Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengubah Ukuran Ikon Desktop, Huruf dan Item Lainnya di Windows 10/11


Di blog ini, saya telah menulis beberapa panduan dasar dalam mengatur tampilan Windows anda, seperti cara mengganti wallpaper pada Windows 10/11 yang tidak diaktifasi atau cara mengubah ikon tiles di start menu. Kali ini saya akan mengajarkan bagaimana cara untuk mengubah ukuran ikon desktop, huruf, dan juga beberapa item tampilan lainnya di Windows 10 atau Windows 11.

Dalam pengaturan default di Windows 10 atau Windows 11, ukuran ikon file Windows dan teks disesuaikan dengan dengan dimensi layar monitor anda dan ketika anda mengubah ukurannya pun, mereka akan mempertahankan dimensi yang sama seperti tampilan defaultnya.

Tanpa memperpanjang kata, kita langsung saja mempersonalisasikan pengaturan tampilan Windows 10 atau Windows 11 anda dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini dan menerapkan perubahan yang anda lakukan.


Ubah Ukuran Ikon Desktop

Untuk mengubah ukuran ikon desktop maupun di folder Windows 10 atau Windows 11, klik kanan pada ruang kosong dan pilih View - pilih ukuran menu ikon yang anda inginkan.

Untuk pengguna laptop, anda tidak perlu melampaui Large icons karena anda pasti akan tidak merasa nyaman dengan ukurannya. Namun, jika anda monitor sekunder lainnya, silahkan anda menggunakan Extra large icons.


Extra large icons memang menampilkan item dengan jelas tetapi itu akan membuat anda lebih sibuk untuk menskroll mouse anda dalam mencari item file anda.

Anda juga dapat mengubah ukuran ikon dengan menahan tombol Ctrl dan memutar roda pada mouse anda secara perlahan. Item akan diperbesar atau diperkecil secara otomatis.

Yang harus anda ketahui adalah penerapan perubahan yang anda lakukan tersebut, hanya berlaku untuk folder tersebut bukan untuk folder lainnya. Jadi jika anda ingin menerapkannya ke folder lainnya maka lakukan hal yang sama setelah membuka folder tersebut.


Mengubah Tampilan Start Menu

Untuk mengubah ukuran tampilan Start menu  Windows 10, anda dapat mengklik Start menu dan arahkan mouse anda ke bagian pinggir hingga tanda panah muncul. Selanjutnya klik kiri dan tahan, kemudian seret untuk memperbesar atau mengecilkan area tampilan. Untuk grup kolom, otomatis akan di atur ke 1/2/3 grup kolom, sementara baris sesuai keinginan anda.


Untuk mengubah ukuran ikon aplikasi Start menu, anda dapat mengklik kanan setiap aplikasi dan pilih Resize kemudian pilih ukuran ikonnya.



Mengubah Huruf dan Ukurannya

Mengubah jenis huruf dan juga ukurannya merupakan hal yang terpisah di Windows 10 ini. Jika pada Windows XP atau Windows 7 kita dapat dengan mudah mengganti huruf dan ukurannya secara mudah baik itu di menu konteks klik kanan, dialog box atau bahkan huruf pada file explorer, itu kita tidak akan temukan di Windows 10 atau Windows 11. Jadi mari kita pisahkan antara keduanya.

Untuk mengubah ukuran huruf default di Windows 10 atau Windows 11, ikuti langkah dibawah ini.
  • Buka Settings dengan menekan tombol Win + I dan pilih Ease of Access.
  • Disini, anda dapat melihat tombol slider tampilan teks yang secara default diatur pada 100%. Geser slidernya sambil melihat sampel ukuran teksnya di dalam kotak.
  • Jika anda merasa nyaman pada ukuran hurufnya, silahkan klik Apply.
  • Ukuran huruf pilihan anda akan diterapkan pada system Windows anda secara keseluruan.
  • Apabila anda ingin memperbesar huruf yang diimbangi dengan aplikasi maka anda dapat menggunakan opsi Make Everything Bigger.  Pilihannya hanya ada satu yakni 125%. Jika anda memilihnya maka, tampilan aplikasi akan di perbesar yang diikuti dengan huruf yang juga semakin besar.

Sementara untuk mengubah huruf, sayangnya di Windows 10 atau Windows 11 tidak menyiapkan opsi ini. Satu-satunya opsi mengubah huruf adalah dengan mengubah huruf pada system Windows. Untuk melakukannya anda dapat membaca tutorial saya lainnya tentang cara mengganti font default di Windows 10 atau Windows 11.

Ada alternatif lain untuk mengubah huruf pada item lainnya seperti pada konteks menu, dialog box dan lainnya. Namun itu membutuhkan edit pada registry. Jadi saya akan menulisnya di artikel terpisah.


Ubah Item dan Tampilan Taskbar

Untuk mengubah ukuran item Taskbar di Windows 10, ikuti langkahnya dibawah ini.
  • Klik kanan di ruang kosong Taskbar dan pilih Taskbar settings.
  • Disini, secara default, opsi Small taskbar buttons dimatikan. Klik padanya untuk memperkecil ukuran Taskbar beserta ikon yang tersemat padanya.


Seperti yang anda lihat, item taskbar akan berukuran lebih kecil dan yang paling mencolok adalah Search hanya meninggalkan ikonnya tanpa kotak pengetikan.

Sementara untuk mengubah ukuran taskbar di Windows 10, ikuti langkah dibawah dan untuk mengubah ukuran Taskbar di Windows 11, anda dapat membacanya disini.
  • Klik kanan di ruang kosong Taskbar dan klik Lock the taskbar untuk membuka penguncian pada taskbar.
  • Setelah itu letakan kursor di pinggirnya hingga terlihat ikon panah.
  • Klik kiri padanya dan seret taskbar ke atas untuk memperbesarnya.
  • Anda kemudian dapat menambahkan lebih banyak item pada taskbar.
  • Untuk memindahkan taskbar kesisi lainnya, klik kiri padanya dan seret ke sisi yang anda sukai dan letakan disana.
  • Setelah melakukan perubahan, jangan lupa untuk menguncinya kembali dengan mengklik kanan padanya dan pilih Lock the taskbar (ceklist padanya terlihat).

Sebagai tambahan, jika anda menginginkan agar tampilan desktop anda bersih dari segala jenis ikon, maka anda dapat melakukannya. Klik kanan pada dekstop anda dan pilih View, kemudian hilangkan ceklist pada Show desktop icons. Semua ikon akan disembunyikan dari desktop, bukan dihapus, jadi anda tidak perlu khawatir tentang itu. Lakukan hal yang sama untuk menampilkan kembali ikon.



Disamping pengaturan untuk mengubah jenis huruf pada item tertentu yang telah dihilangkan di Windows 10 atau Windows 11, semua pengaturan diatas dapat anda lakukan untuk kenyamanan ataupun mempercantik Windows anda. Ini adalah pengaturan dasar yang dapat anda terapkan dengan mudah. Jika anda menginginkan pengaturan tampilan Windows 10 atau Windows 11 lainnya, anda dapat meninggalkan komentar anda dibawah. Mungkin saya melewatkan pengaturan lainnya. Terimakasih dan GBU

Post a Comment for "Cara Mengubah Ukuran Ikon Desktop, Huruf dan Item Lainnya di Windows 10/11"