Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengganti Ikon Aplikasi di Start Menu Windows 10


Di Windows 10 anda dapat menyematkan aplikasi yang diinstal dan pengaturan lainnya ke Start Menu. Start Menu Windows 10 mendukung empat ukuran tile yang berbeda - small, medium, wide dan large. Secara umum, Windows 10 akan mengambil ikon dari aplikasi target dan menampilkannya di tile. Walaupun terlihat mudah, namun Windows 10 tidak menyediakan cara mudah untuk menyesuaikan ukuran ikon tile dengan cepat atau sepenuhnya mengubah ikon yang muncul di tile. Namun jika anda ingin menyesuaikan atau mengubah ikon tile, artikel ini akan mengajarkan kepada anda bagaimana caranya.


Kustomisasi Ikon Tile Start Menu Windows 10

Untuk mengkustomisasi ikon tile Start menu Windows 10, kita akan menggunakan aplikasi gratis dan portabel yang disebut TileIconifier. Buka GitHub dan download file tersebut.

Setelah didownload, ekstrak konten file zip ke folder apapun pilihan anda dan jalankan aplikasinya.


Segera setelah anda membuka aplikasi, ia akan menscan system anda dan menampilkan semua aplikasi. Dengan memilih aplikasi di panel kiri, anda dapat melihat ikon yang sesuai di panel kanan. Selain itu, anda juga akan menemukan semua kontrol yang diperlukan untuk menyesuaikan ikon tile di panel kiri.

Untuk mengubah ikon tile, pilih aplikasi dari panel kiri dan klik tombol Change Image atau klik doble kotak ikon yang muncul di panel kanan. Dalam kasus saya, saya ingin mengubah ikon tile DroidCam client.


Tindakan di atas akan membuka jendela Icon Selector. Disini anda akan melihat semua ikon yang terkait dengan aplikasi. Jika anda ingin menggunakan ikon khusus, pilih tombol Use Custom Image.


Sekarang, klik tombol Browse dan pilih ikon khusus anda. Dalam kasus saya, saya telah mendownload ikon khusus untuk DroidCam client dan memilihnya.

Setelah memilih ikon khusus, klik tombol OK yang muncul di bagian bawah jendela.

Tindakan di atas akan membawa anda ke jendela utama. Disini anda juga dapat menyesuaikan warna latar belakang tile dengan memilih warna dari menu drop-down di bawah bagian Background Color. Dalam kasus saya, saya telah memilih warna hijau toska.


Setelah anda selesai dengan semuanya, klik tombol Tile Iconify untuk menyimpan perubahan dan menerapkannya.

Dengan tindakan di atas, ikon tile akan diubah secara instan, dan anda dapat melihat perubahan di Start menu.


Jika menurut anda ukuran ikon tile terlalu besar atau terlalu kecil, anda dapat memodifikasinya juga. Dalam kasus saya ukuran ikon terlalu besar. Untuk mengubah ukuran ikon, cukup klik tombol Zoom Out atau Zoom In di sebelah pengaturan Medium icon atau Small icon dan klik tombol Tile Iconify untuk menyimpan perubahan.


Dengan tindakan di atas, anda telah berhasil mengubah ukuran ikon tile di Start menu Windows 10.

Jika anda ingin kembali ke ikon awal, pilih aplikasi dari daftar, dan klik tombol Remove Iconify maka ikon anda akan kembali seperti semula.


Sangat mudah bukan! Sekarang jika anda ingin mempercantik tampilan ikon tile Start menu Windows 10 anda, anda dapat mendownload ikon-ikon kesukaan anda dan mengganti ikon tilenya sesuai dengan selera anda.

Sekian tutorial kali ini, semoga membantu anda. Berikan komentar anda di bawah ini untuk membagikan pemikiran dan pengalaman anda tentang penggunaan TileIconifer untuk mengubah dan menyesuaikan ikon tile di Start menu Windows 10. Terimakasih dan GBU.

Post a Comment for "Cara Mengganti Ikon Aplikasi di Start Menu Windows 10"