Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Error Nvgpucomp64.dll Saat Bermain Game di Windows 10/11

 


Jika Nvgpucomp64.dll terus membuat game anda crash, maka solusi perbaikan yang diberikan dalam artikel ini akan membantu anda. Masalah ini dapat terjadi karena driver Graphics Card yang out of date atau rusak, file game yang rusak dan lainnya.


File Nvgpucomp64.dll dikaitkan dengan Graphics Card NVIDIA. Saat file ini crash, game anda juga ikut crash. Biasanya ini terjadi pada game Lords of the Fallen, Lies of P, Rocket League, Apex Legends dan lainnya.



Memperbaiki Error Nvgpucomp64.dll Saat Bermain Game di Windows 10/11


Jika file Nvgpucomp64.dll terus membuat game anda crash di PC Windows 10 atau Windows 11 anda, maka anda dapat menggunakan beberapa solusi perbaikan berikut ini untuk memperbaiki masalah ini.



1. Verifikasi Integritas File Game


File game yang rusak dapat menyebabkan masalah crash. Dalam hal ini, langkah pertama yang anda lakukan adalah memverifikasi Integritas file game anda. Ini akan membantu anda memastikan file game anda tidak rusak atau rusak. Jika ada file game yang ditemukan rusak atau korup, maka file anda akan diperbaiki dengan memverifikasi Integritas file game tersebut.




2. Update Driver Graphics Card NVIDIA


Driver Graphics Card NVIDIA yang out of date juga dapat menyebabkan masalah crash pada game. Anda dapat mengupdate driver Graphics Card NVIDIA dari website produsen perangkat. Setelah anda mendownload driver Graphics Card, hapus driver Graphics Card anda sepenuhnya dari PC anda dengan menggunakan DDU. Setelah itu, jalankan file installer untuk menginstall driver Graphics Card NVIDIA dengan versi terbaru. Sekarang, coba mainkan kembali game anda dan periksa apakah masalahnya masih berlanjut atau telah di perbaiki.




3. Rollback Driver Graphics Card


Pada komputer Windows, anda dapat menginstall driver perangkat versi sebelumnya (jika tersedia). Me-rollback driver perangkat ke versi sebelumnya dapat memperbaiki masalah yang terkait dengan driver tersebut. Untuk melakukannya gunakan langkah-langkah yang disebutkan dibawah ini.

  • Tekan tombol Win + X dan tekan M untuk membuka Device Manager.
  • Di jendela Device Manager, perluas bagian Display adapters.
  • Sekarang, klik kanan pada driver Graphics card anda dan pilih Properties.
  • Di jendela Properties, alihkan ke tab Driver.
  • Jika anda mendapati tombol Roll Back Driver aktif, maka anda dapat mengklik di atasnya.
  • Setelah proses rollback selesai, restart komputer anda.




4. Reset BIOS


Reset BIOS ke pengaturan default dan lihat. Jika masalah crash terjadi karena pengaturan BIOS yang salah dikonfigurasi, maka me-reset BIOS ke nilai defaultnya akan memperbaiki masalah tersebut. Lihat apakah ini membantu!




5. Update BIOS


Jika mereset BIOS atau clear CMOS tidak memperbaiki masalah ini, maka saya sarankan anda untuk mengupdate BIOS (jika tersedia). Sebelum anda melanjutkan mengupdate BIOS, periksa versi BIOS anda dari System Information atau melalui perintah Command Prompt. Jika update BIOS tersedia, maka install. Selain itu, anda juga dapat mendownload update BIOS terbaru dari website resmi produsen komputer anda.




6. Jalankan Scan SFC/DISM


Terkadang file system yang rusak dapat menyebabkan masalah crash. Dalam hal ini, anda dapat menscan file system image dengan menjalankan tool System File Checker (SFC) melalui Command Prompt dengan hak administrator. Jika itu tidak berhasil, anda perlu menjalankan scan Deployment Image Servicing and Management (DISM) di Command Prompt (admin) dan melihat apakah itu membantu.




7. Install Ulang Game Launcher


Terkadang, masalah terkait dengan Game Launcher yang anda gunakan. Instalasi yang tidak lengkap atau rusak biasanya menyebabkan masalah seperti itu. Dalam kasus seperti itu, menguninstall Game Launcher dan menginstall kembali Game Launcher dapat membantu. Install ulang Game Launcher anda dan periksa apakah ada perubahan.


Pertama, uninstall Game Launcher sepenuhnya. Anda dapat menggunakan software uninstaller pihak ketiga seperti Revo Uninstaller untuk mengunintall Game Launcher sepenuhnya dari system anda. Setelah menguninstall Game Launcher sepenuhnya, restart system anda. Sekarang, download versi terbarunya dari website resminya dan jalankan file installer untuk menginstall ulang Game Launcher.



8. Ganti File Nvgpucomp64.dll dari Komputer yang Sehat


Anda juga dapat melakukan satu hal yaitu mengganti file Nvgpucomp64.dll yang rusak atau hilang. Mengganti file DLL yang rusak dengan yang sehat dengan cara menyalinnya dari komputer lain yang sehat merupakan salah satu cara memperbaiki file DLL yang rusak.


Anda akan menemukan semua file DLL di lokasi berikut di sistem anda.

C:\Windows\System32

Setelah mengganti file DLL, ingatlah untuk mendaftar ulang file .dll tersebut.


9. Uninstall dan Install Ulang Game

Jika tidak ada metode yang berhasil untuk anda, maka uninstall dan install ulang game yang terpengaruh. Anda dapat menguninstall game dari Control Panel. Setelah menguninstallnya, restart komputer anda dan kemudian menginstall ulang game tersebut.


Semoga membantu!

Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error Nvgpucomp64.dll saat bermain game di Windows 10 Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Memperbaiki Error Nvgpucomp64.dll Saat Bermain Game di Windows 10/11"