Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menyematkan Folder Khusus ke Taskbar Windows


Taskbar Windows adalah area yang sangat berguna dan sebagai tempat anda dapat menyematkan aplikasi yang paling sering digunakan. Setelah menyematkan aplikasi favorit anda, anda dapat mengaksesnya dengan sekali klik, dan tidak perlu mencarinya di Start Menu. Dari semua aplikasi yang dapat anda sematkan ke taskbar, File Explorer biasanya merupakan aplikasi pertama dan terpenting yang disematkan karena menyediakan akses mudah ke system file Windows selain Microsoft Store, Edge, Search, Cortana yang secara default sudah ada sejak pertamakali anda menginstall Windows.

Meskipun anda dapat menyematkan File Explorer, anda tidak dapat secara langsung menyematkan folder yang paling sering anda gunakan atau Folder favorit seperti Downloads, Documents, Pictures, dll. Tentu saja, kita dapat menambahkan folder itu ke Jump List, tetapi tidak akan semudah menyematkannya ke taskbar.

Dan berikut adalah cara sederhana untuk menyematkan folder khusus anda ke taskbar untuk mempermudah anda mengaksesnya.


Sematkan Folder Khusus ke Taskbar Windows

Meskipun tidak mudah, sangat mudah untuk menyematkan folder ke taskbar. Yang harus anda lakukan adalah membuat shortcut khusus dan kemudian menambahkannya ke taskbar.
  • Untuk memulai, klik kanan pada desktop anda dan pilih opsi New - Shortcut.
  • Tindakan di atas akan membuka jendela Create Shortcut. Disini kita perlu menambahkan path folder untuk membuat shortcut. Klik tombol Browse untuk memilih folder.
  • Temukan dan pilih folder yang ingin anda buat shortcut dan klik tombol OK.
  • Di jendela utama anda akan melihat bahwa path folder ditambahkan. Di bidang path tambahkan explorer di awal path seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini. Klik tombol Next untuk melanjutkan.
  • Masukkan nama shortcut dan klik Finish untuk menyelesaikan prosedur.
  • Sekarang cukup drag and drop shortcut yang baru saja dibuat ke taskbar.


Segera setelah anda drag and drop, folder khusus anda akan disematkan ke taskbar. Cukup klik ikonnya, dan folder target anda akan diluncurkan. Tidak akan ada lagi bolak-balik di File Explorer untuk mencapai folder yang anda inginkan.


Mengganti Icon Untuk Membedakan Folder

Jika anda memiliki beberapa folder yang ingin anda sematkan ke taskbar, maka memiliki ikon File Explorer default yang sama untuk semua folder anda dapat membingungkan. Dalam situasi tersebut anda perlu mengubah ikon sehingga mudah untuk membedakan satu folder dari yang lainnya.
  • Untuk menambahkan ikon khusus klik kanan pada shortcut yang baru dibuat dan pilih Properties.
  • Di jendela folder properties klik pada tombol Change Icon.
  • Tindakan di atas akan membuka jendela Change Icon. Disini, pilih ikon yang anda inginkan dari ikon yang ditampilkan dan klik tombol OK. Jika anda tidak menyukai ikon yang ditampilkan, anda dapat menambahkan ikon anda sendiri.
  • Untuk menambahkan ikon khusus anda, download ikon pilihan anda dalam format ICO. Jika anda sudah memiliki gambar dalam tapi masih dalam format lain, maka konversikan ke format ICO menggunakan web tool gratis ini. Setelah anda memiliki ikonnya, klik tombol Browse dan pilih ikonnya, lalu klik tombol OK.
  • Setelah anda menyimpan perubahan, ikon akan diterapkan.
  • Sama seperti sebelumnya, drag and drop ke taskbar, dan itu akan disematkan ke taskbar.


Jika suatu saat anda ingin menghilangkan folder khusus tersebut dari taskbar maka anda hanya klik kanan pada ikon di taskbar dan pilih Unpin from taskbar. Ikon anda pun hilang dari taskbar.


Sangat mudah untuk melakukannya. Berikan komentar anda di bawah ini untuk membagikan pemikiran dan pengalaman anda tentang menggunakan metode di atas untuk menyematkan folder khusus ke taskbar Windows. Terimakasih dan GBU.

Post a Comment for "Cara Menyematkan Folder Khusus ke Taskbar Windows"