Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menonaktifkan Sticky Keys di Komputer Windows Anda


Sticky Keys merupakan fitur aksesibilitas dari Microsoft Windows untuk mengaktifkan tombol pengubah agar tetap aktif bahkan setelah tombol itu ditekan dan dilepaskan. Hal ini membuatnya lebih mudah untuk melakukan shortcut keyboard. Misalnya, kita harus menekan Ctrl + Shift + Esc sekaligus untuk membuka Task Manager, namun dengan menggunakan Sticky Keys kita dapat membuat tombol lain untuk membuka Task Manager misalkan dengan menekan ketiga tolbol tersebut satu per satu untuk melakukan fungsi yang sama.

Fitur Ease of Access ini memang baik untuk pengguna. Namun perlu diingat bahwa shortcut yang dibuat tentunya hanya si pembuat yang tahu. Dan tentunya kitapun sadar bahwa siapapun dapat secara tidak sengaja menekan tombol Shift berkali-kali yang akhirnya membuka fitur ini.


Membingungkan jika pengguna awam yang terlanjur mengaktifkan dan mengubah banyak shortcut yang ada. Pastinya akan butuh waktu untuk membatalkan apa yang telah dilakukan dengan menonaktifkan Sticky Keys dan mengembalikan keyboard ke kondisi normal.

Dan inilah langkah-langkah yang harus dilakukan untuk menonaktifkan Sticky Keys pada komputer Windows anda.


Menonaktifkan Sticky Keys

Jika anda tahu anda tidak ingin menggunakan Sticky Keys, anda dapat mematikannya di sumber untuk menghindari aktivasi yang tidak disengaja.

Berikut adalah beberapa cara berbeda untuk mencapai ini.

1. Menggunakan Control Panel
  • Buka Control Panel dan pilih Ease of Access.
  • Klik Change how your keyboard works.
  • Hapus ceklist pada kotak Turn on Sticky Keys dan selesai.


2. Menggunakan Settings Windows 10 atau Windows 11

Di Windows 10:
  • Buka Settings dan klik Ease of Access.
  • Gulir ke bawah dan klik Keyboard di panel kiri jendela.
  • Di panel kanan, klik tombol di bawah Use Sticky Keys ke Off.
  • Untuk menghindari meluncurkan Sticky Keys dengan menyentuh Shift lima kali, pastikan anda menghapus ceklist pada kotak Allow the shortcut key to start sticky keys.

Di Windows 11:
  • Tekan tombol Win + I untuk membuka Settings Windows.
  • Di jendela Settings, klik Accessibility di panel kiri dan klik Keyboard di panel kanan.
  • Di halaman berikutnya, nonaktifkan opsi Sticky Keys ke Off.


Tentu saja, jika anda memiliki masalah dengan menekan dua atau tiga tombol secara bersamaan, maka anda dapat menggunakan pengaturan yang sama ini untuk mengaktifkan Sticky Keys dan kemudian anda dapat menyesuaikan Sticky Keys dengan beberapa cara berbeda.

Hanya itu yang dapat anda lakukan. Jika anda menemukan Sticky Keys berguna atau bahkan jika anda tidak melakukannya, ada opsi aksesibilitas lain yang dapat anda aktifkan yang akan membuat pengalaman anda lebih baik dengan mesin Windows anda.

Semoga membantu anda! Tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU.

Post a Comment for "Cara Menonaktifkan Sticky Keys di Komputer Windows Anda"