Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menjalankan Start Command Otomatis di Command Prompt atau Powershell


Jika anda bekerja dengan komputer cukup lama, anda akhirnya akan mengembangkan beberapa alur kerja. Ini bisa sederhana atau rumit, tetapi kemungkinan anda akan berakhir dengan beberapa yang unik bagi anda. Semakin banyak yang anda lakukan dengan komputer anda, semakin besar kemungkinan Aanda akan berakhir dengan menggunakan Command Prompt atau PowerShell yang lebih kuat.

Kadang-kadang anda mungkin menemukan diri anda menjalankan beberapa perintah yang sama setiap kali anda meluncurkan PowerShell atau Command Prompt. Sebaliknya, mengapa tidak menghemat waktu dan menjalankannya secara otomatis saat peluncuran?


Apa Yang Dapat Anda Lakukan Dengan Perintah Otomatis?

Anda mungkin memiliki alur kerja yang melihat anda membuat banyak file di direktori setiap kali anda menggunakan Command Prompt atau PowerShell. Dengan perintah otomatis anda dapat membersihkan direktori itu setiap kali anda membuka prompt. Anda juga dapat menggunakan ini untuk mengubah direktori default Command Prompt atau PowerShell saat terbuka.

Itu hanya beberapa contoh. Alur kerja anda sendiri akan menentukan apa yang anda jalankan secara otomatis.


Menyiapkan Perintah PowerShell Otomatis

Untuk menjalankan perintah secara otomatis di PowerShell, edit profil anda. Untuk memulai, periksa apakah anda sudah memiliki profil. Buka PowerShell dan ketik yang berikut ini:

Test-Path $Profile

Ini akan mengembalikan True atau False. Jika itu salah, jalankan perintah berikut:

New-Item –Path $Profile –Type File –Force

Ini akan menimpa profil yang ada. Jika perintah sebelumnya mengembalikan True, anda kemungkinan tidak ingin menjalankan ini. Jika anda ingin memulai dari awal, silakan saja.


Untuk benar-benar mengatur perintah otomatis anda, edit profil anda. Gunakan text editor pilihan anda, tetapi Notepad diinstal secara default. Edit file di Notepad dengan mengetik berikut ini:

notepad $Profile

Masukkan perintah apapun yang dapat anda jalankan di PowerShell disini, dan perintah itu akan berjalan secara otomatis setiap kali anda membukanya. Jika anda terbiasa dengan Linux, ini pada dasarnya sama dengan mengedit file “~/.bash_profile” anda.

Dalam kebanyakan kasus, kebijakan eksekusi PowerShell akan mencegah skrip ini berjalan. Ini untuk membantu menjaga system anda tetap aman. Untuk memungkinkan skrip anda berjalan, luncurkan PowerShell sebagai administrator dan jalankan yang berikut:

Set-ExecutionPolicy RemoteSigned

Baca kembali prompt dan masukkan Y untuk menetapkan kebijakan eksekusi baru.


Menyiapkan Perintah Otomatis Prompt Commands

Dibandingkan dengan pendekatan Unix-style yang anda gunakan untuk secara otomatis menjalankan perintah di PowerShell, Command Prompt jauh lebih mirip Windows. Ada dua cara berbeda untuk melakukan ini, tergantung pada bagaimana anda lebih suka bekerja.


1. Windows Registry

Seperti metode PowerShell di atas, ini menentukan skrip untuk dijalankan setiap kali anda meluncurkan Command Prompt. Tidak seperti metode itu, ia menggunakan Windows Registry untuk menentukan file mana yang berjalan. Untuk contoh ini saya mengasumsikan anda ingin menggunakan file yang disebut "auto.cmd."

Untuk membuat registry value yang tepat, buka Command Prompt dan jalankan yang berikut:

reg add "HKCU\Software\Microsoft\Command Processor" /v AutoRun ^ /t REG_EXPAND_SZ /d "%"USERPROFILE"%\init.cmd" /f


Sekarang buat file di folder profil anda (biasanya "C:\Users\USERNAME") beri nama "auto.cmd."

Edit file ini dengan perintah yang ingin anda jalankan secara otomatis ketika Command Prompt diluncurkan.

Jika anda memutuskan tidak perlu lagi menjalankan ini secara otomatis, hapus registry key. Jalankan saja berikut ini:

reg delete "HKCU\Software\Microsoft\Command Processor" /v AutoRun


2. Gunakan Shortcut

Jika anda memiliki case sederhana dan tidak ingin menggunakan registry, anda dapat menggunakan shortcut desktop. Sebagai contoh, di Windows 10 anda dapat menemukan Command Prompt di Start menu, klik kanan dan pilih "Open File Location." Copy shortcut Command Prompt disini dan pastekan ke desktop anda.

Klik kanan pada shortcut yang baru anda paste dan pilih Properties. anda akan melihat bagian dengan jalur aplikasi. Ini akan berbunyi seperti berikut:

C:\Users\\Desktop\cmd.exe

Cukup ubah ini dengan menambahkan -cmd /K dan kemudian perintah yang anda pilih.

C:\Users\\Desktop\cmd.exe -cmd /K cls

Ini hanya akan membuka Command Prompt dan kemudian menghapus layar. Anda juga dapat menghubungkan perintah dengan menggunakan && di antara mereka. Ini contoh lain:

C:\Users\\Desktop\cmd.exe -cmd /K cls && dir

Ini akan menghapus layar dan kemudian menampilkan isi direktori.


Tergantung pada apa yang perlu anda lakukan, satu atau lebih metode di atas akan bekerja untuk anda. Bagaimana menurut anda? Apakah anda berhasil melakukannya? Beri komentar anda untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini dengan yang lainnya. Terimakasih. GBU

Post a Comment for "Cara Menjalankan Start Command Otomatis di Command Prompt atau Powershell"