Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Error 0xa00f4250 Photo Capture Start Failed (0x00d3ea2) di Windows 10/11

 


Setiap komputer membutuhkan webcam karena berguna untuk mengambil gambar dan video. Beberapa orang menggunakannya untuk hal yang lebih penting yaitu untuk menghadiri video meeting di komputer mereka. Namun, pada PC Windows 10 dan dan Windows 11, aplikasi Camera sering mengalami sejumlah masalah, antara lain Camera Error 0xA00F4245 (0x80070005), Camera Error 0xA00F4291 Video Preview Start Failed, Camera Error 0xa00f4240 Unknown dan juga termasuk Camera Error 0xa00f4250<PhotoCaptureStartFailed>(0x00d3ea2).


Banyak pengguna Windows telah melaporkan Camera error 0xA00f4250<PhotoCaptureStartFailed>(0x00d3ea2) yang muncul saat menggunakan webcam di komputer mereka. Error ini disebabkan oleh kegagalan fungsi pada aplikasi Camera yang terutama disebabkan oleh driver Camera yang out of date atau rusak, adanya aplikasi yang bertentangan dan juga karena konfigurasi Camera yang salah. Untungnya, ada beberapa solusi yang dapat membantu anda untuk mengatasi masalah ini.




Memperbaiki Error 0xa00f4250 Photo Capture Start Failed (0x00d3ea2) di Windows 10/11


Jika anda membutuhkan cara untuk memperbaiki error 0xa00f4250<PhotoCaptureStartFailed>(0x00d3ea2) di komputer Windows 10 atau Windows 11 anda, maka beberapa solusi terbaik dibawah ini harus anda lakukan agar Camera anda kembali berfungsi dengan baik. Namun sebelum anda mencoba solusinya, anda harus mencoba merestart komputer anda dan melihat apakah itu memperbaiki masalah atau tidak. Ini karena dengan merestart, itu dapat membantu mengatasi masalah sementara terkait dengan konektivitas Camera. Jika itu tidak menyelesaikan masalah, maka anda harus menggunakan metode perbaikan berikut ini.



1. Update Aplikasi Camera


Menggunakan aplikasi Camera yang out of date dapat mengakibatkan error seperti ini di komputer Windows 10 atau Windows 11 anda yang mungkin telah mendapatkan perbaikan di versi terbaru aplikasi Camera. Karenanya, jika anda sudah lama tidak mengupdate aplikasi Camera, maka anda harus melakukannya dengan mengikuti langkah-langkah berikut dibawah ini.

  • Buka Microsoft Store di komputer.
  • Di jendela Microsoft Store, klik Library di panel kiri.
  • Sekarang, klik Get updates untuk melihat update yang tersedia.
  • Tunggu beberapa saat hingga Windows menemukan aplikasi yang perlu diupdate di komputer Windows 10 atau Windows 11 anda.
  • Setelah itu, Windows akan mengupdatenya secara otomatis.



Jika anda tidak ingin mengupdate beberapa aplikasi di komputer setelah Windows mendapatkan update di aplikasi Microsoft Store, anda cukup mengeklik menu tiga garis di depan aplikasi dan membatalkan update



2. Jalankan Camera Troubleshooter


Menjalankan Camera Troubleshooter dapat membantu anda memperbaiki masalah ini. Namun sayangnya, troubleshooter ini hanya tersedia di Settings Windows 11. Untuk menjalankannya, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I.
  • Di jendela Settings, klik System di panel kiri dan kemudian klik Troubleshooter di panel kanan.
  • Di halaman berikutnya di panel kanan, klik Other troubleshooters.
  • Setelah itu, temukan Camera dan klik Run yang ada disebelahnya.
  • Jendela troubleshooter akan terbuka dan mulai menscan system anda.
  • Jika ditemukan masalah, maka anda perlu mengikuti petunjuk yang di tampilkan untuk memperbaikinya.




3. Install Ulang Aplikasi Camera


Cara terbaik lain untuk memperbaiki error Camera ini adalah menguninstall aplikasi Camera dan menginstallnya kembali di komputer Windows 10 atau Windows 11 anda. Ini akan memberi aplikasi awal yang baru dan menyelesaikan masalah sebelumnya yang terjadi dengannya. Anda dapat menginstall ulang aplikasi bawaan Windows ini menggunakan PowerShell atau menggunakan Windows Package Manager. Anda juga dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini untuk menginstall ulang aplikasi Camera di PC Windows 10 atau Windows 11 anda.

