Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar Lengkap Perintah Command Prompt

 


Command Prompt di Windows adalah tool yang ampuh dengan hampir 300 perintah untuk melakukan berbagai fungsi. Beberapa diatntaranya sekarang disusutkan. Anda dapat melakukan berbagai tugas system menggunakan perintah di Command Prompt. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut;


Dan masih banyak lagi yang dapat anda lakukan melalui Command Propmt.


Dalam artikel ini, saya telah menyusun daftar lengkap perintah Command Prompt yang masih digunakan, dari berbagai dokumen di Microsoft.com dan subdomainnya. Daftar ini panjang untuk diikuti tetapi pasti akan menjadi panduan yang berguna bagi anda dengan semua perintah kerja di satu lokasi.




Daftar Lengkap Perintah Command Prompt


Berikut daftar lengkap 293 perintah Command Prompt yang bisa anda gunakan untuk melakukan berbagai tugas di system anda. Pastikan anda tidak menonaktifkan Command Prompt di system anda agar anda dapat menggunakan perintah.


Perintah Command Prompt

Fungsi atau Penggunaan

addusers

Perintah Addusers digunakan untuk menambahkan atau mencantumkan pengguna ke dan dari file CSV.

append

Mengizinkan program membuka file data di direktori tertentu seolah-olah berada di direktori saat ini. Jika digunakan tanpa parameter, append akan menampilkan daftar direktori yang ditambahkan.

arp

Perintah ini digunakan untuk menampilkan atau memodifikasi entri dalam Address Resolution Protocol Cache.

assoc

Perintah Assoc digunakan untuk menampilkan atau memodifikasi jenis file yang terkait dengan ekstensi file tertentu.

at

Perintah ini digunakan untuk menjadwalkan perintah dan program untuk dijalankan pada tanggal dan waktu tertentu.

attrib

Perintah ini digunakan untuk mengubah atribut file atau direktori

auditpol

Perintah Auditpol digunakan untuk menampilkan atau mengubah kebijakan audit pada system.

bcdboot

Perintah bcdboot memungkinkan anda mengatur partisi system dengan cepat atau untuk memperbaiki boot environment pada partisi system. Partisi system disiapkan dengan mengcopy sebuah pengaturan file Boot Configuration Data (BCD) sederhana ke partisi kosong yang ada.

bcdedit

Bcdedit digunakan untuk mengelola penyimpanan BCD. Itu dapat digunakan dalam berbagai contoh seperti membuat store baru, memodifikasi yang sudah ada, menambahkan parameter menu boot dan lainnya.

bdehdcfg

Perintah ini menyiapkan hard drive dengan partisi untuk BitLocker Drive Encryption.

bitsadmin

Tool command line Bitsadmin digunakan untuk membuat, mendownload atau mengupload pekerjaan dan untuk memantau kemajuannya.

bootcfg

Perintah bootcfg digunakan untuk mengkonfigurasi, membuat kueri atau mengubah pengaturan file Boot.ini.

break

Perintah Break untuk mengatur atau menghapus pemeriksaan CTRL+C yang diperluas pada system MS-DOS. Jika digunakan tanpa parameter, break akan menampilkan value pengaturan yang ada.

cacls

Perintah Cacls digunakan untuk menampilkan atau memodifikasi discretionary access control lists (DACL) pada file tertentu.

call

Perintah Call digunakan untuk memanggil satu program batch dari yang lain tanpa menghentikan program batch induk. Perintah Call menerima label sebagai target panggilan. Itu tidak berpengaruh pada Command Prompt saat digunakan di luar skrip atau file batch.

cd

Perintah cd digunakan untuk menampilkan nama direktori saat ini atau mengubah direktori saat ini. Jika anda menggunakan cd tanpa parameter, ini akan menampilkan drive dan direktori saat ini. Ini sama dengan perintah chdir.

certreq

Perintah Certreq digunakan untuk meminta sertifikat dari Certification Authority. Anda juga dapat mengambil respons terhadap permintaan sebelumnya dari CA, untuk membuat permintaan baru dari file .inf, menerima dan menginstall respons terhadap permintaan, untuk membuat cross-certification atau permintaan subordinasi yang memenuhi syarat dari sertifikat CA yang ada atau permintaan, dan untuk menandatangani permintaan cross-certification atau subordinasi yang memenuhi syarat.

certutil

Certutil adalah tool command line yang tersedia sebagai bagian dari Certificate Services. Anda dapat menggunakan perintah ini untuk membuang dan menampilkan informasi konfigurasi otoritas sertifikasi, mengonfigurasi layanan Sertifikat, membackup dan memulihkan komponen CA, dan memverifikasi sertifikat, key pair dan certificate chain. Jika certutil dijalankan pada otoritas sertifikasi tanpa parameter tambahan, ini akan menampilkan konfigurasi otoritas sertifikasi saat ini.

change

Perintah Change digunakan untuk mengubah pengaturan server Remote Desktop Session Host untuk logon, COM port mapping dan mode install.

chcp

Tool command line Chcp digunakan untuk mengubah halaman kode konsol yang aktif. Jika anda menggunakannya tanpa parameter apapun, nomor halaman kode konsol yang aktif akan ditampilkan.

chdir

Perintah chdir digunakan untuk menampilkan nama direktori saat ini atau mengubah direktori saat ini. Jika anda menggunakan cd tanpa parameter, ini akan menampilkan drive dan direktori saat ini.

chglogon

Perintah Chglogon digunakan untuk mengaktifkan atau menonaktifkan logon dari client session pada server Remote Desktop Session Host atau digunakan untuk menampilkan status login saat ini.

chgport

Perintah Chgport mencantumkan atau mengubah COM port mapping agar kompatibel dengan aplikasi MS-DOS.

chgusr

Chgusr mengubah mode install untuk Remote Desktop Session Host Server.

chkdsk

Perintah Chkdsk digunakan untuk memeriksa system file dan metadata system file volume untuk logical dan physical error. Jika digunakan tanpa parameter, chkdsk hanya menampilkan status volume dan tidak memperbaiki error apapun. Jika digunakan dengan parameter /f, /r, /x, atau /b, maka ini akan memperbaiki error pada volume.

chkntfs

Perintah Chkntfs menampilkan atau memodifikasi pemeriksaan disk otomatis saat komputer dinyalakan. Jika digunakan tanpa opsi, chkntfs menampilkan system file dari volume yang ditentukan. Jika pemeriksaan file otomatis dijadwalkan untuk dijalankan, chkntfs menampilkan apakah volume yang ditentukan kotor atau dijadwalkan untuk diperiksa saat berikutnya komputer dinyalakan.

choice

Perintah Choice meminta pengguna untuk memilih satu item dari daftar pilihan karakter tunggal dalam program batch dan kemudian mengembalikan indeks pilihan yang dipilih. Jika digunakan tanpa parameter, choice menampilkan pilihan default Y dan N.

cipher

Menampilkan atau mengubah enkripsi direktori dan file pada volume NTFS. Jika digunakan tanpa parameter, cipher menampilkan status enkripsi dari direktori saat ini dan semua file yang ada di dalamnya.

cleanmgr

Perintah Cleanmgr menghapus file yang tidak perlu dari hard disk komputer anda. Anda dapat menggunakan opsi command line untuk menentukan bahwa Cleanmgr membersihkan file Temp, file Internet, file download dan file Recycle Bin. Anda kemudian dapat menjadwalkan task untuk dijalankan pada waktu tertentu dengan menggunakan tool Scheduled Tasks.

clip

Perintah Clip mengalihkan perintah output dari command line ke clipboard Windows. Anda dapat menggunakan perintah ini untuk mengcopy data secara langsung ke aplikasi apapun yang dapat menerima teks dari Clipboard. Anda juga dapat mempaste teks output ini ke program lain.

cls

Perintah Cls digunakan untuk membersihkan jendela command prompt.

cmd

Perintah cmd memulai instance baru Cmd.exe. Jika digunakan tanpa parameter, cmd menampilkan informasi versi dan hak cipta system operasi.

cmdkey

Cmdkey membuat, mencantumkan dan menghapus nama pengguna dan password atau kredensial yang disimpan.

cmstp

Perintah Cmstp menginstall atau menghapus profil service Connection Manager. Digunakan tanpa parameter opsional, cmstp menginstall profil service dengan pengaturan default yang sesuai dengan system operasi dan izin pengguna.

color

Perintah color mengubah warna latar depan dan latar belakang di jendela Command Prompt untuk sesi saat ini. Jika digunakan tanpa parameter, color mengembalikan foreground dan background jendela Command Prompt default.

comp

Membandingkan isi dari dua file atau set file byte-by-byte. File-file ini dapat disimpan di drive yang sama atau di drive yang berbeda, dan di direktori yang sama atau di direktori yang berbeda. Saat perintah ini membandingkan file, ini menampilkan lokasi dan nama filenya. Jika digunakan tanpa parameter, comp meminta anda memasukkan file untuk dibandingkan.

compact

Compact menampilkan atau mengubah kompresi file atau direktori pada partisi NTFS. Jika digunakan tanpa parameter, compact menampilkan status kompresi dari direktori saat ini dan semua file yang ada di dalamnya.

convert

Mengubah disk dari satu jenis disk ke yang lain.

copy

Menyalin satu atau lebih file dari satu lokasi ke lokasi lain.

cscript

Perintah Cscript memulai skrip untuk dijalankan di lingkungan command line.

date

Perintah Date menampilkan atau menetapkan tanggal system. Jika digunakan tanpa parameter, date menampilkan pengaturan tanggal system saat ini dan meminta anda memasukkan tanggal baru.

defrag

Perintah defrag menempatkan dan menggabungkan file yang terfragmentasi pada local volume untuk meningkatkan performa system.

del

Perintah Del menghapus satu atau lebih file. Perintah ini melakukan tindakan yang sama dengan perintah hapus.

