Memperbaiki Error 0x80240066 Microsoft Store Saat Install Aplikasi di Windows 10/11
Beberapa pengguna Windows 10 dan Windows 11gagal menginstall aplikasi dari Microsoft Store karena error code 0x80240066. Error ini juga dapat terjadi saat anda mencoba menginstall update untuk aplikasi dari Microsoft Store. Error ini tidak terkait dengan aplikasi tertentu dan anda mendapatkan error ini saat mendownload atau menginsall aplikasi apapun.
Alasan yang paling umum terjadinya error ini adalah koneksi internet yang tidak stabil. Oleh karena itu, sebelum anda melanjutkan ke solusi yang lainnya, ada baiknya anda memeriksa pengaturan network dan koneksi internet anda dan memperbaiki masalah yang terkait dengan network dan koneksi internet anda. Jika anda menggunakan WiFi, maka akan lebih baik jika anda menghubungkan system anda menggunakan kabel ethernet.
Error Microsoft Store juga terjadi karena file system yang hilang atau rusak. Oleh karena itu, anda perlu menjalankan scan SFC dan DISM untuk memperbaiki file system dan system image yang rusak (jika ada). Selain itu, anda juga harus memeriksa update Windows. Microsoft selalu menyarankan penggunanya untuk selalu mengupdate system mereka secara teratur agar system menjadi lebih aman dari sebelumnya dan menghilangkan segala kemungkinan error yang terjadi pada system. Saya juga menyarankan anda untuk memeriksa apakah tanggal dan waktu di system anda telah diatur dengan benar atau tidak.
Jika masalah masih muncul setelah melakukan perbaikan umum untuk Microsoft Store, gunakan solusi yang disediakan di bawah ini untuk memperbaiki error code 0x80240066 Microsoft Store saat menginstall aplikasi.
Memperbaiki Error 0x80240066 Microsoft Store Saat Install Aplikasi
Jika perbaikan dasar yang telah disebutkan diatas tidak membantu, maka anda dapat menggunakan beberapa solusi khusus yang disediakan dibawah ini untuk memperbaiki error code 0x80240066 Microsoft Store saat menginstall aplikasi.
1. Jalankan Windows Store Apps Troubleshooter
Windows Store Apps Troubleshooter dikembangkan untuk menyelesaikan masalah terkait dengan aplikasi Microsoft Store. Karena anda tidak dapat menginstall atau mengupdate aplikasi dari Microsoft Store, maka menjalankan Windows Store Apps Troubleshooter dapat menyelesaikan masalah anda. Untuk itu, ikuti langkah-langkah berikut ini untuk menjalankannya.
Di Windows 10:
- Untuk memulai, buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I dan kemudian pilih Update & Security di jendela Settings.
- Selanjutnya pilih Troubleshoot di panel kiri jendela Settings dan klik Additional Troubleshooters di panel kanan jendela.
- Di halaman berikutnya, klik pada Windows Store Apps dan kemudian klik Run the troubleshooter.
- Ini akan membuka jendela troubleshooter.
- Di jendela troubleshooter, ikuti petunjuk yang di tampilkan untuk menyelesaikan proses.
Di Windows 11:
- Tekan tombol Win + I untuk membuka Settings Windows.
- Di jendela Settings yang terbuka, klik System di panel kiri dan kemudian klik Troubleshoot di panel kanan.
- Selanjutnya klik Other troubleshooters di panel kanan.
- Di halaman berikutnya di panel kanan, klik Run yang ada di sebelah Windows Store Apps untuk membuka troubleshooter.
- Di jendela troubleshooter yang muncul, anda perlu mengikuti petunjuk yang di tampilkan.
- Troubleshooter akan menscan untuk menemukan masalah dan ia akan memperbaikinya secara otomatis.
Setelah anda selesai menjalankan troubleshooter, periksa kembali apakah masalah dapat di perbaiki atau error yang sama kembali muncul. Jika ya, maka lanjut ke solusi berikutnya.
