Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menonaktifkan Kotak Dialog Run di Windows

 


Di Windows kotak dialog Run adalah salah satu tools yang paling sering digunakan yang memungkinkan anda melakukan berbagai tindakan dan memberi anda akses ke berbagai pengaturan yang terkubur di Windows hanya dengan beberapa klik. Mempertimbangkan seberapa kuat tools yang di akses dengan menekan tombol Win + R ini, wajar jika terkadang anda perlu membatasi pengguna untuk menggunakan kotak dialog Run.




Untungnya, sangat mudah untuk menonaktifkan kotak dialog Run di Windows baik menggunakan Windows Registry Editor ataupun menggunakan Group Policy Editor. Artikel ini akan menunjukkan kedua cara tersebut dan anda cukup mengikuti salah satunya yang anda rasa nyaman.



1. Nonaktifkan Kotak Dialog Run Menggunakan Group Policy Editor


Tips: Jika anda ingin menonaktifkan kotak dialog Run untuk pengguna tertentu atau User Group, anda bisa melakukannya dengan mudah dengan membuat snap-in baru untuk semua pengguna tersebut. Snap-in khusus memberi anda cara yang lebih baik untuk mengelola pengaturan.


Menggunakan Group Policy Editor untuk menonaktifkan kotak dialog Run adalah cara termudah untuk pergi. Namun anda harus menggunakan Windows versi Pro atau Enterprise. Jika anda bukan termasuk didalamnya, maka ikuti metode kedua dibawah ini atau anda dapat mengaktifkan Group Policy Editor terlebih dahulu agar dapat mengikuti metode ini.

  • Untuk memulai tekan Win + R, kemudian ketik gpedit.msc dan tekan Enter untuk membuka Group Policy Editor.
  • Setelah Group Policy Editor dibuka, navigasikan ke ke jalur berikut dibawah ini.


User Configuration - Administrative Templates - Start Menu and Taskbar

  • Di sini, cari dan klik dobel pada kebijakan Remove Run Menu from Start Menu yang muncul di panel kanan.



  • Di jendela pengaturan pilih Enabled dan klik OK untuk menyimpan pengaturan anda.



Setelah melakukannya, pengaturan anda langsung diterapkan di PC anda. Anda tidak dapat lagi menampilkan kotak dialog Run saat menekan tombol Win + R. Untuk mengaktifkannya kembali, cukup ikuti langkah diatas kemudian pilih Disabled atau Not Configured.


2. Nonaktifkan Kotak Dialog Run Menggunakan Registry Editor

Menonaktifkan kotak dialog Run di Windows menggunakan Registry Editor juga cukup mudah. Yang harus anda lakukan adalah menambahkan value registry baru. Selain itu, ini adalah satu-satunya cara anda dapat melakukannya jika anda tidak menggunakan Windows versi Pro atau Enterprise.

Catatan: Metode ini mengharuskan anda untuk melakukan pengeditan registry Windows anda, maka anda diwajibkan membackup registry atau membuat system restore point terlebih dahulu untuk mengantisipasi jika anda melakukan kesalahan pengeditan di jendela registry editor.

Setelah anda melakukannya, anda kemudian dapat mengikuti langkah-langkah dibawah ini.
  • Untuk memulai, tekan tombol Win + R, kemudian ketik regedit dan tekan Enter untuk membuka Registry Editor.
  • Di jendela registry editor, telusuri jalur berikut dibawah ini.

HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies

  • Sekarang kita akan membuat key baru. Klik kanan pada tombol Policies yang muncul di panel kiri, kemudian pilih opsi New - Key dan beri nama dengan Explorer.


  • Setelah membuat key baru, saatnya kita membuat DWORD baru. Klik kanan ruang kosong di panel kanan dan pilih opsi New - DWORD (32-bit) Value dan beri nama dengan NoRun.


  • Secara default, DWORD baru ini akan menetapkan value datanya di 0 (nol). Untuk mengubahnya, klik dobel pada NoRun, kemudian masukkan 1 pada kolom value data dan klik OK untuk menyimpan pengaturan anda.


  • Restart system anda untuk menerapkan perubahan.

Setelah booting, mulai saat ini, setiap kali pengguna ingin mencoba membuka kotak dialog Run, Windows akan mengeluarkan pesan error yang mengatakan bahwa operasi telah dibatalkan oleh administrator.


Untuk mengaktifkan kembali kotak dialog Run, maka anda hanya mengikuti langkah yang sama diatas, dan ubah value datanya kembali ke 0 (nol).


Anda kemudian juga dapat menonaktifkan menu konteks klik kanan di Start menu. Untuk itu baca tutorial saya tentang cara nonaktifkan menu konteks klik kanan di Start Menu Windows 10. Atau anda juga dapat membaca tutorial saya lainnya tentang cara menonaktifkan Sticky Keys di komputer Windows anda.


Sekian tutorial kali ini, semoga dapat membantu anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda di bawah ini untuk membagikan pemikiran dan pengalaman anda dalam menggunakan metode di atas untuk menonaktifkan kotak dialog Run di Windows. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Cara Menonaktifkan Kotak Dialog Run di Windows"