Perintah del juga dapat dijalankan dari Windows Recovery Console, menggunakan parameter yang berbeda.

delete

Menghapus partisi atau volume. Itu juga menghapus dynamic disk dari daftar disk.

dir

Menampilkan daftar file dan subdirektori direktori. Jika digunakan tanpa parameter, perintah ini menampilkan label volume dan nomor seri disk, diikuti oleh daftar direktori dan file pada disk (termasuk nama dan tanggal serta waktu terakhir diubah). Untuk file, perintah ini menampilkan ekstensi nama dan ukurannya dalam byte. Perintah ini juga menampilkan jumlah total file dan direktori yang terdaftar, ukuran kumulatifnya dan ruang kosong (dalam byte) yang tersisa di disk.

diskcomp

Membandingkan isi dari dua floppy disk. Jika digunakan tanpa parameter, diskcomp menggunakan drive saat ini untuk membandingkan kedua disk.

diskcopy

Menyalin isi floppy disk di drive sumber ke floppy disk yang diformat atau tidak diformat di drive tujuan. Jika digunakan tanpa parameter, diskcopy menggunakan drive saat ini untuk disk sumber dan disk tujuan.

diskpart

Interpreter perintah diskpart membantu anda mengelola drive komputer anda (disk, partisi, volume atau hard disk virtual).

diskperf

Perintah diskperf dari jarak jauh mengaktifkan atau menonaktifkan penghitung performa physical atau logical disk pada komputer yang menjalankan Windows.

diskraid

Diskraid adalah tool command line yang memungkinkan anda mengonfigurasi dan mengelola subsystem penyimpanan redundant array of independent (atau inexpensive) disks (RAID).

dism

Perintah Dism memulai tool Deployment Image Servicing and Management (DISM).

dispdiag

Log menampilkan informasi dalam file.

dnscmd

Antarmuka command line untuk mengelola server DNS. Utilitas ini berguna dalam membuat skrip file batch untuk membantu mengotomatiskan tugas manajemen routine DNS atau untuk melakukan penyiapan dan konfigurasi server DNS baru tanpa pengawasan sederhana di jaringan anda.

doskey

Memanggil Doskey.exe, yang memanggil kembali perintah command line yang dimasukkan sebelumnya, mengedit command line dan membuat makro.

driverquery

Memungkinkan administrator untuk menampilkan daftar driver perangkat yang terinstall dan propertiesnya. Jika digunakan tanpa parameter, driverquery berjalan di local komputer.

echo

Menampilkan pesan atau mengaktifkan atau menonaktifkan fitur command echoing. Jika digunakan tanpa parameter, echo menampilkan echo setting saat ini.

edit

Memulai Editor MS-DOS, yang membuat dan mengubah file teks ASCII.

endlocal

Mengakhiri lokalisasi perubahan environment dalam file batch dan memulihkan variabel environment ke value-nya sebelum perintah setlocal yang sesuai dijalankan.

erase

Menghapus satu atau lebih file. Jika anda menggunakan erase untuk menghapus file dari disk anda, anda tidak dapat mengambilnya.

eventcreate

Memungkinkan administrator untuk membuat event khusus di event log tertentu.

eventcmd

Mengonfigurasi terjemahan event ke trap, tujuan trap atau keduanya berdasarkan informasi dalam file konfigurasi.

exec

Menjalankan file skrip di local komputer. Perintah ini juga menggandakan atau memulihkan data sebagai bagian dari urutan backup atau restore. Jika skrip gagal, error dikembalikan dan DiskShadow berhenti.

exit

Keluar dari perintah interpreter atau skrip batch saat ini.

expand

Memperluas satu atau lebih file terkompresi. Anda juga dapat menggunakan perintah ini untuk mengambil file terkompresi dari distribution disk.

expose

Mengekspos shadow copy persisten sebagai drive letter, share atau mount point.

extend

Perluas volume atau partisi dengan fokus dan system filenya menjadi ruang bebas (unallocated) pada disk.

extract / extrac32

Ekstrak file dari cabinet atau source.

fc

Membandingkan dua file atau sekumpulan file dan menampilkan perbedaan di antara keduanya.

filesystems

Menampilkan informasi tentang system file saat ini dari volume dengan fokus dan mencantumkan system file yang didukung untuk memformat volume. Volume harus dipilih agar operasi ini berhasil.

find

Mencari teks string dalam file atau beberapa file dan menampilkan baris teks yang berisi string yang ditentukan.

findstr

Mencari pola teks dalam file.

flattemp

Mengaktifkan atau menonaktifkan flat temporary folder. Anda harus memiliki kredensial administratif untuk menjalankan perintah ini.

fondue

Mengaktifkan optional features Windows dengan mendownload file yang diperlukan dari Windows Update atau sumber lain yang ditentukan oleh Group Policy. File manifes untuk fitur tersebut harus sudah diinstall di image Windows anda.

for

Menjalankan perintah yang ditentukan untuk setiap file, dalam sekumpulan file.

forfiles

Memilih dan menjalankan perintah pada file atau sekumpulan file. Perintah ini paling sering digunakan dalam file batch.

format

Memformat disk untuk menerima file Windows. Anda harus menjadi anggota Administrator group untuk memformat hard drive.

freedisk

Periksa untuk melihat apakah jumlah ruang disk yang ditentukan tersedia sebelum melanjutkan proses instalasi.

fsutil

Melakukan task yang terkait dengan file allocation table (FAT) dan system file NTFS, seperti mengelola reparse point, mengelola sparse file atau melepas volume. Jika digunakan tanpa parameter, fsutil menampilkan daftar subcommand yang didukung.

ftp

Mentransfer file ke dan dari komputer yang menjalankan service server File Transfer Protocol (ftp). Perintah ini dapat digunakan secara interaktif atau dalam mode batch dengan memproses file teks ASCII.

ftype

Menampilkan atau memodifikasi jenis file yang digunakan dalam asosiasi ekstensi nama file. Jika digunakan tanpa assignment operator (=), perintah ini menampilkan string perintah terbuka saat ini untuk jenis file yang ditentukan. Jika digunakan tanpa parameter, perintah ini menampilkan jenis file yang telah ditentukan string perintah terbuka.

fveupdate

FveUpdate adalah tool internal, yang digunakan oleh program setup saat komputer diupgrade. Ini mengupdate metadata yang terkait dengan BitLocker ke versi terbaru. Tool ini tidak dapat dijalankan secara mandiri.

getmac

Mengembalikan media access control (MAC) dan daftar protokol jaringan yang terkait dengan setiap alamat untuk semua network card di setiap komputer, baik secara lokal maupun lintas jaringan. Perintah ini sangat berguna baik saat anda ingin memasukkan MAC address ke network analyzer atau saat anda perlu mengetahui protokol apa yang sedang digunakan pada setiap network adapter di komputer.

goto

Arahkan cmd.exe ke label baris dalam program batch. Dalam program batch, perintah ini mengarahkan pemrosesan perintah ke baris yang diidentifikasi oleh label. Saat label ditemukan, pemrosesan dilanjutkan dimulai dengan perintah yang dimulai pada baris berikutnya.

gpfixup

Memperbaiki dependensi nama domain di Group Policy Objects dan link Group Policy setelah operasi penggantian nama domain. Untuk menggunakan perintah ini, anda harus menginstall Group Policy Management sebagai fitur melalui Server Manager.

gpresult

Menampilkan informasi Resultante Set of Policy (RSoP) untuk pengguna jarak jauh dan komputer. Untuk menggunakan laporan RSoP untuk komputer yang ditargetkan dari jarak jauh melalui firewall, anda harus memiliki aturan firewall yang mengaktifkan lalu lintas jaringan masuk (inbound) di port.

gpt

Pada GUID partition table (gpt) dasar, perintah ini menetapkan atribut gpt ke partisi dengan fokus. Atribut partisi Gpt memberikan informasi tambahan tentang penggunaan partisi. Beberapa atribut khusus untuk GUID tipe partisi. Anda harus memilih partisi gpt dasar agar operasi ini berhasil.

gpupdate

Update pengaturan Group Policy.

graftabl

Mengaktifkan system operasi Windows untuk menampilkan kumpulan karakter yang diperluas dalam graphics mode. Jika digunakan tanpa parameter, graftabl menampilkan halaman kode sebelumnya dan saat ini.

help

Menampilkan daftar perintah yang tersedia atau informasi bantuan terperinci tentang perintah yang ditentukan. Jika digunakan tanpa parameter, daftar dan penjelasan help menjelaskan setiap perintah system.

hostname

Menampilkan bagian nama host dari nama lengkap komputer.

icacls

Menampilkan atau memodifikasi discretionary access control lists (DACL) pada file tertentu dan menerapkan DACLs yang disimpan ke file dalam direktori tertentu.

if

Melakukan pemrosesan bersyarat dalam program batch.

