Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Melihat Semua Group Policies yang Diterapkan di Windows


Di Windows, lebih sering daripada tidak, kita perlu mengatur Group Policies (Kebijakan Grup) untuk mengubah pengaturan lanjutan dan mengkonfigurasinya untuk memenuhi kebutuhan anda. Setelah diatur dan dikonfigurasi, anda biasanya bisa melupakan kebijakan tersebut. Ini bukan masalah untuk sebagian besar. Namun, jika anda ingin mengetahui kebijakan apa yang diaktifkan, maka mungkin agak membosankan untuk membaca secara manual semua kebijakan yang tercantum dalam Group Policy Editor. Tentu saja, jika anda hanya khawatir tentang satu atau dua kebijakan, anda dapat mencari Group Policies tersebut menggunakan beberapa kata kunci. Tetapi untuk mengetahui semua kebijakan aktif, anda perlu cara yang lebih baik untuk melakukannya. Inilah cara anda untuk dapat melihat kebijakan aktif di Windows.

Catatan: Prosedur berikut ini dapat digunakan pada Windows 7 dan juga Windows 8.


1. Menggunakan Tool Resultant Set of Policy (RSoP)

Untuk melihat kebijakan aktif, anda dapat menggunakan tools bawaan yang disebut utilitas "Resultant Set of Policy." Ketika dieksekusi, tools ini akan mencantumkan semua kebijakan aktif untuk akun pengguna tertentu dari mana ia dipanggil. Sederhananya, tools ini dapat menunjukkan kebijakan yang diterapkan ke akun pengguna. Itu tidak dapat menampilkan kebijakan yang diterapkan ke seluruh PC anda.

Untuk membuka tools Resultant Set of Policy, tekan Win + R, ketik rsop.msc dan tekan tombol Enter. Atau, anda juga dapat mencarinya di Start menu.


Segera setelah anda menekan tombol Enter, tools akan memindai kebijakan dan menunjukkan semua kebijakan aktif untuk akun pengguna snda. Sama seperti dengan Group Policy editor biasa, anda dapat mengetahui lebih lanjut tentang setiap kebijakan dengan menavigasi melalui folder dan mengklik doble pada kebijakan.


2. Menggunakan Command Line

Atau, anda juga dapat menggunakan tools command line untuk melihat semua kebijakan yang diterapkan. Hal yang baik tentang pendekatan ini adalah memungkinkan anda melihat kebijakan aktif di komputer anda.

Pertama, untuk melihat kebijakan apa yang diterapkan pada akun pengguna, cari Command Prompt di Start menu, klik kanan padanya dan pilih opsi Run as Administrator. Anda juga dapat membuka Windows Terminal dengan hak admin dan memilih Command Prompt.

Di jendela command prompt, jalankan perintah di bawah ini:

gpresult /Scope User /v


Segera setelah anda menjalankan perintah, tools akan mencari dan menunjukkan semua kebijakan aktif untuk pengguna saat ini.

Catatan: Jika anda menjalankan perintah ini pada system Windows yang baru diinstal, maka anda tidak memiliki kebijakan aktif untuk akun pengguna anda. Ketika ada kebijakan aktif, jendela prompt perintah akan menampilkan Folder ID, Value, dan State.

Untuk melihat semua kebijakan aktif pada PC anda, yang harus anda lakukan adalah mengganti "User" pada perintah di atas dengan "Computer."

gpresult /Scope Computer /v


Seperti sebelumnya, command prompt akan mencantumkan semua kebijakan aktif di bawah masing-masing nama folder.

OK! Hanya itu saja. Selamat mencoba. Berikan komentar anda di bawah ini untuk membagikan pemikiran dan pengalaman anda menggunakan metode di atas untuk melihat semua kebijakan grup aktif di Windows. Terimakasih dan sampai jumpa ditutorial selanjutnya. GBU

Post a Comment for "Cara Melihat Semua Group Policies yang Diterapkan di Windows"