Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Black Screen Setelah Update Windows

 


Microsoft merilis update Windows secara berkala untuk memperbaiki bug yang dilaporkan oleh pengguna dan menambahkan fitur keamanan baru ke system pengguna. Terkadang, update Windows baru juga dapat menyebabkan masalah. Salah satu masalah yang dilaporkan oleh beberapa pengguna adalah black screen atau layar hitam setelah menginstall update Windows. Saat anda mendownload dan menginstall update Windows, komputer anda harus direstart untuk menyelesaikan penginstalan update. Setelah instalasi berhasil dilakukan, anda tentunya dapat menggunakan komputer anda. Tetapi jika terjadi black screen, anda tentunya tidak akan dapat menggunakan komputer anda. Pada artikel ini, saya akan membagikan kepada anda cara memperbaiki masalah black screen setelah update Windows di komputer Windows 10 atau Windows 11 anda.


Penyebab Black Screen

Jika layar PC anda berwarna hitam, salah satu penyebabnya adalah karena driver display anda mungkin rusak. Anda harus mem-boot ke Safe Mode Windows dan mengupdate driver graphics anda dari sana. Penyebab lain dari masalah ini adalah file system image yang rusak. Juga, anda perlu memeriksa koneksi monitor anda. Mungkin juga kabel yang menghubungkan monitor anda rusak.


Jika anda melihat black screen setelah update Windows pada PC Windows 10 atau Windows 11 anda, maka anda akan berada dalam salah satu situasi berikut ini.

  • Black screen pada seluruh layar.
  • Black screen pada seluruh layar tetapi kursor mouse terlihat.
  • Black screen yang berkedip.


Dalam dua kasus pertama, anda harus memecahkan masalah komputer anda di Windows Recovery Environment atau di Safe Mode. Jika layar anda berkedip setelah menginstall update Windows, masalah anda mungkin terkait dengan driver display. Karenanya, mengupdatenya akan membantu.



Memperbaiki Black Screen Setelah Update Windows


Jika anda mengalami masalah black screen setelah update Windows di Windows 10 atau Windows 11 anda, maka anda dapat menggunakan beberapa solusi berikut ini untuk memperbaiki masalah ini.



1. Periksa Kabel Display Anda (untuk pengguna Desktop)


Jika anda adalah pengguna PC desktop, layar anda mungkin menampilkan black screen atau layar hitam karena koneksi kabel yang longgar atau kabel display yang rusak. Jadi, periksa koneksi kabel ke display anda. Anda dapat menggunakan kabel baru untuk menghubungkan monitor dengan CPU anda. Jika tersedia komputer lain, sambungkan monitor anda ke komputer tersebut. Ini akan memberitahu anda apakah masalahnya terkait dengan display anda atau tidak. Untuk ini, anda juga dapat menggunakan komputer teman anda.




2. Buka Penutupnya dan Tutup Kembali (untuk pengguna Laptop)


Pengguna laptop dapat mencoba ini. Anda perlu membuka penutup bagian bawah laptop anda dan lihat apakah display anda kembali. Kabel fleksibel lcd laptop yang mengalami tekanan dari penutup laptop juga dapat menimbulkan masalah ini. Jika display anda kembali, maka tutup kembali penutup bawah laptop anda dan jangan mengancingnya secara berlebihan.



3. Putuskan Sambungan Semua Hardware Eksternal


Terkadang, hardware yang rusak yang terhubung ke komputer anda dapat menyebabkan masalah ini. Anda dapat memeriksanya dengan melepaskan semua hardware eksternal anda. Setelah melepaskan semua hardware anda, matikan paksa komputer anda dengan menekan dan menahan tombol power. Setelah itu, tunggu beberapa menit dan nyalakan kembali komputer anda. Lihat apakah itu menyelesaikan masalah anda.



4. Gunakan Kombinasi Tombol untuk Mengaktifkan Display Anda


Di system operasi Microsoft Windows, anda dapat mengaktifkan display dengan menggunakan kombinasi tombol Win + Ctrl + Shift + B. Jadi, gunakan kombinasi tombol ini dan lihat apakah itu membantu mengembalikan display anda.