Import (diskshadow)

Mengimpor shadow copy yang dapat dipindahkan dari file metadata yang dimuat ke dalam system.

Import (diskpart)

Mengimpor group disk asing ke group disk local komputer. Perintah ini mengimpor setiap disk yang berada di group yang sama dengan disk dengan fokus.

inactive

Menandai partisi system atau partisi boot dengan fokus sebagai tidak aktif pada disk master boot record (MBR) dasar.

inuse

Perintah inuse sudah tidak digunakan lagi dan tidak dijamin akan didukung di rilis Windows mendatang.

ipconfig

Menampilkan semua nilai konfigurasi jaringan TCP/IP saat ini dan me-refresh pengaturan Dynamic Host Configuration Protocol (DHCP) dan Domain Name System (DNS). Digunakan tanpa parameter, ipconfig menampilkan alamat Internet Protocol version 4 (IPv4) dan IPv6, subnet mask dan gateway default untuk semua adapter.

ipxroute

Menampilkan dan mengubah informasi tentang tabel perutean yang digunakan oleh protokol IPX. Digunakan tanpa parameter, ipxroute menampilkan pengaturan default untuk paket yang dikirim ke alamat tidak dikenal, broadcast dan multicast.

irftp

Mengirim file melalui link inframerah.

jetpack

Memadatkan database Windows Internet Name Service (WINS) atau Dynamic Host Configuration Protocol (DHCP). Saya menyarankan anda memadatkan basis data WINS setiap kali ukurannya mendekati 30 MB.

Jetpack.exe memadatkan database dengan:

  • Menyalin informasi database ke file database sementara.
  • Menghapus file database asli, baik WINS atau DHCP.
  • Mengganti nama file database sementara ke nama file asli.

klist

Menampilkan daftar tiket Kerberos yang saat ini di-cache.

ksetup

Melakukan tugas yang terkait dengan pengaturan dan pemeliharaan Kerberos protocol dan Key Distribution Center (KDC) untuk mendukung Kerberos realms. Secara khusus, perintah ini digunakan untuk:

  • Mengubah pengaturan komputer untuk menemukan Kerberos realms. Di non-Microsoft, implementasi berbasis Kerberos, informasi ini biasanya disimpan di file Krb5.conf. Di sistem operasi Windows Server, itu disimpan di registry. Anda dapat menggunakan tool ini untuk mengubah pengaturan ini. Pengaturan ini digunakan oleh workstation untuk menemukan Kerberos realms dan oleh pengontrol domain untuk menemukan Kerberos realms untuk cross-realm trust relationship.
  • Inisialisasi key registry yang digunakan Security Support Provider (SSP) Kerberos untuk menemukan KDC untuk ranah Kerberos jika komputer bukan anggota domain Windows. Setelah konfigurasi, pengguna komputer klien yang menjalankan sistem operasi Windows dapat masuk ke akun di Kerberos realms.
  • Telusuri registry untuk nama domain user realm dan kemudian menyelesaikan nama ke IP address dengan menanyakan server DNS. Kerberos protocol dapat menggunakan DNS untuk menemukan KDC hanya dengan menggunakan nama domain, tetapi harus dikonfigurasi secara khusus untuk melakukannya.

ktmutil

Memulai utilitas Kernel Transaction Manager. Jika digunakan tanpa parameter, ktmutil menampilkan subperintah yang tersedia.

ktpass

Mengonfigurasi nama utama server untuk host atau service di Active Directory Domain Services (AD DS) dan menghasilkan file .keytab yang berisi key rahasia bersama service. File .keytab didasarkan pada implementasi protokol otentikasi Kerberos oleh Massachusetts Institute of Technology (MIT). Tool command line ktpass memungkinkan service non-Windows yang mendukung autentikasi Kerberos untuk menggunakan fitur interoperabilitas yang disediakan oleh service Key Distribution Center (KDC) Kerberos.

label

Membuat, mengubah atau menghapus label volume (yaitu nama) disk. Jika digunakan tanpa parameter, perintah label mengubah label volume saat ini atau menghapus label yang ada.

list

Menampilkan daftar disk, partisi dalam disk, volume dalam disk, atau hard disk virtual (VHD).

Load metadata

Memuat file .cab metadata sebelum mengimpor shadow copy yang dapat dipindahkan atau memuat metadata writer untuk pemulihan. Jika digunakan tanpa parameter, load metadata menampilkan bantuan pada command prompt.

lodctr

Memungkinkan anda untuk mendaftarkan atau menyimpan nama performance counter dan pengaturan registry dalam file dan menunjukan service tepercaya.

logman

Membuat dan mengelola log Event Trace Session dan Performance serta mendukung banyak fungsi Performance Monitor dari command line.

logoff

Keluarkan pengguna dari sesi di server Remote Desktop Session Host dan menghapus sesi tersebut.

lpq

Menampilkan status print queue pada komputer yang menjalankan Line Printer Daemon (LPD).

lpr

Mengirim file ke komputer atau perangkat printer-sharing yang menjalankan service Line Printer Daemon (LPD) sebagai persiapan untuk pencetakan.

macfile

Mengelola Server File untuk server, volume, direktori dan file Macintosh. Anda dapat mengotomatiskan tugas administratif dengan menyertakan serangkaian perintah dalam file batch dan memulainya secara manual atau pada waktu yang telah ditentukan.

makecab

Package file yang ada ke dalam file kabinet (.cab).

manage-bde

Mengaktifkan atau menonaktifkan BitLocker, menentukan mekanisme unlock, mengupdate metode recovery dan unlock drive data yang dilindungi BitLocker.

mapadmin

Utilitas command line mapadmin mengelola User Name Mapping di komputer lokal atau jarak jauh yang menjalankan Microsoft Service untuk Network File System. Jika anda login dengan akun yang tidak memiliki kredensial administratif, anda dapat menentukan username dan password untuk akun yang memilikinya.

md

Membuat direktori atau subdirektori. Ekstensi perintah yang diaktifkan secara default, memungkinkan anda menggunakan satu perintah md untuk membuat direktori perantara di jalur yang ditentukan.

Merge vdisk

Menggabungkan virtual hard disk (VHD) yang berbeda dengan VHD induknya yang sesuai. VHD induk akan dimodifikasi untuk menyertakan modifikasi dari VHD yang berbeda. Perintah ini memodifikasi VHD induk. Akibatnya, VHD yang berbeda lain yang bergantung pada induknya tidak lagi valid.

mkdir

Membuat direktori atau subdirektori. Ekstensi perintah yang diaktifkan secara default, memungkinkan anda menggunakan satu perintah mkdir untuk membuat direktori perantara di jalur yang ditentukan.

mklink

Membuat direktori atau file simbolis atau hard link.

mmc

Menggunakan opsi command line mmc, anda dapat membuka konsol mmc tertentu, membuka mmc dalam author mode atau menentukan bahwa mmc versi 32-bit atau 64-bit dibuka.

mode

Menampilkan status system, mengubah pengaturan system, atau mengonfigurasi ulang port atau perangkat. Jika digunakan tanpa parameter, mode menampilkan semua atribut konsol yang dapat dikontrol dan perangkat COM yang tersedia.

more

Menampilkan satu display output pada satu waktu.

mount

Utilitas command line yang memasang network share Network File System (NFS). Saat digunakan tanpa opsi atau argumen, mount menampilkan informasi tentang semua system file NFS yang dipasang.

mountvol

Membuat, menghapus atau mencantumkan titik pemasangan volume. Anda juga dapat menautkan volume tanpa memerlukan drive letter.

move

Membuat, menghapus, atau mencantumkan titik pemasangan volume. Anda juga dapat menautkan volume tanpa memerlukan drive letter.

mqbkup

Membackup file pesan MSMQ dan pengaturan registry ke perangkat penyimpanan dan memulihkan pesan dan pengaturan yang disimpan sebelumnya.

Operasi backup dan restore menghentikan lservice MSMQ lokal. Jika service MSMQ telah dimulai sebelumnya, utilitas akan mencoba merestart service MSMQ di akhir operasi backup atau restore. Jika service sudah dihentikan sebelum menjalankan utilitas, tidak ada upaya untuk merestart service.

Sebelum menggunakan utilitas MSMQ Message Backup/Restore, anda harus menutup semua aplikasi lokal yang menggunakan MSMQ.

mqsvc

Teknologi Message Queuing memungkinkan aplikasi berjalan pada waktu yang berbeda untuk berkomunikasi di Heterogeneous Network dan System yang mungkin offline untuk sementara. Message Queuing menyediakan pengiriman pesan yang terjamin, perutean yang efisien, keamanan dan pengiriman pesan berbasis prioritas. Ini dapat digunakan untuk mengimplementasikan solusi untuk skenario perpesanan asinkron dan sinkron.

mqtgsvc

Memantau antrean pesan masuk dan melakukan tindakan, dalam bentuk file executable atau komponen COM, saat aturan pemicu dievaluasi sebagai true.

msdt

Memanggil paket troubleshooter pada command line atau sebagai bagian dari skrip otomatis dan mengaktifkan opsi tambahan tanpa input pengguna.

msg

Mengirim pesan ke pengguna di server Remote Desktop Session Host.

msiexec

Menyediakan sarana untuk menginstall, memodifikasi dan melakukan operasi pada Installer Windows dari command line.

msinfo32

Membuka tool System Information untuk menampilkan tampilan lengkap hardware, system components dan software environment di local komputer.

mstsc

Membuat koneksi ke server Remote Desktop Session Host atau komputer jarak jauh lainnya dan mengedit file konfigurasi Remote Desktop Connection (.rdp) yang ada.

nbtstat

Menampilkan NetBIOS melalui statistik protokol TCP/IP (NetBT), tabel nama NetBIOS untuk local komputer dan komputer jarak jauh dan cache nama NetBIOS. Perintah ini juga memungkinkan refresh cache nama NetBIOS dan nama yang terdaftar dengan Windows Internet Name Service (WINS). Digunakan tanpa parameter, perintah ini menampilkan informasi Help.

