Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memperbaiki Taskbar Tidak Berfungsi di Windows 10/11


Taskbar adalah salah satu fitur paling penting dan lazim di desktop Windows 10 dan Windows 11 anda. Anda dapat menyebutnya sebagai "Start bar" yang secara teknis merupakan kesalahan. Tapi jangan khawatir, saya mengerti.

Ketika taskbar berhenti berfungsi, itu benar-benar menghambat pengalaman Windows 10 atau Windows 11 anda dan bisa terasa sangat membatasi. Jadi saya telah mencari banyak perbaikan untuk taskbar yang salah untuk membantu anda.


1. Buat Tweak Registry

Perbaikan ini melibatkan pembuatan perubahan kecil di registry key di folder WpnUserService.

  • Untuk melakukan ini, buka Editor Registry Editor. Anda cukup mengetik regedit di pencarian Cortana atau tekan Win + R.
  • Klik search bar di bagian atas jendela registry editor, kemudian masukkan alamat berikut dan tekan Enter untuk mencapai key target dengan cepat.

HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\WpnUserService


  • Dari sini, di panel di sebelah kanan, klik dua kali DWORD "Start," ubah value datanya menjadi 4, lalu klik OK.
  • Restart PC anda, dan lihat apakah taskbar anda kembali normal.


2. Pindahkan Semuanya ke Akun Baru

Solusi lain yang populer - meskipun lebih radikal - disini adalah membuat akun administrator baru, dan jika semuanya berjalan baik dengan itu, pindahkan semua bagian dari direktori pribadi anda ke sana.

Pertama, letakkan semua file pribadi anda dari akun yang bermasalah di tempat yang aman dimana mereka tidak akan dihapus. Setelah anda selesai melakukannya, hapus akun yang bermasalah, dan buat yang baru menggunakan detail yang sama.

  • Untuk membuat akun admin baru, tekan Win + I untuk membuka Settings. Kemudian pergi ke Accounts - Family & other people - Add someone else to this PC. Ikuti instruksi untuk membuat akun.


  • Setelah anda membuat akun, di bawah judul Family & other people, klik akun baru tersebut dan klik Change account type, lalu pilih Administrator di menu drop-down.


Masuk ke akun baru tadi, pindahkan semua file pribadi anda dari tempat yang aman, dan selamat menikmati!


3. Nonaktifkan Services atau Layanan Pihak Ketiga

Yang ini membutuhkan waktu agak lama untuk diselesaikan, tetapi ini akan membantu anda mengetahui apakah aplikasi pihak ketiga benar-benar dapat membuat anda kesulitan. Tekan Win + R, lalu ketik msconfig ke dalam kotak Run.

Selanjutnya, klik tab Services, Nonaktifkan beberapa layanan non-Microsoft dengan menghilangkan ceklist pada kotak, lalu reboot PC Anda. Beri ceklist pada Hide all Microsoft services untuk menyembunyikan layanan dari Microsoft. Jika anda sudah reboot, apakah taskbar berfungsi sekarang? Jika tidak, maka kembali ke jendela msconfig (dan tab Services), aktifkan kembali layanan yang anda nonaktifkan, dan nonaktifkan beberapa layanan non-Microsoft lainnya, kemudian reboot PC anda kembali, dan periksa lagi taskbar anda.


Terus ulangi prosedur ini sampai semoga taskbar anda mulai bekerja kembali. Setelah berhasil, aktifkan kembali setiap layanan satu per satu hingga berhenti berfungsi lagi. Pada titik itu, anda telah menemukan layanan pelakunya! Nonaktifkan lagi layanan tersebut, dan anda dapat menggunakan PC anda dengan tenang.


4. Daftarkan ulang Aplikasi di Powershell

Banyak aplikasi Microsoft yang sulit dimasukkan ke dalam OS dan dapat memiliki semua jenis efek aneh dan tak terduga pada Windows 10 atau Windows 11. Satu sisi yang tidak diinginkan. Efeknya bisa komponen desktop yang salah, seperti Taskbar.

  • Untuk memperbaikinya, klik kanan tombol Start atau tekan tombol Win + X dan klik Windows PowerShell (Admin), atau ketik PowerShell di pencarian Cortana lalu pilih opsi Run as Administrator.


  • Selanjutnya, masukkan perintah berikut dibawah ini dan tekan Enter:

Get-AppXPackage -AllUsers | Foreach {Add-AppxPackage -DisableDevelopmentMode -Register "$($_.InstallLocation)\AppXManifest.xml"}

  • Setelah proses selesai, reboot PC anda, dan semoga Taskbar anda akan kembali beraksi.

Ada banyak alasan mengapa taskbar Windows tidak berfungsi, dan solusinya tidak selalu jelas. Jika hal di atas tidak bekerja untuk anda, dan anda berhasil menemukan solusi alternatif lainnya, bagikan dengan saya dan lainnya di kolom komentar dibawah ini.

Anda juga dapat membaca artikel saya yang menyangkut taskbar di Cara Memperbaiki Masalah Taskbar Not Hiding di Windows 10/11. Terimakasih atas kunjungan anda dan semoga blog ini dapat membantu persoalan anda. GBU

Post a Comment for "Cara Memperbaiki Taskbar Tidak Berfungsi di Windows 10/11"