Widget HTML Atas

Cara Melihat Daftar Services Windows Menggunakan Command Line

 


Services Windows adalah aplikasi yang biasanya melayani fungsi inti dari system operasi Windows yang berjalan di background dan tidak memiliki user interface atau antarmuka pengguna. System operasi Windows menggunakan aplikasi atau service ini untuk melakukan apa yang dilakukan OS, seperti mengelola koneksi jaringan, memutar suara, menyediakan fungsionalitas file system, menyediakan keamanan dan otentikasi, menampilkan warna dan berinteraksi dengan pengguna melalui GUI (graphical user interface).


Anda dapat melihat semua daftar service dengan membuka Services Manager. Ada beberapa cara membuka jendela Services seperti mencarinya di Start menu dan kemudian membukanya atau menggunakan kotak Run. Anda juga dapat menggunakan Command Prompt atau Get-Service PowerShell cmdlet t0 menghasilkan daftar Services Windows yang sedang berjalan (Running) atau dihentikan (Stopped).


Artikel kali ini akan menunjukkan kepada anda bagaimana anda dapat membuat daftar Services Windows yang berjalan di komputer Windows 11/10/8/7 anda.



Cara Mengekspor Daftar Service Windows


Anda dapat mengekspor daftar Services Windows menggunakan command line di Command Prompt atau PowerShell. Untuk itu ikuti langkah-langkahnya dibawah ini.


1. Menggunakan Command Prompt:

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik cmd dan tekan Ctrl + Shift + Enter untuk membuka Command Prompt dengan hak admin.
  • Di jendela Command Prompt, masukan perintah berikut ini dan tekan Enter.


sc query type= service > "%userprofile%\Desktop\ServicesList.txt"



Perintah ini akan menyimpan daftar sebagai file teks di Desktop anda. Anda kemudian dapat membukanya dan melihat daftar Services yang di install di system anda.



2. Menggunakan PowerShell:

Cmdlet Get-Service dirancang untuk mengambil informasi tentang service yang diinstall pada komputer anda. Menggunakan cmdlet Get-Service PowerShell, anda dapat membuat daftar Services Windows yang berjalan di komputer Windows 11/10/8/7 anda.

Buka PowerShell dengan hak admin. Di Windows 10, tekan tombol Win + X dan pilih Windows PowerShell (Admin). Di Windows 11, ketik powershell di Search, pada hasil yang muncul, klik kanan dan pilih Run as administrator.

Di jendela PowerShell, ketik Get-Service dan tekan Enter. Anda akan melihat daftar semua Services yang diinstall pada system Windows anda.


Anda juga dapat memfilter hasil menggunakan kemampuan pemfilteran Windows PowerShell. Manfaatkan parameter untuk mencapai ini. Anda dapat membuat daftar Service yang berjalan (Running) serta Service yang dihentikan (Stopped). Anda juga dapat mengurutkannya berdasarkan nama menggunakan cmdlet Sort-Object. Anda dapat melangkah maju dan bahkan menampilkan daftar ke GridView.

Misalnya, anda dapat menggunakan cmdlet Get-Service, memfilter status pada kata Running, lalu menampilkan ke GridView dengan menggunakan perintah berikut ini.

Get-Service | Where Status -eq "Running" | Out-GridView

Ini akan menghasilkan daftar Running Services dan jendela lain akan terbuka untuk menampilkan hasilnya.


Untuk mengambil informasi tentang Stopped Services di remote computer dan menampilkannya ke GridView, gunakan parameter -ComputerName, seperti yang ditunjukkan di perintah bawah ini.

Get-Service -ComputerName RemoteComputerName | Where Status -eq "Stopped" | Out-GridView

Untuk mengekspor daftar Services Windows, gunakan perintah berikut ini.

Get-Service | Where-Object {$_.Status -eq "Running"} | Out-File -filepath "$Env:userprofile\Desktop\ServicesList.txt"

Ini akan menyimpan daftar Services sebagai file teks di Desktop anda.


Ini hanya tiga contoh. Baca selengkapnya tentang Get-Service di TechNet.


Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam melihat daftar Services Windows menggunakan command line di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

No comments for "Cara Melihat Daftar Services Windows Menggunakan Command Line"