukan perintah di bawah ini yang anda inginkan ke PowerShell dan tekan Enter.
Automatic (Delayed Start):

Set-Service -Name "ServiceName" -StartupType AutomaticDelayedStart -Status Running​

Automatic:
 
Set-Service -Name "ServiceName" -StartupType Automatic -Status Running​

Manual:

Set-Service -Name "ServiceName" -StartupType Manual -Status Running

  • Untuk menghentikan dan menonaktifkan service, masukan perintah di bawah ini ke PowerShell dan tekan Enter.

Set-Service -Name "ServiceName" -StartupType Disabled -Status Stopped​

Setelah selesai, anda dapat keluar dari PowerShell.


2. Menggunakan Command Prompt

Untuk mengaktifkan atau menonaktifkan Service menggunakan Command Prompt di Windows 10 atau Windows 11, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik cmd dan tekan Ctrl + Shift + Enter.  Anda juga dapat membuka Windows Terminal dengan hak admin.
  • Di command prompt, masukan perintah berikut dibawah ini dan tekan Enter untuk memeriksa status semua Service saat ini.

sc queryex state=all type=service


  • Untuk mengaktifkan service, masukan perintah di bawah ini yang anda inginkan ke command prompt dan tekan Enter. Jangan lupa ganti ServiceName di setiap perintah dengan nama service sebenarnya yang ingin anda aktifkan atau nonaktifkan.

Automatic (Delayed Start):

sc config "ServiceName" start=delayed-auto

Automatic:

sc config "ServiceName" start=auto

Manual:

sc config "ServiceName" start=demand

  • Untuk mengaktifkan dan memulai service, masukan perintah di bawah ini yang anda inginkan ke command prompt dan tekan Enter.

Automatic (Delayed Start):

sc config "ServiceName" start=delayed-auto && sc start "ServiceName"

Auotomatic:

sc config "ServiceName" start=auto && sc start "ServiceName"

Manual:

sc config "ServiceName" start=demand && sc start "ServiceName"

  • Untuk menghentikan dan menonaktifkan service, masukan perintah di bawah ini ke command prompt dan tekan Enter.

sc stop "ServiceName" && sc config "ServiceName" start=disabled

Setelah selesai, anda dapat keluar dari Command Prompt.


II. Start, Stop, Restart Service Menggunakan PowerShell, Command Prompt, Task Manager dan Net Command

Anda harus masuk sebagai administrator untuk start, stop dan restart service. Selain itu, anda tidak akan dapat memulai (start) service yang dinonaktifkan sampai anda mengaktifkan service tersebut.


1. Menggunakan PowerShell

Untuk start, stop dan restart service melalui PowerShell di Windows 10 atau Windows 11, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Buka PowerShell dengan hak admin.
  • Kemudian di PowerShell, masukan perintah di bawah ini yang anda inginkan ke PowerShell dan tekan Enter. Jangan lupa mengganti ServiceName di setiap perintah dengan nama service sebenarnya dan DisplayName dengan nama display sebenarnya masing-masing untuk service yang ingin anda start, stop atau restart.

Start-Service -Name "ServiceName"

atau

Start-Service -DisplayName "DisplayName"​

  • Untuk menghentikan service, masukan perintah di bawah ini yang anda inginkan ke PowerShell dan tekan Enter.

Stop-Service -Name "ServiceName"​

atau

Stop-Service -DisplayName "DisplayName"

  • Untuk merestart service, masukan perintah di bawah ini yang anda inginkan ke PowerShell dan tekan Enter.

Restart-Service -Force -Name "ServiceName"​

atau

Restart-Service -Force -DisplayName "DisplayName"

Setelah selesai, anda dapat keluar dari PowerShell.


2. Menggunakan Command Prompt

Untuk start, stop atau restart service menggunakan Command Prompt di Windows 10 atau Windows 11, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Buka Command Prompt dengan hak admin.
  • Untuk memulai (start) service, masukan perintah di bawah ini ke command prompt dan tekan Enter. Ganti ServiceName di setiap perintah dengan nama service sebenarnya untuk service yang ingin anda start, stop atau restart.

sc start "ServiceName"


  • Untuk menghentikan (stop) service, masukan perintah di bawah ini ke command prompt dan tekan Enter.
 
sc stop "ServiceName"


Setelah selesai, anda dapat keluar dari Command Prompt.


3. Menggunakan Task Manager

Untuk start, stop atau restart service melalui Task Manager di Windows 10 atau Windows 10, ikuti langkah-langkah berikut ini.
  • Buka Task Manager dengan menekan tombol Ctrl + Shift + Esc.
  • Di jendela Task Manager, alihkan ke tab Services.
  • Disini, klik kanan pada service dan pilih Start, Stop atau Restart.


Catatan: Start hanya akan tersedia jika status service saat ini dihentikan. Stop dan Restart hanya akan tersedia jika status service sedang berjalan.

Setelah selesai, anda dapat keluar dari Task Manager.


4. Menggunakan Net Command

Untuk start, stop atau restart service menggunakan Net Command di Windows 10 atau Windows 11, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Buka Command Prompt atau PowerShell dengan hak admin.
  • Untuk start service, masukan perintah di bawah ini yang anda inginkan ke konsol dan tekan Enter. Ganti ServiceName di setiap perintah dengan nama service sebenarnya dan DisplayName di setiap perintah dengan nama display sebenarnya untuk service yang ingin anda start, stop atau restart.


net start "ServiceName​"


atau

net start "DisplayName"

  • Untuk menghentikan service, masukan perintah di bawah ini yang anda inginkan ke konsol dan tekan Enter.


net stop "ServiceName​"

atau

net stop "DisplayName"

Setelah selesai, anda dapat menutup PowerShell atau Command Prompt.


Semoga membantu anda! Anda juga dapat membaca artikel saya lainnya tentang cara melihat daftar services Windows menggunakan Command Line atau memperbaiki Services.msc tidak Bisa dibuka di Windows 10/11.

Sekian artikel saya kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam mengaktifkan, menonaktifkan, start, stop atau restart Service di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

No comments for "Cara Aktifkan, Nonaktifkan, Start, Stop atau Restart Service di Windows 10/11"