2. Nonaktifkan Sementara Antivirus Anda
Terkadang, masalah ini terjadi karena antivirus anda, terutama antivirus pihak ketiga. Jika antivirus anda mencegah Microsoft Store menginstall aplikasi di komputer anda, maka anda tidak akan dapat menginstall maupun mengupdate aplikasi. Cara termudah untuk mengetahuinya adalah dengan menonaktifkan antivirus anda untuk sementara dan kemudian coba kembali install aplikasi dari Microsoft Store. Jika berhasil, maka anda perlu menambahkan aplikasi ke daftar pengecualian di pengaturan antivirus anda. Anda mungkin perlu membuka halaman website antivirus anda untuk mengetahui cara menambahkan aplikasi ke daftar pengecualian. Anda kemudian dapat mengaktifkan kembali antivirus anda setelah proses install atau update selesai.
3. Perbaiki atau Reset Microsoft Store
Mereset Microsoft Store akan menghapus file cachenya. Tindakan ini berguna jika anda mengalami masalah dengan Microsoft Store. Memperbaiki atau mereset aplikasi Microsoft Store dapat membantu anda memperbaiki masalah ini. Untuk itu, ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk melakukannya.
Di Windows 10:
- Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I dan pilih Apps di jendela Settings.
- Di halaman berikutnya, klik Apps & features di panel kiri.
- Di panel kanan, klik Microsoft Store dan kemudian klik Advanced options.
- Selanjutnya gulir kebawah ke bagian Reset. Kemudian, jalankan Reset terlebih dahulu untuk mengatur ulang aplikasi.
- Jika itu tidak berhasil memperbaiki masalah, anda perlu menjalankan Repair.
Di Windows 11:
- Tekan tombol Win + I untuk membuka Settings Windows.
- Di jendela Settings, klik Apps di panel kiri dan klik Installed apps di panel kanan.
- Di halaman berikutnya, klik menu tiga titik di samping Microsoft Store dan pilih Advanced options.
- Selanjutnya gulir ke bagian Reset dan jalankan opsi Reset. Ini akan mengatur ulang aplikasi.
- Jika masalah masih muncul setelah mereset aplikasi, jalankan Repair untuk memperbaiki aplikasi.
4. Install Ulang Aplikasi Menggunakan PowerShell
Ketika mereset dan memperbaiki aplikasi tidak menyelesaikan masalah, maka anda perlu menginstall ulang aplikasi apapun yang anda install dari Microsoft Strore dan itu termasuk aplikasi bawaan Windows. Anda dapat menguninstallnya menggunakan perintah Remove-AppxPackage dari PowerShell dan kemudian mendownload dan menginstallnya kembali melalui Microsoft Store.
Perhatikan bahwa menguninstall aplikasi bawaan, tidak dapat anda lakukan dari Settings Windows dan saat anda menguninstallnya, itu tidak menghapusnya sepenuhnya dari komputer anda. Jadi anda harus menjalankan perintah di PowerShell untuk menghapusnya secara penuh untuk menghindari error yang sama kembali terjadi.
5. Aktifkan ke Developer Mode
Secara default, Windows 10 atau Windows 11 tidak mengizinkan pengguna menginstall aplikasi dari sumber selain Microsoft Store. Jika anda ingin menginstall aplikasi dari sumber lain, maka anda dapat menggunakan PowerShell untuk hal yang sama. Namun sebelumnya, anda harus mengaktifkan fitur Sideloaded apps di Windows 10. Di sisi lain, di Windows 11, anda hanya perlu mengaktifkan Developer Mode untuk itu. Jika anda tidak dapat menginstall .Appx app package unsigned menggunakan PowerShell, saya sarankan anda mengaktifkan opsi ini.
Terkadang, Developer Mode menimbulkan masalah saat menginstal aplikasi dari Microsoft Store. Jika opsi ini sudah diaktifkan di system anda, error code 0x80240066 mungkin muncul karena ini. Oleh karena itu, menonaktifkan Developer Mode (di Windows 11) atau beralih dari aplikasi Sideloaded ke aplikasi Microsoft Store (di Windows 10) dan coba lagi. Ini seharusnya berhasil.
6. Lakukan System Restore
Sebagai solusi terakhir, saya juga menyarankan anda melakukan system restore dan melihat apakah itu membantu. System restore akan membawa system anda kembali ke kondisi kerja sebelumnya dengan menggunakan system restore point yang dibuat di system anda sebelum masalah ini terjadi. Saat melakukan tindakan ini, anda dapat memilih restore point sesuai tanggal pembuatannya.
Semoga berhasil untuk anda!
Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error 0x80240066 Microsoft Store saat install aplikasi di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!
Post a Comment for "Memperbaiki Error 0x80240066 Microsoft Store Saat Install Aplikasi di Windows 10/11"