  • Di jendela PowerShell, masukan perintah berikut dan tekan Enter untuk menguninstall aplikasi Camera.
Get-AppxPackage Microsoft.WindowsCamera | Remove-AppxPackage
  • Untuk menginstal ulang aplikasi Camera, masukan perintah berikut dibawah ke jendela Powershell dan tekan Enter.
Get-AppxPackage -allusers Microsoft.WindowsCamera | Foreach {Add-AppxPackage -DisableDevelopmentMode -Register $($_.InstallLocation)\AppXManifest.xml”}


Setelah itu, anda harus mencoba membuka aplikasi Camera dan melihat apakah itu berfungsi tanpa error atau tidak.

Sebagai alternatif, anda dapat menggunakan Settings Windows untuk menguninstall aplikasi Camera, kemudian mengunjungi Microsoft Store untuk mendownload dan menginstall aplikasai Camera di komputer anda.


4. Update Driver Camera

Komputer anda menggunakan driver Camera untuk berkomunikasi dengan hardware Camera di dalamnya. Error 0xA00f4250<PhotoCaptureStartFailed>(0x00d3ea2) mungkin disebabkan oleh bug pada driver Camera yang out of date yang menghambat koneksi fungsional antara komputer dan webam anda. Kemudian, anda disarankan untuk mengupdate driver Camera anda dengan menjalankan salah satu metode berikut ini.
  • Periksa Optional Updates di halaman WindowsUpdate. Jika ada, yang ditawarkan ke system anda, maka install itu.


5. Tutup Program Background yang Menggunakan Camera

Beberapa program yang berjalan di komputer anda mungkin menggunakan Camera dan itu mungkin menjadi penyebab error 0xA00f4250<PhotoCaptureStartFailed>(0x00d3ea2) ini. Oleh karena itu, anda harus menghentikan proses/aplikasi background yang anda tahu menggunakan Camera.



6. Perbaiki atau Reset Aplikasi Camera

Windows 10 dan Windows 11 memungkinkan anda untuk memperbaiki atau mereset aplikasi yang tidak berfungsi dengan benar di komputer anda. Oleh karena itu, jika error ini disebabkan oleh konfigurasi yang tidak tepat pada Camera anda, maka anda dapat memperbaiki aplikasi Camera di komputer anda dan jika tidak berhasil, anda dapat meresetnya untuk mengembalikannya ke pengaturan default. Ikuti langkah-langkah berikut dibawah ini untuk memperbaiki dan mereset aplikasi Camera.

Di Windows 10:
  • Tekan tombol Win + I untuk membuka Settings dan kemudian pilih Apps di jendela Settings.
  • Selanjutnya klik Apps & features di panel kiri.
  • Di panel kanan, klik Camera dan diikuti dengan mengklik Advanced options.
  • Di halaman berikutnya, gulir ke bagian Reset dan klik Reset untuk mereset aplikasi Camera anda. Sayangnya, opsi Repair untuk aplikasi Camera di Windows 10 tidak tersedia.


Di Windows 11:
  • Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I.
  • Di jendela Settings, klik Apps di panel kiri dan di panel kanan klik Installed Apps.
  • Di halaman berikutnya,  klik menu tiga titik yang ada di samping Camera dan pilih Advanced options.
  • Selanjutnya, dibawah bagian Reset, klik Repair untuk memperbaiki aplikasi Camera.
  • Tunggu hingga proses selesai.
  • Setelah itu, periksa apakah itu memperbaiki masalah. Jika tidak, maka jalankan Reset dari halaman yang sama untuk mereset aplikasi Camera.



7. Nonaktifkan Sementara Antivirus

Menonaktifkan software keamanan pihak ketiga dapat membantu memperbaiki error ini jika konflik antara aplikasi Camera dan software keamanan menyebabkannya. Oleh karena itu, anda harus menonaktifkan software antivirus apapun di komputer anda dan memeriksa apakah tindakan tersebut dapat mengatasi error Camera ini.

Cara termudah menonaktifkan software antivirus adalah dengan menemukan ikonnya di system tray di sebelah kanan Taskbar, kemudian klik kanan padanya dan pilih opsi untuk menonaktifkannya. Jika ini memperbaiki masalah, maka anda perlu mempertimbangkan untuk menguninstall antivirus anda dan menggantinya dengan antivirus yang lain atau menggunakan Windows Security.


8. Pecahkan Masalah di Clean Boot

Seringkali, beberapa proses atau service Windows yang berjalan di komputer anda menjadi penyebab masalah yang anda alami. Oleh karena itu, dengan melakukan Clean Boot, anda dapat memecahkan masalah ini. Dalam Clean Boot, anda akan menonaktifkan proses dan juga service untuk mengidentifikasi akar masalah dan mengetahui cara mengatasinya. Saat menggunakan Clean Boot, anda harus memastikan untuk merestart komputer anda setelah setiap langkah yang anda lakukan.



Sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error 0xa00f4250 Photo Capture Start Failed (0x00d3ea2) di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Memperbaiki Error 0xa00f4250 Photo Capture Start Failed (0x00d3ea2) di Windows 10/11"