Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mudah Backup Profil Pengguna di Windows 10/11


Jika anda pengguna Windows dan telah menggunakan drive C, anda mungkin akan melihat folder bernama Users. Folder Users ini menyimpan semua profil pengguna anda, yang mencakup semua pengaturan dan data pengguna anda.

Karena profil pengguna anda memiliki semua dokumen dan pengaturan penting anda, maka masuk akal untuk membuat backup sehingga jika PC anda rusak, anda dapat dengan mudah mengembalikan pengaturan tersebut.

Namun, perlu anda ketahui bahwa anda tidak dapat membackup folder profil pengguna hanya dengan mengcopy folder tersebut dan mempastenya ke tempat yang aman karena folder tersebut akan selalu digunakan saat anda login. Ada risiko file tidak dicopy dan di simpan dengan benar dan menyebabkan hilangnya data profil pengguna anda.

Ada beberapa metode yang dapat anda gunakan untuk membuat backup profil pengguna anda secara lengkap.


1. Backup Profil Pengguna Menggunakan Windows Backup

Metode Windows Backup adalah metode termudah untuk mencadangkan profil pengguna di Windows 10 anda. Metode ini juga berlaku untuk Windows 7 dan Windows 8.

  • Buka Search Windows dan ketik backup and restore. Pilih dari hasil pencarian pertama yang muncul.

  • Di jendela Settings, pilih Go to Backup and Restore (Windows 7) di panel kanan.

  • Langkah ini juga dapat anda capai dengan membuka Control Panel, kemudian pilih System and Security - Backup and Restore (Windows 7).

  • Kemudian klik Set up backup di bagian Backup.

Catatan: Jika anda sudah menyiapkan jadwal backup, anda akan melihat jendela lain. Jika demikian, klik tombol Options dan pilih Change backup backup untuk membuatnya.

  • Pilih tujuan dimana anda ingin membuat backup profil pengguna anda. Anda dapat memilih drive internal di komputer anda atau anda juga dapat membackupnya di drive eksternal. Anda juga dapa membakupnya di jaringan anda dengan memilih Save on a network.
  • Jika anda memilih backup di drive PC anda, maka klik Next untuk melanjukan.
  • Di halaman berikutnya anda dapat memilih membackup semua data atau memilih data tertentu. Jika membackup semua data maka pilih Let Windows choose, namun jika hanya membackup data tertentu pilih Let me choose. Kemudian klik Next untuk melanjutkan.

  • Secara default, Windows telah memilih semua profil pengguna yang dibuat dan drive system anda. Jika anda hanya ingin membuat backup profil pengguna, hapus ceklist pada opsi Include a system image of drives.

  • Di halaman berikutnya, ini akan menampilkan ringkasan backup yang anda pilih. Jika tidak ada yang salah dengan itu maka klik Save settings and run backup.

Windows kemudian membackup semua data sesuai pilihan anda. Ini akan membutuhkan waktu, jadi harap bersabar hingga proses backup selesai.



2. Backup Profil Pengguna Menggunakan Windows User Profile Tool

Metode kedua jauh lebih sederhana untuk digunakan. Windows menyediakan User Profile Tool untuk mengcopy, menghapus, atau memindahkan profil pengguna.
  • Ketik View advanced system settings di Search Windows. Pilih hasil pertama yang akan membuka Advanced System Properties.

  • Ada tiga pengaturan disini yaitu Performance, User Profiles dan Startup and Recovery. Klik tombol Settings di bawah User Profiles.

  • Ini akan membuka pengaturan Profil Pengguna. Profil pengguna dari semua pengguna tercantum disini. Anda dapat memilih profil pengguna mana saja dan menghapus profil atau mengubah tipenya.
  • Anda kemudian memilih profil pengguna anda yang ingin di backup, kemudian klik Copy To dan ikuti petunjuk hingga selesai.

Dalam kebanyakan kasus, anda akan menemukan bahwa tombol Copy To dinonaktifkan ketika anda memilih profil pengguna anda. Untuk mengaktifkannya, download Enabler dan jalankan (Enabler bersifat portabel, anda hanya perlu unzip dan menjalankannya. Tidak perlu menginstalnya).

Jalankan Enabler dan klik Enable.


Catatan: Saat anda menjalankan Enabler, pastikan hanya jendela pengaturan User Profiles yang terbuka. Jika ada lebih dari satu jendela yang terbuka, Enabler akan mencoba memproses setiap jendela dan akan menggantung di tengah jika ada banyak jendela yang terbuka.

Ini kemungkinan besar akan mengaktifkan tombol Copy To. Jika tidak diaktifkan, cukup tutup jendela dan buka kembali pengaturan Profil Pengguna. Anda harus memilih profil pengguna anda dari daftar untuk mengaktifkan tombol Copy To.

Dalam kebanyakan kasus, Enabler akan berfungsi tetapi ada kalanya Enabler tidak dapat mengaktifkan tombol Copy To. Dan anda harus mencoba lagi dan lagi sampai berhasil.


Restore Profil Pengguna di Windows 10/11

Ketika anda selesai menginstall ulang Windows 10 atau Windows 11 anda, anda kemudian dapat mengembalikan profil pengguna anda seperti semula. Ikuti langkah-langkahnya dibawah ini.

  • Jika anda menyimpan backupnya di hard drive eksternal maka hubungkan ke PC anda.
  • Buka Control Panel dan buka System and Security - Backup and Restore (Windows 7).
  • Klik Select another backup to restore files from. Kemudian pilih file backup anda dan klik Next.
  • Anda juga dapat memilih Restore my files. Kemudian klik Browse for folder dan pilih folder tempat anda membackup profil pengguna, kemudian klik Add folder untuk memilih folder profil pengguna anda. Setelah itu klik Next.

  • Terakhir, pilih lokasi untuk memulihkan profil pengguna. Harap pastikan untuk memilih In the original location dan klik Restore untuk mengembalikan profil pengguna anda.
  • Setelah melakukan ini, restart komputer anda dan anda dapat masuk dengan profil pengguna anda tersebut.

Jika anda mempunyai masalah dengan profil pengguna anda, maka anda dapat membaca tutorial saya lainnya tentang cara memperbaiki profil pengguna yang rusak di Windows 10/11. Atau anda dapat membaca tutorial saya lainnya tentang optimalkan pengaturan setelah menginstal Windows 10/11.

Sekian tutorial kali ini, semoga membantu anda. Apakah anda telah mencoba metode lainnya sebelum menggunakan metode di atas? Bagikan pengalaman anda tersebut di kolom komentar dibawah ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Cara Mudah Backup Profil Pengguna di Windows 10/11"