Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa itu Pagefile.sys di Windows dan Bagaimana Mengubahnya Untuk Keuntungan Anda


Pernahkah anda mendengar file Windows bernama pagefile.sys? Apakah seseorang pernah menyarankan anda untuk menonaktifkan pagefile? Mungkin anda menemukan file bernama pagefile.sys yang menghabiskan banyak ruang di drive system anda dan bahkan tidak memiliki petunjuk bagaimana itu menguntungkan anda. Dalam postingan ini saya akan memberitahu anda apa yang dilakukan pagefile.sys dan bagaimana hal itu dapat diubah untuk keuntungan anda.


Apa itu Pagefile.sys

Pagefile bertindak sebagai memory virtual pada hard drive anda dimana Windows mengalokasikan proses pasif dan aktif. Dalam kebanyakan kasus, RAM internal anda tidak siap untuk menangani semua beban aplikasi. Apa yang dilakukan Windows adalah mengalokasikan beberapa proses pasif (aplikasi yang diperkecil) - dan bahkan yang aktif jika RAM penuh - ke pagefile untuk menjaga proses tetap berjalan dan juga tidak memberi tekanan pada RAM yang sebenarnya. Setiap kali anda ingin bekerja pada program yang dipindahkan ke pagefile, Windows akan segera memindahkan prosesnya ke RAM dan membiarkan anda mengerjakannya. Semua proses pertukaran antara RAM dan pagefile ini dilakukan secara otomatis oleh Windows, dan memang Windows sangat baik dalam menjaga keseimbangan.

Sebagai contoh, ketika anda berpindah dari satu program ke program lain yang tidak sering digunakan, anda akan melihat sedikit keterlambatan sebelum program memaksimalkan antarmuka. Selama penundaan itu, Windows sebenarnya memindahkan proses program itu dari pagefile ke RAM karena memory hard drive tidak cukup cepat untuk memungkinkan anda bekerja pada program tersebut.

Singkatnya, pagefile bertindak sebagai memory cadangan yang membantu fokus aktual RAM pada apa yang penting dan membantu ketika kapasitas RAM menipis.


Haruskah Anda Menonaktifkan Pagefile?

Jawaban singkatnya adalah TIDAK!!!

Dan inilah penjelasannya. Ketika anda membuka suatu program, ia digunakan sebagian RAM. Ketika anda membuka semakin banyak program, RAM mulai terisi. Ketika RAM penuh, anda tidak akan dapat membuka lebih banyak program. Ketika anda mencoba untuk membuka program baru, itu hanya akan macet atau crash. Ini juga akan memengaruhi program yang sedang dibuka, yang juga menyebabkannya menjadi macet. Pada akhirnya, itu mungkin menyebabkan system menjadi tidak stabil dan crash dengan blue screen of death (BSoD) yang ditakuti.


Kapan Anda Dapat Menonaktifkan Pagefile?

Skenario di atas dapat dengan mudah dikurangi dengan menambahkan lebih banyak RAM ke system anda. Ketika anda memiliki jumlah RAM yang sangat besar (16GB atau lebih) dan penggunaan anda ringan dengan hanya beberapa aplikasi yang dibuka sekaligus, ini adalah saat anda dapat melakukannya tanpa pagefile dan menonaktifkannya secara permanen. Namun, perlu diingat bahwa ada kemungkinan bahwa suatu hari anda mungkin harus membuka beberapa aplikasi yang dapat menyebabkan system crash dan kehilangan data; selalu siap untuk itu dan backup system anda secara teratur.

Ketika anda menonaktifkan pagefile, ada dua hal baik terjadi. Hal pertama adalah anda akan menghemat ruang berharga pada hard drive anda yang digunakan oleh pagefile (dalam GB). Yang kedua adalah bahwa tidak akan ada penundaan antara perpindahan dari satu aplikasi ke aplikasi lain karena semua aplikasi sekarang ada dalam RAM dan siap digunakan kapan saja. Tolong anda jangan terlalu tertarik dengan keuntungan yang kedua ini, karena hanya untuk sedikit peningkatan kecepatan berakhir dengan pengorbanan besar jika anda tidak melakukan hal-hal dengan cara yang benar.


Cara Nonaktifkan Pagefile

Catatan: Saya menggunakan PC Windows 10 untuk demonstrasi. Namun, saya akan mencoba memberikan instruksi yang juga berfungsi pada Windows 8 dan Windows 7.
  • Tekan tombol Win + R untuk membuka kotak dialog Run, dan ketik sysdm.cpl di dalamnya dan tekan Enter atau OK untuk meluncurkan System Properties.
  • Pindah ke tab Advanced, dan klik Settings di bawah bagian Performance.
  • Di Performance Options pindah ke tab Advanced, dan kemudian klik tombol Change di bawah bagian Virtual memory.
  • Sekarang hapus ceklist pada kotak di sebelah Automatically manage paging file size of all drives, dan pilih opsi No paging file di bagian bawah. Klik Set di sebelahnya, dan restart PC untuk mengaktifkannya. Pagefile akan dinonaktifkan setelah restart, dan hanya RAM anda yang akan digunakan mulai sekarang.



Pindahkan atau Ubah Ukuran Pagefile

Jika ruang disk adalah satu-satunya alasan mengapa anda menonaktifkan pagefile, ada solusi yang dapat anda gunakan alih-alih menonaktifkannya sama sekali. Anda dapat memindahkan pagefile ke drive lain (atau drive fisik lain) dengan lebih banyak ruang atau mengubah ukurannya secara manual ke ukuran yang lebih kecil untuk membebaskan ruang disk.


Memahami apa yang dilakukan pagefile dan bagaimana anda dapat memanipulasi itu sangat penting bagi pengguna Windows. Jika anda kehabisan ruang hard disk, dan pagefile mengambil sebagian besar ruang itu, anda mungkin ingin mengubah atau menonaktifkannya sama sekali. Ingatlah bahwa jika anda menggunakan SSD, maka tidak akan ada banyak penundaan saat perpindahan dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya.

Jika anda memiliki pertanyaan atau ingin menambahkan informasi lebih lanjut tentang pagefile, cukup komentar di bawah ini. Terimakasih dan GBU.

Post a Comment for "Apa itu Pagefile.sys di Windows dan Bagaimana Mengubahnya Untuk Keuntungan Anda"