Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Error 0x0000004E di Windows 10/11

 


Error 0x0000004E yang juga dikenal sebagai error PFN_LIST_CORRUPT biasanya disebabkan oleh kerusakan pada daftar Page Frame Number (PFN). Ini merupakan daftar yang digunakan oleh system operasi untuk melacak lokasi memory fisik yang terhubung dengan pagefile. Error yang juga disebabkan oleh masalah hardware atau software ini  dapat menyebabkan crash atau blue screen pada Windows 10 atau Windows 11.


Ketika masalah ini terjadi, anda akan melihat pesan error seperti berikut ini.

A problem has been detected and windows has been shut down to prevent damage to your computer.


PFN_LIST_CORRUPT


Technical information:

STOP: 0x0000004E (0x00000099, 0x000000A8, 0x00000000, 0x00000000)


Beginning dump of physical memory

Physical memory dump complete.

Contact your system administrator or technical support group for further assistance.



Error code 0x0000004E yang merupakan fatal Windows error ini adalah error blue screen yang menunjukkan masalah dengan daftar Page Frame Number (PFN). Ada beberapa alasan yang mungkin menjadi penyebab terjadinya masalah ini seperti kegagalan pada hard drive, konflik antar software dan driver yang out of date atau rusak, khususnya Volsnap.sys.



Memperbaiki Error 0x0000004E di Windows 10/11


Untuk memperbaiki error 0x0000004E pada PC Windows 10 atau Windows 11 anda, ikuti beberapa solusi berikut ini.



1. Gunakan Windows Memory Diagnostic Tool


Windows Memory Diagnostic Tool adalah sebuah utilitas bawaan pada system operasi Windows yang berguna untuk mengidentifikasi masalah memory yang dapat menyebabkan Blue Screen of Death (BSOD). Dengan menjalankan tool ini, anda dapat mendeteksi masalah aplikasi yang disebabkan oleh error memory atau faktor lainnya. Jadi, jalankan tool ini dan periksa apakah itu memperbaiki masalah ini di Windows 10 atau Windows 11 anda.




2. Jalankan SFC dan DISM


File system yang telah out of date atau rusak adalah salah satu alasan mengapa error 0x0000004E ini terjadi pada perangkat Windows anda. Jadi, untuk memperbaiki masalah ini, anda dapat menjalankan scan SFC dan DISM untuk memperbaikinya. Berikut adalah cara melakukannya.

  • Di jendela Command Prompt, masukan perintah berikut ini dan Enter untuk menjalankan perbaikan file system. Jika anda tidak dapat booting, ikuti langkah disini untuk menjalankan SFC.
sfc/scannow


  • Setelah anda selesai menjalankannya, restart komputer anda dan lihat, apakah error masih terjadi.
  • Jika error masih terjadi, maka buka kembali Command Prompt dengan hak admin, kemudian masukan perintah dibawah ini satu per satu sambil menekan Enter.
DISM /Online /Cleanup-Image /CheckHealth 
DISM /Online /Cleanup-Image /ScanHealth 
DISM /Online /Cleanup-Image /RestoreHealth


  • Setelah selesai, restart komputer anda.

Sekarang anda dapat memeriksanya kembali apakah error 0x0000004E ini sudah diperbaiki atau belum.


3. Update Driver Perangkat

Pastikan terlebih dahulu bahwa driver perangkat anda memang perlu diupdate. Anda dapat memeriksanya dengan membuka Device Manager dan melihat apakah ada tanda seru kuning atau tanda lain yang menunjukkan adanya masalah pada driver. Jika anda menemukan tanda seperti itu, maka anda perlu mengupdate driver perangkat anda. Ada beberapa cara yang dapat anda ikuti untuk mengupdate driver perangkat anda dan anda dapat mengikuti salah satu cara berikut ini.
  • Update driver anda melalui halaman Windows Update di jendela Settings.


Masalah ini diketahui terjadi karena driver Volume Shadow Copy (Volsnap.sys) dan menginstall Optional Updates dari jendela Settings dapat membantu anda.


4. Jalankan Scan CHKDSK

Check Disk atau ChkDsk adalah sebuah utilitas di Windows yang dapat menscan dan memperbaiki kerusakan pada disk. Jadi, jika anda mendapatkan error code 0x0000004E pada system Windows 10 atau Windows 11 anda, maka anda dapat menjalankan ChkDsk untuk membantu anda memperbaiki disk anda.



5. Uninstall Update Windows

Jika anda mengalami error 0x0000004E ini setelah anda melakukan update Windows, maka kemungkinan ada file update yang rusak atau korup yang terinstal bersamanya. Oleh karena itu, untuk memperbaiki error ble screen ini, menguninstall update Windows yang terbaru dapat membantu. Anda dapat mengikuti salah satu metode di artikel ini untuk menguninstall update Windows terbaru anda. Atau anda dapat mengikuti langkah-langkah dibawah ini.
  • Buka Control Panel dengan menekan tombol Win + R, kemudian ketik control dan tekan Enter.
  • Di jendela Control Panel, ubah View by ke Large/Small icons dan pilih Programs and Features.
  • Selanjutnya, klik View installed updates di panel kiri.
  • Di halaman berikutnya, anda akan menemukan daftar update Windows.
  • Pilih update Windows yang menyebabkan masalah atau yang ingin anda uninstall dan klik Uninstall.
  • Kemudian klik Yes di jendela konfirmasi untuk melanjutkan proses uninstall update.
  • Setelah proses uninstall selesai, anda perlu merestart komputer anda.



6. Lakukan System Restore

Jika tidak ada solusi diatas yang berhasil memperbaiki error 0x0000004E di komputer anda, maka melakukan System Restore bisa menjadi solusi yang berguna. System Restore akan memperbaiki lingkungan Windows dengan menginstall ulang file dan pengaturan yang disimpan di restore point. Namun, perlu diingat bahwa ini hanya dapat dilakukan jika sebelum masalah ini terjadi, anda telah membuat System Restore Point. Jadi jika anda belum melakukannya maka solusi terakhir anda adalah mereset PC anda.



Saya harap salah satu dari solusi ini membantu anda.

Sekian tutorial saya kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error 0x0000004E di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Memperbaiki Error 0x0000004E di Windows 10/11"