Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memperbaiki Error Blue Screen VIDEO MEMORY MANAGEMENT INTERNAL di Windows 10/11

 


Anda berada di halaman ini kemungkinan besar karena anda mengalami error blue screen VIDEO_MEMORY_MANAGEMENT_INTERNAL pada perangkat Windows 10 atau Windows 11 anda. Bug error yang memiliki value 0x0000010E biasanya terjadi saat startup Windows. Ini menunjukkan bahwa video memory manager mengalami kondisi yang tidak dapat dipulihkan.


Penyebab utama error ini muncul adalah karena driver video yang rusak atau driver yang tidak kompatibel dengan versi Windows anda saat ini. Terkadang driver perangkat mungkin salah konfigurasi, rusak, atau sudah ketinggalan zaman. Error ini juga dapat terjadi setelah update Windows atau penurunan versi Windows dari system yang lebih baru ke yang lebih lama.


Dalam artikel kali ini, saya akan segera mengidentifikasi penyebabnya serta memberikan solusi yang paling sesuai yang dapat anda coba untuk berhasil menyelesaikan masalah.



Memperbaiki Error VIDEO_MEMORY_MANAGEMENT_INTERNAL


Jika anda dihadapkan pada masalah ini, anda dapat mencoba solusi yang saya rekomendasikan di bawah ini tanpa urutan tertentu dan melihat apakah itu membantu menyelesaikan masalah.


Jika anda bisa masuk secara normal, maka itu bagus. Jika tidak, anda harus booting ke Safe Mode menggunakan Media Instalasi agar dapat menjalankan instruksi ini.



1. Menggunakan Blue Screen Troubleshooter


Saat mencoba memperbaiki error BSOD, anda dapat menjalankan Blue Screen Troubleshooter. Tools yang dirancang oleh Microsoft ini dapat dengan mudah membantu menyelesaikan masalah. Anda dapat membaca tutorial saya tentang cara menggunakan blue screen troubleshooter dari Microsoft di Windows 10/11 untuk mengikuti metode ini. Jika troubleshooter tidak dapat memperbaiki masalah, anda dapat mencoba solusi berikutnya.



2. Update Driver Video/Graphic


Seperti yang telah dijelaskan, error BSOD ini disebabkan oleh driver video yang berperilaku tidak semestinya. Dalam hal ini, anda dapat mengupdate driver anda secara manual melalui Device Manager, atau anda bisa mendapatkan update driver di bagian Optional Updates di bawah Windows Update.




Anda juga dapat mendownload driver video versi terbaru dari website pabrikan dan menginstallnya. Atau gunakan tools update driver untuk mendapatkan kemudahannya.


Jika anda menggunakan vga AMD, maka ada baiknya anda membaca tutorial saya tentang cara update driver vga AMD di Windows 10/11. dan jika anda menggunakan NVIDIA maka baca artikel saya tentang cara update driver VGA NVIDIA di Windows 10/11.



3. Jalankan Aplikasi dalam Compatibility Mode


Jika anda mengalami masalah ini saat mencoba menjalankan aplikasi yang diinstal pada perangkat Windows 10 atau Windows 11 anda, anda dapat mencoba menjalankan aplikasi itu dalam Compatibility Mode dan melihat apakah error BSOD muncul kembali.




Jika masalah masih belum terselesaikan, coba solusi berikutnya.



4. Jalankan Scan SFC


System File Checker (SFC) adalah utilitas bawaan Windows yang memungkinkan pengguna PC menscan dan memulihkan kerusakan di file system Windows.





5. Jalankan Scan DISM


Ketika komputer Windows 10 anda menghadapi masalah dengan startup, maka yang bertanggung jawab adalah performance atau error 'tak terduga' atau BSOD, dan salah satu hal pertama untuk memperbaikinya adalah menggunakan System File Checker, dimana ia akan mendeteksi dan mengganti file yang rusak atau hilang pada local image.


Namun, ada kalanya masalah berada lebih dalam di dalam image yang tidak dapat diperbaiki SFC. Dalam situasi ini, opsi terbaik berikutnya adalah menjalankan scan DISM untuk mencoba memperbaiki masalah yang mendasarinya.



6. Lakukan System Restore


Sebagai opsi terakhir, solusi ini mengharuskan anda untuk merestore system anda ke titik sebelumnya. Ini akan memulihkan sistem anda ke titik sebelumnya ketika system masih berfungsi dengan benar.




Metode perbaikan khusus di atas sebenarnya dapat mengatasi masalah anda, namun jika masih terus berlanjut maka anda dapat membaca tutorial saya lainnya tentang cara terbaik untuk memperbaiki error Blue Screen of Death di Windows 10/11 untuk mendapatkan metode lainnya.


Sekian tutorial kali ini. semoga dapat membantu anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini. Terimaksih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Cara Memperbaiki Error Blue Screen VIDEO MEMORY MANAGEMENT INTERNAL di Windows 10/11"