Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Install File .appx di Windows 10/11


Dengan Windows 10, Microsoft memperkenalkan arsitektur baru yang disebut Universal Windows Platform (UWP) yang kemudian berlanjut ke Windows 11 dimana ini bertujuan untuk menyatukan pengalaman aplikasi di perangkat seperti desktop dan ponsel. Dengan demikian, semua aplikasi Universal Windows Platform baru menggunakan ".appx" atau ".appxbundle" sebagai format file mereka. Salah satu hal baik tentang aplikasi UWP adalah bahwa Windows mengelola semua proses instalasi dan uninstall sehingga anda tidak perlu khawatir tentang file sisa atau entri registry.

Umumnya, anda dapat mendownload aplikasi UWP langsung dari Windows Store. Namun, jika anda ingin, anda dapat langsung mendownload file .appx dari website pengembang dan menguploadnya di system anda. Berikut ini cara menginstall file .appx secara manual di Windows 10 atau Windows 11.


1. Aktifkan Sideloading Windows 10/11

Sebelum anda dapat menginstall atau melakukan unggah aplikasi Universal Windows Platform, sideloading harus diaktifkan pada Windows 10 atau Windows 11. Untungnya, sideloading diaktifkan secara default. Namun, lebih baik untuk memverifikasi dan mengaktifkan pengaturan Sideloading, karena mungkin dinonaktifkan oleh administrator atau organisasi anda.

Di Windows 10:
  • Untuk mengaktifkan sideloading, klik ikon Notifikasi di taskbar dan kemudian pilih opsi All Settings.
  • Setelah aplikasi Settings dibuka, klik opsi Update and Security. Disini, arahkan ke For Developers yang muncul di panel kiri.
  • Sekarang, anda hanya perlu mengaktifkan Developer Mode ke On di panel kanan dan klik Yes di jendela konfirmasi.


Di Windows 11:
  • Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I.
  • Di jendela Settings, klik opsi Privacy & security di panel kiri dan klik For developers di panel kanan.
  • Selanjutnya, aktifkan Developer Mode ke On di panel kanan dan klik Yes di jendela konfirmasi.


Anda sekarang telah berhasil mengaktifkan sideload di Windows 10 atau Windows 11.


2. Install File .appx Dengan Klik Dobel

Untuk mengesampingkan aplikasi UWP, cukup klik doble pada file .appx. Sebagai contoh, saya mengunduh file .appx dari aplikasi CrystalDiskMark UWP dan mengklik dua kali di atasnya.


Karena Windows menggunakan installernya sendiri, cukup klik tombol Install untuk memulai prosedur instalasi. Seperti yang dapat anda lihat dari gambar di bawah ini, Windows akan menunjukkan kepada anda kemampuan apa yang akan digunakan oleh aplikasi. Dalam kasus saya, aplikasi CrystalDiskMark akan dijalankan dengan kemampuan Full Trust Mode.


Setelah instalasi selesai, klik saja tombol Launch untuk meluncurkan aplikasi UWP yang diinstall.


Jika semuanya berjalan dengan baik, anda harus dapat menggunakan aplikasi seperti aplikasi UWP lainnya yang diinstall dari Windows Store.


Jika anda ingin, anda dapat menghapus aplikasi yang ditransfer seperti aplikasi lain dari Windows Store. Cukup temukan aplikasinya di Start menu, klik kanan padanya dan kemudian pilih opsi Uninstall dan anda siap untuk menggunakannya.



3. Install File .appx Melalui PowerShell

Sebagai alternatif, anda juga dapat menggunakan PowerShell untuk menginstall file .appx. Untuk memulai, cari PowerShell di Start menu, klik kanan padanya dan kemudian pilih opsi Run as Administrator. Anda juga dapat membuka Windows Terminal dengan hak admin dan pilih PowerShell.

Tindakan di atas akan meluncurkan PowerShell dengan hak administrator. Disini, arahkan ke lokasi file menggunakan perintah di bawah ini. Jangan lupa ganti c:\path\to\appx\file\directory dengan jalur direktori sebenarnya dari file .appx.

cd c:\path\to\appx\file\directory


Setelah menavigasi ke direktori yang diperlukan, gunakan perintah di bawah ini untuk menginstall file .appx. Sekali lagi, jangan lupa untuk mengganti file dengan nama file UWP yang sebenarnya.

Add-AppxPackage .\file.appx

Sebagai alternatif, anda juga dapat menggunakan perintah di bawah ini:

Add-AppxPackage -Path .\file.appx


Segera setelah anda menjalankan perintah, aplikasi akan diinstall. Anda tidak akan menerima pesan konfirmasi apapun di jendela PowerShell. Namun, anda dapat mencari aplikasi yang diinstall di Start menu dan membukanya.

Sekian. Berikan komentar di bawah ini untuk berbagi pemikiran dan pengalaman anda tentang menggunakan metode di atas. Semoga dapat membantu anda. GBU

Post a Comment for "Cara Install File .appx di Windows 10/11"