Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menerapkan Group Policy Hanya Untuk Non-Administrator di Windows 10/11


Group Policy memudahkan kita untuk mengonfigurasi beberapa pengaturan di Windows. Ketika anda mengubah kebijakan tertentu, tergantung pada konfigurasi komputer atau konfigurasi user atau pengguna. Hal itu diterapkan baik ke komputer tanpa memperhatikan pengguna atau pengguna tanpa memperhatikan komputer apa yang mereka gunakan.

Namun, ada saatnya anda ingin menerapkan kebijakan tertentu, seperti pembatasan drive, hanya untuk non-administrator. Dalam situasi itu, anda dapat membuat Snap-ins khusus. Ikuti instruksi di bawah ini untuk menerapkannya.

Catatan:
  • Group Policy hanya tersedia untuk pengguna Windows Pro dan Enterprise. Jika anda menggunakan edisi Windows Home, maka tutorial ini tidak berlaku untuk anda.
  • Tutorial ini mengikuti Windows 10, tetapi anda dapat mengikuti prosedur yang sama untuk Windows 11, Windows 8 dan Windows 7.

Menerapkan Group Policy hanya untuk Non-Administrator

Karena Group Policy Editor reguler tidak mengizinkan saya untuk menerapkan kebijakan hanya pada non-administrator, maka saya perlu membuat snap-in Local Group Policy saya menggunakan MMC (Microsoft Management Console).

1. Untuk memulai, tekan Win + R, ketik mmc dan klik tombol OK untuk membuka Microsoft Management Console. Anda juga dapat mencari MMC di Start menu.


2. Di jendela Microsoft Management Console, klik File yang muncul di bar navigasi atas, dan pilih opsi Add/Remove Snap-ins.


3. Tindakan di atas akan membuka jendela Add or Remove Snap-ins. Disini, cari snap-in "Group Policy Object Editor" di panel kiri, klik padanya, dan klik tombol Add >.


4. Sekarang kita perlu memilih semua akun Non-Administrator. Di Group Policy wizard klik pada jendela Browse.


5. Disini, buka tab User, pilih Non-Administrator dari daftar Local Users and Groups dan klik tombol OK.


6. Di wizard, klik tombol Finish untuk menyimpan perubahan.


7. Anda selesai menambahkan Snap-ins dengan pengaturan khusus. Kita sekarang perlu menyimpan Snap-ins sehingga kita dapat menggunakannya kapan saja kita mau. Untuk melakukan itu, klik File dan pilih opsi Save As.


8. Pergi ke tempat anda ingin menyimpan Snap-ins, beri nama Snap-ins, pastikan Save as type: diatur ke Microsoft Management Console Files (*.msc) dan klik tombol Save. Dalam hal yang ditunjukkan di bawah, saya menyimpan file MSC di drive C.


9. Mulai sekarang anda dapat menggunakan Snap-ins yang baru dibuat untuk menerapkan pengaturan group policy untuk semua pengguna kecuali administrator. Pergi saja ke tempat anda menyimpan Snap-in, dan klik doble padanya.


10. Tindakan ini akan membuka Snap-ins di dalam MMC. Sama seperti dengan Group Policy Editor biasa, temukan kebijakan dan klik doble untuk mengubah pengaturan kebijakan. Misalnya, saya tidak ingin non-administrator mengakses drive tertentu pada system, jadi pilih "Hide these specified drives on My Computer" dan mengubah pengaturannya.


Anda dapat mengikuti langkah-langkah yang sama persis untuk menerapkan pengaturan kebijakan ke pengguna tertentu. Daripada memilih grup, cukup pilih pengguna tertentu pada langkah 5.

Baca juga postingan saya Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Group Policy di Windows dan Cara Melihat Semua Group Policies yang Diterapkan di Windows untuk menambah pengetahuan anda mengenai Group Policy.

Apakah anda berhasil menerapkan pengaturan anda? Berikan komentar di bawah ini untuk membagikan pemikiran dan pengalaman anda tentang penggunaan metode di atas untuk menerapkan pengaturan Group Policy untuk pengguna atau grup tertentu. Terimakasih dan GBU.

Post a Comment for "Cara Menerapkan Group Policy Hanya Untuk Non-Administrator di Windows 10/11"