Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Windows 11 Installation Assistant Tidak Dapat Dibuka

 


Windows 11 Installation Assistant adalah tool yang membantu pengguna untuk melakukan upgrade System Operasi mereka ke versi terbaru yaitu Windows 11. Namun, beberapa pengguna yang mengalami kesulitan dalam mengakses tool ini karena Windows 11 Installation Assistant tidak dapat dibuka. Berdasarkan laporan pengguna, Windows 11 Installation Assistant sudah dijalankan namun langsung mengalami crash.



Sebagai informasi tambahan, Windows 11 Installation Assistant biasanya dapat diakses melalui halaman resmi Windows atau melalui Settings Windows. Jika pengguna mengalami masalah saat membuka tool ini, maka artikel ini memberikan beberapa solusi yang dapat dicoba untuk memperbaiki maslaah ini. Namun sebelum anda mengikuti solusi lainnya, pastikan koneksi internet yang anda gunakan stabil, juga anda perlu memeriksa update terbaru untuk system operasi anda dan pastikan spesifikasi komputer anda memenuhi persyaratan untuk menjalankan Windows 11. Jika masalah tersebut masih terjadi, solusi di bagian berikutnya akan dapat membantu anda mengatasi masalah ini.



Memperbaiki Windows 11 Installation Assistant Tidak Dapat Dibuka


Jika Windows 11 Installation Assistant tidakdapat dibuka, maka ikuti solusi yang disebutkan dibawah ini untuk mengatasi masalah anda.



1. Jalankan Installation Assistant dengan Hak Administrator


Saya merekomendasikan anda untuk menjalankan Installation Assistant dengan hak administrator agar. Hal ini memastikan bahwa software tersebut memiliki permission/izin untuk mengakses file yang diperlukan untuk dijalankan. Untuk itu, anda perlu mengklik kanan pada file Windows11InstallationAssistant executable, kemudian pilih opsi Run as administrator. Setelah itu, periksa apakah Windows 11 Installation Assistant dapat terbuka atau tidak setelah dijalankan dengan hak administrator.




2. Nonaktifkan Software Keamanan untuk Sementara


Installation Assistant mungkin tidak terbuka karena software antivirus pihak ketiga. Oleh karena itu, saya menyarankan anda untuk menonaktifkan semua software antivirus dan kemudian mencoba membuka utilitas ini. Jika tidak ada masalah saat anda membuka Installation Assistant, maka kemungkinan besar antivirus yang menyebabkan masalah. Jadi, lanjutkan dan nonaktifkan Windows Security dan Antivirus pihak ketiga jika anda menginstallnya. Setelah itu, jalankan Installation Assistant dan mudah-mudahan, itu akan melakukan trik untuk anda.



3. Jalankan System File Checker


Karena Windows Installation Assistant adalah tool Windows, maka anda dapat menggunakan System File Checker (SFC) untuk menscan file system yang dilindungi dari kerusakan atau yang hilang. Jika ada kerusakan yang terdeteksi, maka tool ini akan mengganti file yang rusak atau hilang dengan yang di-cache. Ini akan memakan waktu dan setelah seluruh proses selesai, periksa apakah Installation Assistant kembali ke keadaan sebelumnya atau tidak.




4. Update Driver Graphics


Driver graphics yang out of date atau rusak juga dapat menjadi penyebab mengapa anda tidak dapat membuka Installation Assistant di Windows 11 anda. Oleh karena itu, saya menyarankan anda untuk mengupdate driver graphics di perangkat anda dan kemudian memeriksa apakah masalah telah diperbaiki. Untuk melakukannya, anda dapat mengikuti salah satu metode berikut ini.

  • Update driver graphics melalui halaman Optional Updates dari Windows Update di jendela Settings.
  • Anda dapat mengupdate driver graphics melalui Device Manager.




5. Install Windows 11 Menggunakan Media Creation Tool


Jika semua upaya yang telah dilakukan tidak berhasil, maka opsi terakhir yang dapat anda lakukan adalah menginstall Windows 11 menggunakan Media Creation Tool. Media Creation Tool memungkinkan anda untuk mendownload file ISO Windows 11 yang dapat dijalankan dari folder atau di-mount menggunakan drive eksternal. Dengan cara apapun, anda akan dapat menginstall Windows 11 dengan mudah menggunakan tool ini.




Semoga anda dapat menyelesaikan masalah menggunakan salah satu solusi yang disebutkan dalam artikel ini.


Sekian tutorial saya kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki Windows 11 Installation Assistant tidak dapat dibuka di komputer anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Memperbaiki Windows 11 Installation Assistant Tidak Dapat Dibuka"