5. Perbaiki File System Anda


Salah satu kemungkinan penyebab masalah ini adalah kerusakan file system setelah update Windows. Dalam banyak kasus, update Windows membawa bug baru dan menyebabkan masalah pada komputer. Saya menyarankan anda memperbaiki file system di komputer anda. Untuk melakukannya, anda harus masuk ke Windows Recovery Environment.


Karena display anda berwarna hitam, maka anda harus mengganggu proses pengaktifan normal di Windows untuk masuk ke Recovery Environment. Untuk masuk ke Recovery Environment dan menjalankan perbaikan file system, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Tekan dan tahan tombol power untuk mematikan paksa komputer anda. Setelah itu, hidupkan lagi. Saat anda melihat logo Windows atau logo pabrikan komputer anda, segera tekan dan tahan tombol power kembali untuk mematikan paksa system anda kembali. Ulangi proses ini hingga anda melihat layar Automatic Repair.
  • Setelah itu, klik Advanced options di halaman Automatic Repair.
  • Selanjutnya pilih Troubleshoot.
  • Setelah itu, klik kembali Advanced options dan kemudian klik Command Prompt.
  • Di jendela Command Prompt yang muncul, anda akan melihat yang berikut ini.
x:\windows\system32>
  • Anda harus memilih drive tempat Windows anda diinstall. Dalam kebanyakan kasus, drive ini adalah drive C. Oleh karena itu, ketik perintah berikut dan tekan Enter.
C:
  • Sekarang, jalankan scan SFC dan kemudian jalankan juga scan DISM. Anda mungkin akan diminta untuk merestart komputer anda setelah menjalankan perintah SFC. Lakukan itu, kemudian masuk kembali ke Recovery Environment dan jalankan scan DISM.


  • Setelah selesai menjalankan keduanya, ketik exit di Command Prompt dan tekan Enter untuk menutupnya.
  • Sekarang, klik Continue untuk merestart komputer anda dan login ke Windows anda.


Langkah ini harus memperbaiki masalah jika penyebabnya adalah file system atau system image yang rusak.


5. Update Display Adapter Anda

Jika anda telah mencoba semua perbaikan di atas tetapi display anda masih menampilkan black screen, maka masalahnya mungkin terkait dengan driver display anda. Jadi, saya sarankan anda untuk mengupdate driver display anda.

Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut ini. Layar anda harus terlihat dalam Safe Mode.
  • Anda harus memulai komputer anda dalam Safe Mode melalui Windows Recovery Environment.
  • Setelah menginstall driver, restart komputer anda.

Masalah anda harus diperbaiki. Namun jika masalah ini jerjadi jika saat update Windows, itu juga menginstall driver display yang baru, maka anda perlu menguninstall driver display tersebut melalui command prompt di Safe Mode.


6. Uninstall Update Windows atau Lakukan System Restore

Anda dapat menguninstall update Windows jika solusi sebelumnya tidak memperbaiki masalah. Sekali lagi, anda harus masuk ke Windows Recovery Environment dan pergi ke layar Advanced Options dan pilih Uninstall Updates.


Jika uninstall update melalui Windows RE gagal atau tidak menyelesaikan masalah, maka anda dapat melakukan System Restore. System Restore adalah tool bawaan di komputer Windows yang membantu pengguna memulihkan komputer mereka ke kondisi kerja sebelumnya. Anda dapat menggunakan tool ini jika system anda mengalami masalah. Itulah mengapa disarankan agar System Restore diaktifkan di komputer anda. Saat diaktifkan, secara otomatis itu membuat restore point sehingga anda dapat menggunakannya untuk memulihkan system anda.


Catatan: Jika menguninstall update memperbaiki masalah anda, maka anda mungkin ingin menyembunyikan update yang bermasalah atau mencegah download dan install driver untuk sementara. Jika demikian, maka lakukan itu.


7. Reset PC Anda

Jika tidak ada solusi di atas yang berhasil untuk anda, maka mereset PC anda akan menjadi pilihan terakhir. Sekali lagi, anda harus menggunakan Windows Recovery Environment untuk mereset PC anda. Saat menggunakan opsi Reset this PC, anda perlu memilih opsi Keep my files jika anda tidak ingin menghapus data anda di drive system.



Semoga itu menyelesaikan masalah anda!

Sekian tutorial saya kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki black screen setelah update Windows di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Memperbaiki Black Screen Setelah Update Windows"