Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengaktifkan dan Menggunakan Remote Desktop di Windows 10/11


Remote Desktop Protocol (RDP) untuk Windows memungkinkan anda untuk terhubung ke komputer manapun di network anda. Ini memungkinkan akses ke file, dokumen, dan network resource pada setiap PC seolah-olah anda duduk tepat di depannya, terlepas dari lokasi.

Dalam artikel ini kita menggunakan Standard Edition dari Remote Desktop yang memiliki semua fitur utama untuk terhubung ke komputer client. Jika anda membutuhkan sesuatu yang lebih berat, ada versi Enterprise berbayar untuk kebutuhan koneksi seperti VPN.

Sebelum kita masuk ke langkah-langkahnya, anda perlu memperhatikan semuanya ini. Untuk dapat terhubung dengan komputer client, anda setidaknya menggunakan Windows 10 atau Windows 11 edisi Pro atau Enterprise. Di Windows 10 atau Windows 11 Pro sendiri sudah dilengkapi dengan software remote desktop client dan server bawaan sehingga kita tidak perlu menginstall aplikasi tambahan lagi.

Baiklah, sekarang kita akan memulainya. Mulailah dengan mengizinkan akses ke workstation. Berikut ini adalah cara untuk men-setup Remote Desktop dengan Standar Edition.


Setup Remote Desktop Connection

1. Buka Control Panel - System & Security.

2. Di bawah System, pilih opsi Allow remote access.


3. Di tab Remote di jendela Sytem Properties yang muncul, pilih opsi Allow remote connections to this computer dimana secara default opsi ini tidak dipilih. Pastikan kotak Allow connections only from computers running Remote Desktop with Network Level Authentication diberi ceklist. Namun jika komputer client yang ingin anda hubungkan menggunakan Windows OS versi lama (XP dan Vista) maka hapus ceklist pada opsi ini karena tidak akan dapat terhubungbung ke komputer ini.


4. Dilangkah selanjutnya, jika anda masuk dengan menggunakan account dengan hak administrator maka secara default Remote Desktop anda sudah aktif dan dapat digunakan.

5. Namun jika tidak, anda harus mengklik tombol Select Users, diikuti oleh tombol Add.


6. Selanjutnya, kita akan memilih pengguna yang akan memiliki akses ke Remote Manager. Masukkan username anda di bidang Enter the object name to select dan klik tombol Check Names. Ini akan menambahkan username dengan cara yang benar. Klik tombol OK untuk menyimpan perubahan.


Catatan: Untuk mencabut izin pengguna untuk mengakses Remote Desktop, pilih akun pada langkah 5 dan 6, kemudian klik Advanced, pilih username lalu pilih Remove.


Menghubungkan ke Remote Desktop Anda

Sekarang setelah anda melakukan semua pekerjaan untuk mengatur Remote Desktop, anda hanya perlu memulai pada langkah ini setiap kali anda ingin mengakses komputer di jaringan anda.

1. Buka Remote Desktop Connection dengan mekan tombol Win + R kemudian ketik mstsc.exe dan tekan Enter. Anda juga dapat mencarinya lewat Search atau di Start Menu.


2. Jendela Remote Desktop Connection akan muncul seperti gambar di bawah ini dimana anda akan memasukkan IP address dan username komputer client anda. Klik Connect untuk menghubungkannya.



Sekian! Semoga dapat membantu anda. Jangan lupa berikan komentar anda di bawah ini untuk berbagi pemikiran dan pengalaman dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU.

Post a Comment for "Cara Mengaktifkan dan Menggunakan Remote Desktop di Windows 10/11"