Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mencari dan Membuka File Menggunakan Command Prompt di Windows


Apakah anda pernah bingung mencari semua file yang anda butuhkan untuk sebuah proyek? Apakah anda menyimpannya di tempat yang berbeda di komputer anda? Bisakah anda hanya mengingat sebagian dari nama yang anda berikan di file tersebut? Jika ini berlaku untuk anda, menggunakan command prompt, bukan Windows Explorer, dapat membantu anda dengan cepat menemukan file yang anda butuhkan dan memungkinkan anda untuk membukanya di sana.

Untuk melakukannya anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini.


Buka Command Prompt

Untuk mencari file yang anda inginkan, pertama-tama buka Command Prompt. Ada beberapa cara untuk melakukan ini.

  • Ketik cmd di kotak Search Windows, kemudian klik ikon untuk membuka jendela command prompt.


  • Cara lainnya dengan menggunakan jendela Run. Cara cepat untuk membuka jendela ini adalah dengan menekan tombol Win + R pada keyboard anda. Kemudian, ketik cmd atau cmd.exe dan tekan Enter atau klik OK.


  • Anda juga dapat membukanya dengan menekan tombol Win + X atau klik kanan Start dan pilih Command Prompt. Jika tidak ada pilihan Command Prompt, maka ubah menu opsi dari PowerShell ke Command Prompt dengan membuka Settings - Personalization - Taskbar dan pada "Replace command promt with PowerShell in the menu...." ubah dari On ke Off.


Langkah untuk membuka Command Prompt ini penting karena petunjuk di artikel ini tidak akan berfungsi jika anda menggunakan PowerShell.


Cari File Anda

Di jendela Command Prompt, masukan perintah dibawah ini dan tekan Enter. Jangan lupa mengganti search term dengan nama file yang ingin anda temukan.

dir "\search term*" /s

Apa arti semua istilah dalam perintah?
  • dir adalah perintah yang digunakan untuk menampilkan file dalam direktori saat ini, tetapi yang juga dapat menemukan data di mana saja dalam sistem.
  • Backslash ( \ ) memberitahu dir untuk mencari dari direktori root drive saat ini.
  • / s memberi tahu dir untuk mencari semua subdirektori.
  • * digunakan oleh aplikasi command-line sebagai wildcard. Ini menunjukkan bahwa pencarian akan mencari semua nama file yang mengandung istilah pencarian anda.
  • Menempatkan tanda bintang di akhir nama, seperti bisnis*, akan menemukan semua file dengan istilah pencarian anda di awal nama.
  • Jika anda meletakkannya di awal, maka pencarian anda hanya akan menyertakan hasil dengan teks anda di bagian akhir. Misalnya, *.jpg.
  • Jika anda memasang tanda bintang di setiap akhir istilah pencarian, anda akan mencakup semua basis. Dimanapun teks anda berada dalam nama sebenarnya dari file tersebut, file itu akan tercantum dalam hasil.

Setelah anda mengetikkan perintah dan menekan Enter, maka pencarian akan dimulai. Mungkin terlihat seperti tidak ada yang terjadi selama satu atau dua detik, tetapi biarkan saja.


Seperti yang anda lihat, hasil saya untuk tessa memberi saya beberapa file berbeda.


Buka File Anda

Setelah anda menemukan file yang ingin anda buka, anda dapat membukanya dari layar ini, menggunakan program default-nya, tanpa menempatkannya dalam file explorer anda.


  • Ubah direktori. Temukan direktori yang berisi file yang ingin anda buka.
  • Ketik cd dan path untuk direktori yang ingin anda buka.


  • Tekan Enter dan file akan terbuka menggunakan aplikasi default-nya.



Jika anda mencari semua file anda tentang satu topik atau hanya mencoba untuk menemukan salah satu yang bersembunyi di antara semua folder di komputer anda, coba gunakan command prompt. Mungkin membuatnya lebih efisien untuk anda.


Sekian tutorial kali ini. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU.

1 comment for "Cara Mencari dan Membuka File Menggunakan Command Prompt di Windows"