Perintah ini hanya tersedia jika protokol Internet Protocol (TCP/IP) diinstall sebagai komponen di properties network adapter di Network Connections.

netcfg

Menginstall Windows Preinstallation Environment (WinPE), versi ringan Windows yang digunakan untuk menggunakan workstation.

netdom

Memungkinkan administrator mengelola domain Active Directory dan trust relationship dari command prompt.

Netdom adalah tool command line yang dibangun ke dalam Windows Server 2008 dan Windows Server 2008 R2. Ini tersedia jika anda menginstall role server Active Directory Domain Services (AD DS). Ini juga tersedia jika anda menginstal Active Directory Domain Services Tools yang merupakan bagian dari Remote Server Administration Tools (RSAT).

netprint

Menampilkan informasi tentang printer queue tertentu atau tugas print tertentu atau mengontrol tugas print tertentu.

netsh

Utilitas skrip command line Network Shell memungkinkan anda untuk (baik secara lokal maupun jarak jauh) menampilkan atau mengubah konfigurasi jaringan dari komputer yang sedang berjalan. Anda dapat memulai utilitas ini di command prompt atau di Windows PowerShell.

netstat

Menampilkan koneksi TCP aktif, port tempat komputer mendengarkan, statistik Ethernet, IP routing table, statistik IPv4 (untuk protokol IP, ICMP, TCP dan UDP) dan statistik IPv6 (untuk IPv6, ICMPv6, TCP melalui IPv6 dan protokol UDP melalui IPv6). Digunakan tanpa parameter, perintah ini menampilkan koneksi TCP aktif.

nfsadmin

Utilitas command line yang mengelola Server for NFS atau Client for NFS di komputer lokal atau jarak jauh yang menjalankan Microsoft Services untuk Network File System (NFS). Digunakan tanpa parameter, server nfsadmin menampilkan pengaturan konfigurasi Server for NFS saat ini dan client nfsadmin menampilkan pengaturan konfigurasi Client for NFS saat ini.

nfsshare

Mengontrol pembagian Network File System (NFS). Digunakan tanpa parameter, perintah ini menampilkan semua bagian Network File System (NFS) yang diekspor oleh Server for NFS.

nfsstat

Utilitas command line yang menampilkan info statistik tentang panggilan Network File System (NFS) dan Remote Procedure Call (RPC). Digunakan tanpa parameter, perintah ini menampilkan semua data statistik tanpa mengatur ulang apapun.

nlbmgr

Mengkonfigurasi dan mengelola cluster Network Load Balancing anda dan semua host cluster dari satu komputer, menggunakan Network Load Balancing Manager. Anda juga dapat menggunakan perintah ini untuk mereplikasi konfigurasi cluster ke host lain.

Anda dapat memulai Network Load Balancing Manager dari command line menggunakan perintah nlbmgr.exe yang diinstall di folder systemroot\System32.

nltest

Melakukan task network administrative. Nltest adalah tool command line yang dibangun ke dalam Windows Server 2008 dan Windows Server 2008 R2. Ini tersedia jika anda menginstall role server AD DS atau AD LDS. Ini juga tersedia jika anda menginstall Active Directory Domain Services Tools yang merupakan bagian dari Remote Server Administration Tools (RSAT).

nslookup

Menampilkan informasi yang dapat anda gunakan untuk mendiagnosis infrastruktur Domain Name System (DNS). Sebelum menggunakan tool ini, anda harus memahami cara kerja DNS. Tool command line nslookup hanya tersedia jika anda telah menginstall protokol TCP/IP.

Tool command line nslookup memiliki dua mode, yaitu interaktif dan non-interaktif.

Jika anda hanya perlu mencari satu bagian data, sebaiknya gunakan mode non-interaktif. Untuk parameter pertama, ketikkan nama atau IP address komputer yang ingin anda cari. Untuk parameter kedua, ketikkan nama atau IP address dari server nama DNS. Jika anda mengabaikan argumen kedua, nslookup menggunakan server nama DNS default.

Jika anda perlu mencari lebih dari satu bagian data, anda dapat menggunakan mode interaktif. Ketikkan tanda hubung (-) untuk parameter pertama dan nama atau IP address dari server nama DNS untuk parameter kedua. Jika anda menghilangkan kedua parameter, tool menggunakan server nama DNS default. Saat menggunakan mode interaktif, anda dapat:

  • Interupsi perintah interaktif kapan saja, dengan menekan Ctrl + B.
  • Keluar dengan mengetik Exit.
  • Perlakukan perintah bawaan sebagai nama komputer, dengan mengawalinya dengan karakter escape (\). Perintah yang tidak dikenal ditafsirkan sebagai nama komputer.

ntcmdprompt

Menjalankan interpreter perintah Cmd.exe, bukan Command.com, setelah menjalankan Terminate and Stay Resident (TSR) atau setelah memulai command prompt dari dalam aplikasi MS-DOS.

ntfrsutl

Membuang tabel internal, thread dan informasi memory untuk NT File Replication Service (NTFRS) dari server lokal dan jarak jauh. Pengaturan pemulihan untuk NTFRS di Service Control Manager (SCM) bisa sangat penting untuk menemukan dan menyimpan peristiwa log penting di komputer. Tool ini menyediakan metode yang nyaman untuk meninjau pengaturan tersebut.

offline

Membuat disk atau volume online ke status offline.

online

Membuat disk atau volume offline ke status online.

openfiles

Memungkinkan administrator untuk menanyakan, menampilkan, atau memutuskan file dan direktori yang telah dibuka di system. Perintah ini juga mengaktifkan atau menonaktifkan bendera global Maintain Objects List system.

pagefileconfig

Memungkinkan administrator untuk menampilkan dan mengonfigurasi pengaturan Virtual Memory paging file system.

Path

Menetapkan jalur perintah dalam variabel environment PATH, menentukan kumpulan direktori yang digunakan untuk mencari file executable (.exe). Jika digunakan tanpa parameter, perintah ini menampilkan jalur perintah saat ini.

pathping

Memberikan informasi tentang latency jaringan dan loss jaringan pada intermediate hop antara sumber dan tujuan. Perintah ini mengirimkan beberapa pesan echo Request ke setiap router antara sumber dan tujuan selama periode waktu tertentu dan kemudian menghitung hasil berdasarkan paket yang dikembalikan dari setiap router. Karena perintah ini menampilkan tingkat kehilangan paket pada router atau link tertentu, anda dapat menentukan router atau subnet mana yang mungkin mengalami masalah jaringan. Digunakan tanpa parameter, perintah ini menampilkan bantuan.

pause

Menangguhkan pemrosesan program batch, menampilkan prompt, tekan tombol apa saja untuk melanjutkan...

pbadmin

Mengelola buku telepon. Digunakan tanpa parameter, pbadmin memulai Phone Book Administrator.

perfmon

Start Reliability Performance Monitor Windows dalam mode standalone tertentu.

ping

Memverifikasi konektivitas IP-level ke TCP/IP komputer lain dengan mengirimkan pesan echo Request Internet Control Message Protocol (ICMP). Tanda terima pesan balasan echo yang sesuai ditampilkan, bersama dengan waktu round-trip. Ping adalah perintah TCP/IP utama yang digunakan untuk memecahkan masalah konektivitas, keterjangkauan dan resolusi nama. Digunakan tanpa parameter, perintah ini menampilkan konten Help.

Anda juga dapat menggunakan perintah ini untuk menguji nama komputer dan IP address komputer. Jika ping ke IP address berhasil, tetapi ping ke nama komputer tidak berhasil, anda mungkin mengalami masalah resolusi nama. Dalam hal ini, pastikan nama komputer yang anda tentukan dapat diselesaikan melalui file Host lokal, dengan menggunakan kueri Domain Name System (DNS) atau melalui teknik resolusi nama NetBIOS.

pktmon

Packet Monitor (Pktmon) adalah tool diagnostik jaringan lintas komponen dalam kotak untuk Windows. Ini dapat digunakan untuk penangkapan paket, deteksi penurunan paket, pemfilteran dan penghitungan paket. Alat ini sangat membantu dalam skenario virtualisasi, seperti jaringan kontainer dan SDN, karena memberikan visibilitas dalam tumpukan jaringan.

pnpunattend

Mengaudit komputer untuk driver perangkat, melakukan penginstalan driver tanpa pengawasan atau mencari driver tanpa menginstall dan secara opsional, melaporkan hasilnya ke baris perintah. Gunakan perintah ini untuk menentukan penginstalan driver khusus untuk hardware tertentu.

pnputil

Pnputil.exe adalah utilitas command line yang dapat anda gunakan untuk mengelola penyimpanan driver. Anda dapat menggunakan perintah ini untuk menambahkan paket driver, menghapus paket driver dan mencantumkan paket driver yang ada di store.

popd

Perintah popd mengubah direktori saat ini ke direktori yang terakhir disimpan oleh perintah pushd.

