Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memperbaiki Show Desktop Tidak Berfungsi atau Hilang di Taskbar Windows 10/11

 


Terkadang, anda perlu melihat Desktop dengan cepat di Windows 10 atau Windows 11, tetapi anda tidak ingin meminimalkan atau menutup setiap jendela aplikasi yang terbuka atau memindahkannya dan kehilangan tata letaknya. Untungnya dengan tombol Show desktop memungkinkan anda melihat Desktop dengan cepat.


Tombol Show desktop terletak di sudut kanan bawah (tepat di sebelah ikon Action Center/Notification Center) di taskbar Windows 10 atau Windows 11. Menempatkan kursor mouse pada tombol tersebut membantu anda untuk mengintip desktop atau mempratinjau desktop dan mengklik tombol ini akan meminimalkan semua aplikasi dan folder yang terbuka ke taskbar dan anda kemudian dapat melihat desktop.


Jika tombol Show desktop di Taskbar Windows 10 atau Windows 11 anda hilang atau tidak berfungsi, maka artikel kali ini menunjukkan cara bagaimana anda dapat memperbaiki masalah tersebut.





Show Desktop Hilang atau Tidak Berfungsi


Tidak ada alasan khusus untuk masalah ini. Itu mungkin terjadi setelah anda mengupdate Windows 10 atau karena beberapa penyebab lainnya. Tetapi jika anda menghadapi masalah seperti itu, maka anda dapat mencoba beberapa tips bermanfaat dibawah ini untuk memperbaikinya.



1. Aktifkan Peek untuk Melihat Pratinjau Menggunakan Settings App


Jika anda menghadapi masalah ini, mungkin saja opsi Peek untuk melihat pratinjau desktop dinonaktifkan. Dalam hal ini, anda cukup mengakses pengaturan Taskbar di Settings Windows 10 atau Windows 11 dan mengaktifkan opsi tersebut. Ikuti langkah-langkah dibawah ini.


Di Windows 10:

  • Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I dan pilih Personalization di jendela Settings.
  • Di halaman berikutnya, pilih Taskbar di panel kiri.
  • Di panel kanan, aktifkan opsi Use Peek to Preview the desktop…..



Di Windows 11:

  • Tekan tombol Win + I untuk membuka Settings Windows.
  • Di jendela Settings, pilih Personalization di panel kiri dan klik Taskbar di panel kanan.
  • Di halaman berikutnya, perluas Taskbat behaviors.
  • Kemudian, beri ceklist pada opsi Select the far corner of the taskbar to show the desktop.



Setelah mengaturnya, sekarang tempatkan kursor mouse pada tombol Show desktop. Ini akan membantu anda mengintip desktop anda.



2. Nonaktifkan Tablet Mode


Windows 10 atau Windows 11 juga tidak akan menampilkan desktop jika Tablet mode diaktifkan. Jadi, anda perlu menonaktifkannya menggunakan langkah-langkah berikut ini.


Di Windows 10:

  • Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I.
  • Di jendela Settings, pilih System.
  • Selanjutnya, klik Tablet di panel kiri dan klik Change additional tablet settings.
  • Selanjutnya, nonaktifkan Tablet mode ke Off.



Atau anda juga dapat mengaktifkannya dari Action Center.

  • Buka Action Center dengan mengklik ikonnya yang tersedia di taskbar.
  • Klik pada opsi Expand untuk menampilkan fitur lainnya.
  • Klik pada opsi Tablet Mode untuk menonaktifkan atau mengaktifkannya.



Di Windows 11:

  • Tekan tombol Win + I untuk membuka Settings Windows.
  • Di jendela Settings, pilih System di panel kiri dan klik Display di panel kanan.
  • Di halaman berikutnya di panel kanan, anda dapat menemukan dua opsi yang bernama Display orientation dan Rotation lock.
  • Dimungkinkan untuk menonaktifkan rotasi layar otomatis di Windows 11 dengan mengaktifkan opsi Rotation lock.
  • Anda dapat memilih opsi yang sesuai dari menu Display orientation jika anda ingin menampilkan perangkat anda dalam Landscape atau Portrait mode.



Jika anda terjebak dalam Tablet Mode dan tidak dapat menonaktifkannya menggunakan metode ini, anda dapat menggunakan cara lainnya untuk menonaktifkan Tablet mode di Windows 10 atau Windows 11.



3. Restart File Explorer


Anda mungkin telah memperhatikan bahwa kadang-kadang Start menu, Taskbar, atau aplikasi lain menjadi tidak merespons, dan merestart File Explorer (atau Windows Explorer) membantu memperbaiki masalah tersebut.


Hal yang sama mungkin juga berfungsi untuk membuat tombol Show desktop berfungsi kembali. Jadi, coba restart File Explorer dan lihat apakah masalahnya sudah diperbaiki.

  • Buka Task Manager dengan menekan tombol Ctrl + Shift + Esc atau klik kanan taskbar dan pilih Task Manager.
  • Di Task Manager cari dan temukan Windows Explorer, kemudian klik kanan padanya dan pilih Restart.




4. Buat Shortcut Show Desktop


Anda dapat membuat shortcut baru dan menyematkannya ke taskbar. Untuk langkah-langkahnya saya akan membuat artikel secara terpisah. Jadi baca artikel saya tentang cara menambahkan tombol Show Desktop di taskbar Windows 10/11.



5. Daftarkan Ulang file DLL


Jika Aero Peek tidak berfungsi, buka pengaturan Taskbar dan pastikan bahwa opsi Use Peek to preview the desktop... dalam keadaan aktif.


Setelah itu anda dapat mendaftarkan ulang file DLL yang bersangkutan dan Restart PC anda. Baca artikel saya tentang cara register, re-register, unregister file DLL atau OCX di Windows 10/11 untuk mengetahui cara melakukannya.


Gunakan perintah dibawah ini untuk mendaftarkan ulang file DLLnya.

regsvr32 /i shell32.dll


6. Kembali ke Versi Windows 10/11 Sebelumnya

Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, masalah Show Desktop, tidak berfungsi ini mungkin juga terjadi setelah anda mengupdate Windows 10 atau Windows 11. Dalam hal ini, anda dapat kembali ke versi Windows 10/11 sebelumnya.

Namun, opsi ini hanya tersedia jika folder Windows.old (yang berisi salinan versi atau build Windows 10 atau Windows 11 sebelumnya) masih ada di PC anda dan PC anda diupdate kurang dari 10 hari.

Jadi, jika anda berada dapat situasi ini, anda mungkin perlu mencoba menguninstall update Windows yang baru anda lakukan.


7. Reset Windows 10/11

Pilihan lain untuk mengatasi error Show Desktop adalah dengan mereset Windows 10/11. Sebelum anda mereset PC, anda juga memiliki opsi untuk menguninstall semua aplikasi dan pengaturan dan menyimpan file anda atau menghapus semuanya termasuk file pribadi anda.


Hanya itu yang dapat anda lakukan. Anda dapat membaca artikel saya lainnya tentang cara memperbaiki taskbar tidak bekerja di Windows 10/11 atau cara mengubah ukuran ikon desktop, huruf dan item lainnya di Windows 10/11 dan masih banyak lainnya.

Sekian tutorial saya kali ini, semoga dapat membantu anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Cara Memperbaiki Show Desktop Tidak Berfungsi atau Hilang di Taskbar Windows 10/11"