Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mount dan Unmount ISO File di Windows


ISO file tidak banyak dibicarakan saat ini seperti lima atau sepuluh tahun yang lalu, tetapi mereka memiliki kegunaannya. ISO adalah file disc image, menyimpan semua data yang anda temukan pada CD, DVD, atau USB drive, dan akan berperilaku seperti itu pada disk dengan fitur autoplay dan semuanya.

Mount adalah proses membuat drive CD/DVD virtual pada komputer anda sehingga dapat menjalankan file ISO seperti halnya disk drive. Sementara itu Unmount seperti menekan tombol Eject pada disk drive anda untuk mengeluarkannya.

Dalam artikel ini saya akan menunjukkan kepada anda bagaimana melakukan kedua hal ini hanya dengan menggunakan tools yang terdapat dalam Windows.


Cara Mount ISO File

Kita berasumsi bahwa anda telah membuat file ISO yang ingin anda pasang, atau setidaknya anda memiliki file ISO yang dipermasalahkan di komputer anda dan siap digunakan.

Jadi anda memiliki file ISO anda - DVD, software disc image, game, atau apapun dan anda ingin menjalankannya. Meskipun di masa lalu anda memerlukan software khusus untuk ini - mis. Daemon Tools, sekarang yang perlu anda lakukan adalah yang berikut.

1. Klik kanan file ISO dan klik Mount atau anda juga dapat mengklik doble pada file ISO.


2. Ketika anda melakukan ini, konten ISO itu harus segera terbuka dan muncul di Windows Explorer seperti di folder lama manapun. Sementara itu panel di sebelah kiri Windows Explorer di bawah dropdown This PC akan menampilkan ikon drive DVD/CD atau sejenis lainnya dengan nama ISO di sebelahnya.


Ini berarti file anda telah terpasang.

Jika, misalnya, ISO memiliki fungsi autoplay, maka anda dapat mengklik kanan ikon drive DVD dan Autoplay akan muncul. Demikian juga, jika gambar tersebut adalah direct DVD/movie image maka anda dapat mengklik kanan, dan anda akan mendapatkan opsi untuk memutarnya dengan software DVD pilihan anda. Anda tidak dibatasi hanya menjelajah file-file ISO.


Cara UnMount ISO File

Untuk setiap mount perlu ada unmount atau sesuatu untuk efek itu. Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, unmount pada dasarnya adalah hal yang sama seperti mengeluarkan disk anda dari drive dengan perbedaan tambahan bahwa seluruh drive menghilang dari PC anda ketika anda mengeluarkan. Melakukan ini adalah hal sederhana.

1. Klik kanan pada ikon drive DVD dan klik Eject.


2. Itu dia. File ISO yang anda mount sekarang akan hilang bersama dengan drive DVD virtual.


Kelebihan dari proses ini adalah anda dapat memasang lebih dari 10 file ISO secara bersamaan pada PC Windows anda, meskipun bagian This PC anda pasti akan terlihat berantakan karena hal itu. Jika anda ingin menjaga segalanya tetap rapi di Explorer anda, anda dapat unmount setelah anda menggunakannya.

Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda. Anda juga dapat merequest tutorial apa yang anda butuhkan dengan meninggalkan komentar anda dibawah. Terimakasih dan GBU.

Post a Comment for "Cara Mount dan Unmount ISO File di Windows"