Setiap kali anda menggunakan perintah pushd, satu direktori disimpan untuk anda gunakan. Namun, anda dapat menyimpan beberapa direktori dengan menggunakan perintah pushd beberapa kali. Direktori disimpan secara berurutan dalam virtual stack, jadi jika anda menggunakan perintah pushd sekali, direktori tempat anda menggunakan perintah ditempatkan di bagian bawah stack. Jika anda menggunakan perintah lagi, direktori kedua ditempatkan di atas yang pertama. Proses berulang setiap kali anda menggunakan perintah pushd.

Jika anda menggunakan perintah popd, direktori di atas stack akan dihapus dan direktori saat ini diubah ke direktori tersebut. Jika anda menggunakan perintah popd lagi, direktori berikutnya pada stack akan dihapus. Jika ekstensi perintah diaktifkan, perintah popd menghapus penetapan drive letter apapun yang dibuat oleh perintah pushd.

powershell

Windows PowerShell adalah shell command line berbasis task dan bahasa skrip yang dirancang khusus untuk administrasi system. Dibangun di atas .NET Framework, Windows PowerShell membantu profesional IT dan power user mengontrol dan mengotomatiskan administrator system operasi Windows dan aplikasi yang berjalan di Windows.

powershell_ise

Windows PowerShell Integrated Scripting Environment (ISE) adalah aplikasi host grafis yang memungkinkan anda membaca, menulis, menjalankan, men-debug dan menguji skrip dan modul dalam lingkungan graphic-assisted. Fitur utama seperti IntelliSense, Show-Command, snippets, tab completion, syntax-coloring, visual debugging dan context-sensitive Help memberikan pengalaman skrip yang berharga.

print

Mengirim file teks ke printer. File dapat dicetak di background jika anda mengirimkannya ke printer yang terhubung ke port serial atau paralel di komputer lokal.

prncnfg

Mengkonfigurasi atau menampilkan informasi konfigurasi tentang printer. Perintah ini adalah skrip Visual Basic yang terletak di direktori %WINdir%\System32\printing_Admin_Scripts\<language>. Untuk menggunakan perintah ini pada command prompt, ketik cscript diikuti dengan path lengkap ke file prncnfg atau ubah direktori ke folder yang sesuai. Misalnya: cscript %WINdir%\System32\printing_Admin_Scripts\en-US\prncnfg.

prndrvr

Menambah, menghapus dan mencantumkan driver printer. Perintah ini adalah skrip Visual Basic yang terletak di direktori %WINdir%\System32\printing_Admin_Scripts\<language>. Untuk menggunakan perintah ini pada command prompt, ketik cscript diikuti dengan path lengkap ke file prndrvr atau ubah direktori ke folder yang sesuai. Misalnya: cscript %WINdir%\System32\printing_Admin_Scripts\en-US\prndrvr.

Digunakan tanpa parameter, prndrvr menampilkan bantuan bcommand line.

prnjobs

Menjeda, melanjutkan, membatalkan dan mencantumkan pekerjaan print. Perintah ini adalah skrip Visual Basic yang terletak di %WINdir%\System32\printing_Admin_Scripts\<language&gt; direktori. Untuk menggunakan perintah ini pada command prompt, ketik cscript diikuti dengan path lengkap ke file prnjobs atau ubah direktori ke folder yang sesuai. Misalnya: cscript %WINdir%\System32\printing_Admin_Scripts\en-US\prnjobs.vbs.

prnmngr

Menambahkan, menghapus dan mencantumkan printer atau koneksi printer, selain mengatur dan menampilkan printer default. Perintah ini adalah skrip Visual Basic yang terletak di direktori %WINdir%\System32\printing_Admin_Scripts\<language>. Untuk menggunakan perintah ini pada command prompt, ketik cscript diikuti dengan path lengkap ke file prnmngr atau ubah direktori ke folder yang sesuai. Misalnya: cscript %WINdir%\System32\printing_Admin_Scripts\en-US\prnmngr.

prnport

Membuat, menghapus dan mencantumkan port printer TCP/IP standar, selain menampilkan dan mengubah konfigurasi port. Perintah ini adalah skrip Visual Basic yang terletak di direktori %WINdir%\System32\printing_Admin_Scripts\<language>. Untuk menggunakan perintah ini pada command prompt, ketik cscript diikuti dengan path lengkap ke file prnport atau ubah direktori ke folder yang sesuai. Misalnya: cscript %WINdir%\System32\printing_Admin_Scripts\en-US\prnport.

prnqctl

Mencetak halaman test, menjeda atau melanjutkan printer dan menghapus queue/antrian printer. Perintah ini adalah skrip Visual Basic yang terletak di direktori %WINdir%\System32\printing_Admin_Scripts\<language>. Untuk menggunakan perintah ini pada command prompt, ketik cscript diikuti dengan path lengkap ke file prnqctl, atau ubah direktori ke folder yang sesuai. Misalnya: cscript %WINdir%\System32\printing_Admin_Scripts\en-US\prnqctl.

prompt

Mengubah command prompt Cmd.exe, termasuk menampilkan teks apapun yang anda inginkan, seperti nama direktori saat ini, waktu dan tanggal atau version number Microsoft Windows. Jika digunakan tanpa parameter, perintah ini akan mereset command prompt ke pengaturan default yaitu drive letter dan direktori saat ini diikuti dengan simbol lebih besar (>).

pubprn

Menerbitkan printer ke Active Directory Domain Services. Perintah ini adalah skrip Visual Basic yang terletak di direktori %WINdir%\System32\printing_Admin_Scripts\<language>. Untuk menggunakan perintah ini pada command prompt, ketik cscript diikuti dengan path lengkap ke file pubprn, atau ubah direktori ke folder yang sesuai. Misalnya: cscript %WINdir%\System32\printing_Admin_Scripts\en-US\pubprn.

pushd

Menyimpan direktori saat ini untuk digunakan oleh perintah popd, dan kemudian mengubah ke direktori yang ditentukan.

Setiap kali anda menggunakan perintah pushd, satu direktori disimpan untuk anda gunakan. Namun, anda dapat menyimpan beberapa direktori dengan menggunakan perintah pushd beberapa kali. Direktori disimpan secara berurutan dalam virtual stack, jadi jika anda menggunakan perintah pushd sekali, direktori tempat anda menggunakan perintah ditempatkan di bagian bawah stack. Jika anda menggunakan perintah lagi, direktori kedua ditempatkan di atas yang pertama. Proses berulang setiap kali anda menggunakan perintah pushd.

Jika anda menggunakan perintah popd, direktori di atas stack akan dihapus dan direktori saat ini diubah ke direktori tersebut. Jika anda menggunakan perintah popd lagi, direktori berikutnya pada stack akan dihapus. Jika ekstensi perintah diaktifkan, perintah popd menghapus penetapan drive letter apapun yang dibuat oleh perintah pushd.

pushprinterconnections

Membaca pengaturan Deployed Printer Connection dari Group Policy dan menyebarkan atau menghapus koneksi printer sesuai kebutuhan.

pwlauncher

Mengaktifkan atau menonaktifkan Startup Options Windows To Go (pwlauncher). Tool command line pwlauncher memungkinkan anda mengkonfigurasi komputer untuk memboot ke ruang kerja Windows To Go secara otomatis (dengan asumsi ada), tanpa mengharuskan anda memasukkan firmware atau mengubah startup options.

Startup Options Windows To Go memungkinkan pengguna untuk mengkonfigurasi komputer mereka untuk boot dari USB dari dalam Windows - tanpa pernah memasukkan firmware mereka, selama firmware mereka mendukung booting dari USB. Mengaktifkan system untuk selalu melakukan booting dari USB terlebih dahulu memiliki implikasi yang harus anda pertimbangkan. Misalnya, perangkat USB yang mengandung malware dapat di-boot secara tidak sengaja untuk membahayakan system atau beberapa drive USB dapat dicolokkan untuk menyebabkan konflik boot. Untuk alasan ini, konfigurasi default membuat Startup Options Windows To Go dinonaktifkan secara default. Selain itu, hak istimewa administrator diperlukan untuk mengonfigurasi Startup Options Windows To Go. Jika anda mengaktifkan Startup Options Windows To Go menggunakan tool command line pwlauncher atau aplikasi Startup Options Change Windows To Go, komputer akan mencoba melakukan booting dari perangkat USB apapun yang dimasukkan ke komputer sebelum dimulai.

about_Pwsh

Menjelaskan cara menggunakan antarmuka command line pwsh. Menampilkan parameter command line dan menjelaskan sintaks.

qappsrv

Menampilkan daftar semua server Remote Desktop Session Host di jaringan.

qprocess

Menampilkan informasi tentang proses yang berjalan di server Remote Desktop Session Host.

