Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memperbaiki Microsoft Store Error di Windows 10/11


Microsoft Store merupakanaplikasi wajib di Windows 10 dan Windows 11, namun ini bukanlan toko aplikasi yang paling populer di luar sana, dimana masih menisahkan bug, crash, dan kecenderungan untuk langsung tidak berfungsi. Namun didalamnya ada beberapa aplikasi bagus, apalagi jika anda seorang gamer, maka anda mungkin menemukan bahwa anda harus memiliki akses kesana untuk mendownload game dari Microsoft seperti  Forza Horizon 4 dan Gears of War 4.

Jadi bagus jika Microsoft Store berfungsi. Namun, jika Windows Store anda berhenti berfungsi atau error, berikut adalah perbaikan terbaik untuk membuatnya kembali aktif dan berjalan.


1. Perbaikan Dasar

Sebelum mendapatkan perbaikan yang tepat, ada daftar kecil hal-hal yang harus anda konfirmasikan sebelum anda melanjutkan:
  • Windows sudah diperbarui
  • UAC (User Account Control) diaktifkan
  • Driver Video Card / GPU anda sudah diperbarui
Jika semua ini sudah ada tetapi Microsoft Store anda masih tidak berfungsi, lanjutkan ke perbaikan berikut.


2. Ubah Waktu Komputer

Salah satu metode yang lebih efektif namun agak aneh dalam memecahkan error Microsoft Store adalah memastikan jam komputer anda akurat. Ketika Microsoft Store melakukan boot, ia mencoba untuk mendapatkan sinkronisasi antara waktu di Microsoft Store dan waktu di komputer anda. Jika kedua waktu ini berbeda, Microsoft Store terkadang akan menolak memuat. Ini sangat mengesalkan tetapi juga sangat mudah diperbaiki.

Di Windows 10:
  • Untuk memastikan up to date, klik kanan pada jam di taskbar dan klik Adjust date/time dari daftar.
  • Pertama,  nonaktifkan Set time automatically dengan mengklik tombol di bawahnya.
  • Setelah selesai memproses permintaan anda, aktifkan kembali. Ini akan memperbarui waktu sehingga paling akurat. Pastikan zona waktu anda disetel dengan benar juga.

Di Windows 11:
  • Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I.
  • Di jendela Settings, pilih Time & language di panel kiri dan klik Date & time di panel kanan.
  • Di halaman berikutnya, klik tombol di samping Set time automatically ke Off untuk menonaktifkannnya.
  • Setelah itu, klik kembali tombol di samping Set time automatically ke On untuk mengaktifkannya kembali.


Setelah selesai, coba buka Microsoft Store lagi dan lihat apakah crash tetap ada.


3. Tetapkan Diri Anda sebagai Pemilik Folder WindowsApps

Terkadang masalahnya terletak pada fakta bahwa anda tidak "memiliki" file WindowsApp di komputer anda. Ini mungkin tampak sedikit aneh, tetapi terkadang file dimodifikasi untuk tidak memungkinkan anda mengaksesnya, meskipun ada di komputer anda dan terkait dengan akun anda. Memberi ahu komputer untuk memberi anda kontrol penuh atas folder WindowsApp terkadang akan memungkinkan Store untuk melakukan tugasnya dengan benar.

Untuk melakukan ini, Anda perlu melakukan banyak tindakan berbasis keamanan di folder WindowsApps. Untungnya, saya telah memublikasikan panduan ini. Jadi silahkan anda baca cara mendapatkan akses ke folder WindowsApps di Windows 10/11.


4. Hapus Cache Microsoft Store

Perbaikan yang paling sederhana adalah mereset cache Microsoft Store yang mungkin menjadi berantakan dan buggy dari waktu ke waktu. Untuk melakukan ini, buka Run dengan menekan tombol Win + R, lalu di kotak Run ketik wsreset dan tekan Enter. Jendela command prompt akan muncul, yang menunjukkan bahwa Windows sedang mereset cache Store. Ketika jendela tertutup, pekerjaan selesai, sehingga anda dapat mencoba membuka Store lagi untuk melihat apakah berfungsi dengan benar.


5. Instal Ulang Microsoft Store

Ini mungkin tampak radikal, tetapi terkadang cara terbaik untuk memperbaiki error dengan Microsoft Store adalah menginstal ulang. Sayangnya, itu tidak sesederhana hanya dengan masuk ke daftar Apps and Features anda. Anda harus menguninstal aplikasi bawaan di Windows 10/11 secara khusus.

Jadi untuk meng-uninstall Microsoft Store, kita akan melakukannya melalui PowerShell. Ikuti langkah dibawa ini.
  • Pada pencarian Cortana, ketik PowerShell, klik Run as administrator. Atau klik kanan Start dan klik Windows PowerShell (Admin).
  • Di Powershell, ketik atau copas perintah get-appxpackage -allusers
  • Temukan entri untuk Microsoft.WindowsStore, dan copy informasi dalam baris PackageFullName ke clipboard.
  • Pada baris baru di Powershell, ketik remove-appxpackage diikuti oleh spasi, pastekan PackageFullName yang anda copy ke clipboard tadi.
  • Tekan Enter dan Microsoft Store akan hilang. Reboot PC anda.
  • Untuk menginstal ulang Microsoft Store, anda harus kembali ke Powershell sebagai admin dan ketik perintah berikut:

Post a Comment for "Cara Memperbaiki Microsoft Store Error di Windows 10/11"