Query commands

Menampilkan informasi tentang proses, session dan server Remote Desktop Session Host.

quser

Menampilkan informasi tentang session pengguna di server Remote Desktop Session Host. Anda dapat menggunakan perintah ini untuk mengetahui apakah pengguna tertentu masuk ke server Remote Desktop Session Host tertentu. Perintah ini mengembalikan informasi berikut:

  • Nama pengguna.
  • Name of the session on the Remote Desktop Session Host server.
  • Nama session di server Remote Desktop Session Host.
  • ID Session.
  • Status dari session (aktif atau terputus).
  • Idle time (jumlah menit sejak penekanan tombol atau gerakan mouse terakhir pada sesion).
  • Tanggal dan waktu pengguna login.

qwinsta

Menampilkan informasi tentang sesion di server Remote Desktop Session Host. Daftar tersebut mencakup informasi tidak hanya tentang sesion aktif tetapi juga tentang sesion lain yang dijalankan server.

Rd atau rmdir

Menghapus direktori.

rdpsign

Memungkinkan anda menandatangani file Remote Desktop Protocol (.rdp) secara digital.

recover

Memulihkan informasi yang dapat dibaca dari disk yang buruk atau rusak. Perintah ini membaca file, sector demi ssector dan memulihkan data dari sector yang baik. Data di bad sector hilang. Karena semua data di bad sector hilang saat anda memulihkan file, anda harus memulihkan hanya satu file dalam satu waktu.

Bad sector yang dilaporkan oleh perintah chkdsk ditandai sebagai buruk saat disk anda disiapkan untuk pengoperasian. Mereka tidak menimbulkan bahaya dan pemulihan tidak mempengaruhi mereka.

Recover (Diskpart)

Merefresh status semua disk dalam group disk, berupaya memulihkan disk dalam group disk yang tidak valid dan menyinkronkan ulang volume mirrored dan volume RAID-5 yang memiliki data yang out of date. Perintah ini beroperasi pada disk yang gagal atau sudah gagal. Itu juga beroperasi pada volume yang gagal atau dalam keadaan redundansi gagal.

Perintah ini beroperasi pada group disk dinamis. Jika perintah ini digunakan pada group dengan disk basic, itu tidak akan menghasilkan error, tetapi tidak ada tindakan yang akan dilakukan.

ReFSUtil

ReFSUtil adalah tool yang disertakan dalam Windows dan Windows Server yang berupaya mendiagnosis volume ReFS yang rusak berat, mengidentifikasi file yang tersisa dan menyalin file tersebut ke volume lain. Tool ini ada di folder %SystemRoot%\Windows\System32.

ReFS salvage adalah fungsi utama ReFSUtil dan berguna untuk memulihkan data dari volume yang ditampilkan sebagai RAW di Disk Management. ReFS Salvage memiliki dua fase: Scan Phase dan Copy Phase. Dalam automatic mode, Scan Phase dan Copy Phase akan berjalan secara berurutan. Dalam manual mode, setiap fase dapat dijalankan secara terpisah. Kemajuan dan log disimpan dalam direktori kerja untuk memungkinkan fase dijalankan secara terpisah serta Scan Phase untuk dijeda dan dilanjutkan. Anda tidak perlu menggunakan tool ReFSutil kecuali volumenya RAW. Jika read-only, maka data masih dapat diakses.

Reg commands

Melakukan operasi pada informasi dan nilai subkey registry dalam entri registry.

Beberapa operasi memungkinkan anda untuk melihat atau mengonfigurasi entri registry pada local atau remote computer, sementara yang lain hanya memungkinkan anda untuk mengonfigurasi local computer. Menggunakan reg untuk mengonfigurasi registry remote computer membatasi parameter yang dapat anda gunakan dalam beberapa operasi. Periksa sintaks dan parameter untuk setiap operasi untuk memverifikasi bahwa keduanya dapat digunakan pada remote computer.

regini

Memodifikasi registry dari command line atau skrip dan menerapkan perubahan yang telah diatur sebelumnya dalam satu atau beberapa file teks. Anda dapat membuat, mengubah atau menghapus key registry, selain mengubah permission/izin pada key registry.

regsvr32

Mendaftarkan file .dll sebagai komponen perintah di registry.

relog

Mengekstrak performance counter dari log performance counter ke dalam format lain, seperti text-TSV (untuk teks yang dibatasi tab), text-CSV (untuk teks yang dipisahkan koma), binary-BIN atau SQL.

rem

Rekam komentar dalam file skrip, batch atau config.sys. Jika tidak ada komentar yang ditentukan, rem menambahkan spasi vertikal.

remove

Menghapus drive letter atau mount point dari volume dengan fokus. Jika semua parameter digunakan, semua drive letter dan mount point saat ini akan dihapus. Jika tidak ada drive letter atau mount point yang ditentukan, maka DiskPart akan menghapus drive letter atau mount point pertama yang ditemuinya.

Perintah remove juga dapat digunakan untuk mengubah drive letter yang terkait dengan drive yang dapat dilepas. Anda tidak dapat menghapus drive letter pada volume system, boot atau paging. Selain itu, anda tidak dapat menghapus drive letter untuk partisi OEM, partisi GPT apapun dengan GUID yang tidak dikenal atau partisi GPT khusus non-data seperti partisi system EFI.

Rename atau ren

Mengganti nama file atau direktori.

repadmin

Repadmin.exe membantu administrator mendiagnosis masalah replikasi Active Directory antara domain controller yang menjalankan system operasi Microsoft Windows.

repair

Memperbaiki volume RAID-5 dengan fokus dengan mengganti region disk yang gagal dengan dynamic disk yang ditentukan.

Volume dalam array RAID-5 harus dipilih agar operasi ini berhasil. Gunakan perintah pilih volume untuk memilih volume dan mengalihkan fokus ke volume tersebut.

replace

Ganti file yang ada di direktori. Jika digunakan dengan opsi /a, perintah ini menambahkan file baru ke direktori alih-alih mengganti file yang sudah ada.

rescan

Menggunakan interpreter perintah diskpart, anda dapat menemukan disk baru yang ditambahkan ke komputer anda.

reset

Mereset DiskShadow.exe ke status default. Perintah ini sangat berguna dalam memisahkan operasi gabungan DiskShadow, seperti membuat, mengimpor, mencadangkan atau memulihkan.

retain

Mempersiapkan volume simple dynamic yang ada untuk digunakan sebagai boot atau volume system. Jika anda menggunakan disk dynamic master boot record (MBR), perintah ini akan membuat entri partisi di master boot record. Jika anda menggunakan disk dynamic GUID partition table (GPT), perintah ini akan membuat entri partisi di GUID partition table.

revert

Mengembalikan volume ke shadow copy yang ditentukan. Ini hanya didukung untuk shadow copies dalam konteks CLIENTACCESSIBLE. Shadow copies ini tetap ada dan hanya dapat dibuat oleh penyedia system. Jika digunakan tanpa parameter, kembalikan tampilan help pada command prompt.

robocopy

Menyalin data file dari satu lokasi ke lokasi lain.

route

Menampilkan dan memodifikasi entri dalam tabel perutean IP lokal. Jika digunakan tanpa parameter, route menampilkan bantuan pada command prompt.

rpcinfo

Mencantumkan program di remote computer. Utilitas command line rpcinfo membuat remote procedure call (RPC) ke server RPC dan melaporkan apa yang ditemukannya.

rpcping

Mengonfirmasi konektivitas RPC antara komputer yang menjalankan Microsoft Exchange Server dan salah satu workstation Microsoft Exchange Client yang didukung di jaringan. Utilitas ini dapat digunakan untuk memeriksa apakah layanan Microsoft Exchange Server merespons permintaan RPC dari workstation klien melalui jaringan.

rundll32

Memuat dan menjalankan dynamic-link librarie (DLL) 32-bit. Tidak ada pengaturan yang dapat dikonfigurasi untuk Rundll32. Informasi bantuan disediakan untuk DLL tertentu yang anda jalankan dengan perintah rundll32.

Anda harus menjalankan perintah rundll32 dari command prompt dengan hak admin.

rundll32 printui.dll,PrintUIEntry

Mengotomatiskan banyak tugas konfigurasi printer. printui.dll adalah file yang dapat dijalankan yang berisi fungsi yang digunakan oleh kotak dialog konfigurasi printer. Fungsi-fungsi ini juga dapat dipanggil dari dalam skrip atau file batch command line atau dapat dijalankan secara interaktif dari command prompt.

san

Menampilkan atau menetapkan kebijakan storage area network (san) untuk system operasi. Jika digunakan tanpa parameter, kebijakan san saat ini akan ditampilkan.

Sc.exe config

Menampilkan atau menetapkan kebijakan storage area network (san) untuk system operasi. Jika digunakan tanpa parameter, kebijakan san saat ini akan ditampilkan.

Sc.exe create

Membuat subkey dan entri untuk layanan di registry dan di database Service Control Manager.

Sc.exe delete

Menghapus subkey layanan dari registry. Jika layanan sedang berjalan atau jika proses lain memiliki pegangan terbuka untuk layanan tersebut, layanan ditandai untuk dihapus.

Sc.exe query

Memperoleh dan menampilkan informasi tentang layanan yang ditentukan, driver, jenis layanan atau jenis driver.

Schtasks commands

Menjadwalkan perintah dan program untuk dijalankan secara berkala atau pada waktu tertentu menambah dan menghapus tugas dari jadwal, memulai dan menghentikan tugas sesuai permintaan, serta menampilkan dan mengubah scheduled task.

scwcmd

Tool command line Scwcmd.exe yang disertakan dengan Security Configuration Wizard (SCW) dapat digunakan untuk melakukan tugas berikut:

  • Menganalisis satu atau banyak server dengan kebijakan yang dihasilkan SCW.
  • Konfigurasikan satu atau banyak server dengan kebijakan yang dihasilkan SCW.
  • Daftarkan ekstensi Security Configuration Database dengan SCW.
  • Kembalikan kebijakan SCW.
  • Mengubah kebijakan SCW-generated menjadi file asli yang didukung oleh Group Policy.
  • Lihat hasil analisis dalam format HTML.

Secedit commands

Mengonfigurasi dan menganalisis keamanan system dengan membandingkan konfigurasi keamanan anda saat ini dengan template keamanan yang ditentukan.

Select commands

Mengalihkan fokus ke disk, partisi, volume atau virtual hard disk (VHD).

serverceipoptin

Memungkinkan anda untuk berpartisipasi dalam Customer Experience Improvement Program (CEIP).

serverweroptin

Memungkinkan anda mengaktifkan error reporting.

Set (environment variable)

Menampilkan, mengatur atau menghapus environment variable cmd.exe. Jika digunakan tanpa parameter, set menampilkan pengaturan environment variable saat ini.

Set commands

Mengatur konteks, opsi, mode verbose dan file metadata untuk pembuatan shadow copy. Jika digunakan tanpa parameter, atur daftar semua pengaturan saat ini.

setx

Membuat atau memodifikasi environment variable di user atau system environment, tanpa memerlukan pemrograman atau skrip. Perintah Setx juga mengambil value key registry dan menuliskannya ke file teks.

sfc

Menscan dan memverifikasi integritas semua file system yang dilindungi dan mengganti versi yang salah dengan versi yang benar. Jika perintah ini menemukan bahwa file yang diproteksi telah ditimpa, perintah ini akan mengambil versi file yang benar dari folder systemroot\, lalu mengganti file yang salah.

shadow

Memungkinkan anda mengontrol active session pengguna lain dari jarak jauh di server Remote Desktop Session Host.

shift

Mengubah posisi parameter batch dalam file batch.

showmount

Anda dapat menggunakan showmount untuk menampilkan informasi tentang mount file system yang diekspor oleh Server untuk NFS di komputer tertentu. Jika anda tidak menentukan server, perintah ini menampilkan informasi tentang komputer tempat perintah showmount dijalankan.

shrink

Perintah shrink Diskpart mengurangi ukuran volume yang dipilih dengan jumlah yang anda tentukan. Perintah ini menyediakan ruang disk kosong dari ruang yang tidak terpakai di akhir volume.

Volume harus dipilih agar operasi ini berhasil. Gunakan perintah select volume untuk memilih volume dan mengalihkan fokus ke volume tersebut.

shutdown

Memungkinkan anda untuk men-shut down atau merestart local atau remote computer, satu per satu.

Simulate restore

Menguji apakah keterlibatan penulis dalam restore session akan berhasil di komputer tanpa mengeluarkan kejadian PreRestore atau PostRestore ke penulis.

sort

Membaca input sort data dan menulis hasilnya ke layar, ke file atau ke perangkat lain.

start

Memulai jendela Command Prompt terpisah untuk menjalankan program atau perintah tertentu.

Wdsutil set-device

Mengubah atribut komputer pre-staged. Komputer pre-staged adalah komputer yang telah ditautkan ke objek akun komputer di Active Directory Domain Servers (AD DS). Klien pre-staged juga disebut komputer yang dikenal. Anda dapat mengonfigurasi properties di akun komputer untuk mengontrol penginstalan untuk klien. Misalnya, anda dapat mengonfigurasi program boot jaringan dan file tanpa pengawasan yang harus diterima klien, serta server tempat klien harus mendownload program boot jaringan.

Subcommand: set-DriverGroup

Mengatur properties group driver yang ada di server.

Subcommand: set-DriverGroupfilter

Menambahkan atau menghapus filter group driver yang ada dari group driver.

Subcommand: set-DriverPackage

Mengganti nama dan/atau mengaktifkan atau menonaktifkan package driver di server.

wdsutil set-image

Mengubah atribut gambar.

wdsutil set-imagegroup

Mengubah atribut group gambar.

wdsutil set-server

Mengonfigurasi pengaturan untuk server Windows Deployment Services.

wdsutil set-transportserver

Menetapkan pengaturan konfigurasi untuk Transport Server.

wdsutil start-multicasttransmission

Memulai transmisi Scheduled-Cast dari suatu gambar.

wdsutil start-server

Memulai semua layanan untuk server Windows Deployment Services.

wdsutil start-namespace

Memulai ruang nama Scheduled-Cast.

wdsutil stop-server

Menghentikan semua layanan di server Windows Deployment Services.

wdsutil stop-transportserver

Menghentikan semua layanan di Transport Server.

subst

Kaitkan jalur dengan drive letter. Jika digunakan tanpa parameter, subst menampilkan nama drive virtual yang berlaku.

sxstrace

Mendiagnosis masalah yang berdampingan.

systeminfo

Menampilkan informasi konfigurasi mendetail tentang komputer dan system operasinya, termasuk konfigurasi system operasi, informasi keamanan, ID produk dan properties hardware (seperti RAM, ruang disk dan network card).

takeown

Memungkinkan administrator memulihkan akses ke file yang sebelumnya ditolak, dengan menjadikan administrator sebagai pemilik file. Perintah ini biasanya digunakan pada file batch.

tapicfg

Membuat, menghapus atau menampilkan partisi direktori aplikasi TAPI atau mengatur partisi direktori aplikasi TAPI default. Klien TAPI 3.1 dapat menggunakan informasi dalam partisi direktori aplikasi ini dengan directory service locator service untuk menemukan dan berkomunikasi dengan direktori TAPI. Anda juga dapat menggunakan tapicfg untuk membuat atau menghapus service connection point yang memungkinkan klien TAPI untuk secara efisien menemukan partisi direktori aplikasi TAPI di domain.

Tool command line ini dapat dijalankan di komputer manapun yang menjadi anggota domain.

taskkill

Mengakhiri satu atau lebih tugas atau proses. Proses dapat diakhiri dengan ID proses atau nama image. Anda dapat menggunakan perintah tasklist untuk menentukan ID proses (PID) untuk proses yang akan diakhiri.

tasklist

Menampilkan daftar proses yang sedang berjalan di local computer atau di remote computer. Tasklist menggantikan tool tlist.

tcmsetup

Menyiapkan atau menonaktifkan klien TAPI. Agar TAPI berfungsi dengan benar, anda harus menjalankan perintah ini untuk menentukan remote server yang akan digunakan oleh klien TAPI.

telnet

Berkomunikasi dengan komputer yang menjalankan layanan server telnet. Menjalankan perintah ini tanpa parameter apapun, memungkinkan anda memasuki konteks telnet, seperti yang ditunjukkan oleh prompt telnet (Microsoft telnet>). Dari prompt telnet, anda dapat menggunakan perintah telnet untuk mengelola komputer yang menjalankan klien telnet.

tftp

Mentransfer file ke dan dari remote computer, biasanya komputer yang menjalankan UNIX, yang menjalankan layanan atau daemon Trivial File Transfer Protocol (tftp). tftp biasanya digunakan oleh perangkat tertanam atau system yang mengambil firmware, informasi konfigurasi atau system image selama proses booting dari server tftp.

time

Menampilkan atau mengatur waktu system. Jika digunakan tanpa parameter, time menampilkan waktu system saat ini dan meminta anda memasukkan waktu baru.

timeout

Menjeda perintah prosesor selama jumlah detik yang ditentukan. Perintah ini biasanya digunakan dalam file batch.

title

Membuat judul untuk jendela Command Prompt.

tlntadmn

Mengelola local atau remote computer yang menjalankan Server Service telnet. Jika digunakan tanpa parameter, tlntadmn menampilkan pengaturan server saat ini.

Perintah ini mengharuskan anda log in ke local computer dengan kredensial administrator. Untuk mengelola remote computer, anda juga harus memberikan kredensial administrator untuk remote computer. Anda dapat melakukannya dengan masuk ke local computer dengan akun yang memiliki kredensial administratif untuk local computer dan remote computer. Jika anda tidak dapat menggunakan metode ini, anda dapat menggunakan parameter -u dan -p untuk memberikan kredensial administrator untuk remote computer.

tpmtool

Utilitas ini dapat digunakan untuk mendapatkan informasi tentang Trusted Platform Module (TPM)

tpmvscmgr

Tool command line tpmvscmgr memungkinkan pengguna dengan kredensial Administrator untuk membuat dan menghapus smart card TPM virtual di komputer.

tracerpt

Perintah tracerpt memparsing Event Trace Logs, file log yang dihasilkan oleh Performance Monitor dan penyedia Event Trace real-time. Itu juga menghasilkan file dump, file laporan dan skema laporan.

tracert

Tool diagnostic ini menentukan path yang diambil ke tujuan dengan mengirimkan pesan Internet Control Message Protocol (ICMP) echo Request atau ICMPv6 ke tujuan dengan value field time to live (TTL) yang meningkat secara bertahap. Setiap router di sepanjang path diharuskan untuk mengurangi TTL dalam paket IP setidaknya 1 sebelum meneruskannya. Secara efektif, TTL adalah penghitung link maksimum. Ketika TTL pada paket mencapai 0, router diharapkan mengembalikan pesan ICMP Time Exceeded ke komputer sumber.

Perintah ini menentukan jalur dengan mengirimkan pesan echo Request pertama dengan TTL 1 dan menambah TTL dengan 1 pada setiap transmisi berikutnya hingga target merespon atau jumlah maksimum hop tercapai. Jumlah maksimum hop secara default adalah 30 dan dapat ditentukan menggunakan parameter /h.

Jalur ditentukan dengan memeriksa pesan ICMP Time Exceeded yang dikembalikan oleh router perantara dan pesan echo Reply yang dikembalikan oleh tujuan. Namun, beberapa router tidak mengembalikan pesan time Exceeded untuk paket dengan nilai TTL yang out of date dan tidak terlihat oleh perintah tracert. Dalam hal ini, deretan tanda bintang (*) ditampilkan untuk lompatan tersebut. Jalur yang ditampilkan adalah daftar antarmuka router near/side dari router di path antara host sumber dan tujuan. Antarmuka near/side adalah antarmuka router yang paling dekat dengan host pengirim di jalur.

tree

Menampilkan struktur direktori dari sebuah path atau disk di drive secara grafis. Struktur yang ditampilkan oleh perintah ini bergantung pada parameter yang anda tentukan pada command prompt. Jika anda tidak menentukan drive atau path, perintah ini menampilkan struktur pohon yang dimulai dengan direktori saat ini dari drive saat ini.

tscon

Menghubungkan ke sesi lain di server Remote Desktop Session Host.

tsdiscon

Memutuskan sesi dari server Remote Desktop Session Host. Jika anda tidak menentukan ID sesi atau nama sesi, perintah ini memutus sesi saat ini.

tsecimp

Mengimpor informasi penugasan dari file Extensible Markup Language (XML) ke dalam file keamanan server TAPI (Tsec.ini). Anda juga dapat menggunakan perintah ini untuk menampilkan daftar penyedia TAPI dan perangkat line yang terkait dengan masing-masingnya, memvalidasi struktur file XML tanpa mengimpor konten dan memeriksa keanggotaan domain.

tskill

Mengakhiri proses yang berjalan dalam sesi di server Remote Desktop Session Host.

tsprof

Menyalin informasi konfigurasi pengguna Remote Desktop Services dari satu pengguna ke pengguna lainnya. Informasi konfigurasi pengguna Remote Desktop Services muncul di ekstensi Remote Desktop Services ke Local Users and Groups dan direktori aktif Users dan komputer.

type

Di shell Windows Command, type adalah perintah bawaan yang menampilkan konten file teks. Gunakan perintah type untuk melihat file teks tanpa memodifikasinya.

Di PowerShell, type adalah alias bawaan untuk cmdlet Get-Content, yang juga menampilkan konten file, tetapi menggunakan sintaks yang berbeda.

typeperf

Perintah typeperf menulis data performance ke jendela perintah atau ke file log. Untuk menghentikan typeperf, tekan Ctrl + C.

tzutil

Menampilkan utilitas Windows Time Zone.

unexpose

Membatalkan shadow copy yang diekspos dengan menggunakan perintah expose. Shadow copy yang terbuka dapat ditentukan oleh Shadow ID, drive letter, share atau mount point.

uniqueid

Menampilkan atau mengatur identifier GUID partition table (GPT) atau master boot record (MBR) untuk basic atau dynamic disk dengan fokus. Basic atau dynamic disk harus dipilih agar operasi ini berhasil. Gunakan perintah select a disk untuk memilih disk dan mengalihkan fokus ke disk tersebut.

unlodctr

Menghapus nama Performance counter dan teks Explain untuk layanan atau driver perangkat dari registry system.

ver

Menampilkan nomor versi system operasi. Perintah ini didukung di Command prompt (Cmd.exe) Windows, tetapi tidak di versi PowerShell manapun.

verifier

Driver Verifier memantau driver kernel-mode Windows dan driver graphics untuk mendeteksi panggilan fungsi ilegal atau tindakan yang dapat merusak system. Driver Verifier dapat membuat driver Windows mengalami berbagai tekanan dan pengujian untuk menemukan perilaku yang tidak pantas. Anda dapat mengonfigurasi pengujian mana yang akan dijalankan, yang memungkinkan anda menempatkan driver melalui beban stres yang berat atau melalui pengujian yang lebih efisien. Anda juga dapat menjalankan Driver Verifier pada beberapa driver secara bersamaan atau pada satu driver sekaligus.

verify

Memberitahu tool Command Prompt (cmd.exe) apakah akan memverifikasi file anda ditulis dengan benar ke disk.

vol

Menampilkan label volume disk dan nomor seri, jika ada. Jika digunakan tanpa parameter, vol menampilkan informasi untuk drive saat ini.

vssadmin

Menampilkan volume backup shadow copy saat ini dan semua penulis dan penyedia shadow copy yang diinstal.

waitfor

Mengirim atau menunggu sinyal pada system. Perintah ini digunakan untuk menyinkronkan komputer di seluruh jaringan.

wbadmin

Memungkinkan anda untuk membackup dan memulihkan system operasi, volume, file, folder dan aplikasi anda dari command prompt.

Untuk mengkonfigurasi scheduled backup secara rutin menggunakan perintah ini, anda harus menjadi anggota group Administrator. Untuk melakukan semua tugas lain dengan perintah ini, anda harus menjadi anggota group Backup Operators atau group Administrator atau anda harus diberi permission/izin yang sesuai.

Anda harus menjalankan wbadmin dari command prompt dengan hak admin, dengan mengklik kanan Command Prompt dan pilih Run as administrator.

wdsutil

Wdsutil adalah utilitas command line yang digunakan untuk mengelola server Windows Deployment Services anda. Jalankan perintah ini di Command prompt dengan hak administrator.

wecutil

Memungkinkan anda membuat dan mengelola subscription ke event yang diteruskan dari remote computer. Remote computer harus mendukung protocol WS-Management.

wevtutil

Memungkinkan anda mengambil informasi tentang event log dan publisher. Anda juga dapat menggunakan perintah ini untuk menginstall dan menguninstall event manifest, menjalankan kueri dan mengekspor, mengarsipkan dan menghapus log.

where

Menampilkan lokasi file yang sesuai dengan pola pencarian yang diberikan.

whoami

Menampilkan informasi pengguna, group dan hak istimewa untuk pengguna yang saat ini login ke local system. Jika digunakan tanpa parameter, whoami menampilkan domain dan user name saat ini.

winnt32

Melakukan instalasi atau upgrade ke produk di Windows Server 2003. Anda dapat menjalankan winnt32 pada command prompt di komputer yang menjalankan Windows 95, Windows 98, Windows Millennium Edition, Windows NT, Windows 2000, Windows XP atau produk di Windows Server 2003. Jika anda menjalankan winnt32 pada komputer yang menjalankan Windows NT versi 4.0, anda harus menerapkan Service Pack 5 atau yang lebih baru terlebih dahulu.

winrs

Remote Management Windows memungkinkan anda mengelola dan menjalankan program dari jarak jauh.

Winstat mem

Menguji bandwidth memory system dengan cara mencerminkan large memory ke memory buffer copies, seperti yang digunakan dalam pemrosesan multimedia.

Winsat mfmedia

Mengukur performa video decoding (playback) menggunakan framework Media Foundation.

wmic

Menampilkan informasi WMI di dalam shell perintah interaktif.

writer

Memverifikasi bahwa writer atau component disertakan atau dikecualikan writer atau component dari prosedur backup atau restore. Jika digunakan tanpa parameter, writer menampilkan help pada command prompt.

wscript

Windows Script Host menyediakan lingkungan dimana pengguna dapat menjalankan skrip dalam berbagai bahasa yang menggunakan berbagai model object untuk melakukan tugas.

xcopy

Menyalin file dan direktori, termasuk subdirektori.


Cara mendapatkan daftar perintah di Command Prompt
Untuk mendapatkan daftar perintah yang berguna bagi anda di Command Prompt, buka Command Prompt sebagai administrator dan ketik help dan tekan Enter. Anda akan melihat daftar perintah yang dapat anda gunakan di PC untuk melakukan berbagai tugas dengan mudah menggunakan tool command line.

Berapa banyak perintah Command Prompt?
Ada lebih dari 300 perintah Command Prompt dengan lebih banyak subperintah. Daftarnya terlalu besar untuk dihitung. Daftar di atas adalah kompilasi dari 293 perintah yang dapat anda gunakan di berbagai Windows environment untuk menjalankan berbagai tugas. Apakah anda menggunakan Windows 10 atau Windows 11, anda dapat menggunakan semua perintah ini di Command Prompt atau Windows Terminal mandiri.

Sekian artikel saya kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam mengetahui daftar perintah Command Prompt di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Daftar Lengkap Perintah Command Prompt"