Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memperbaiki Icon Taskbar Windows Taskbar Tidak Berfungsi

 


Windows Taskbar telah berkembang seiring waktu, dan di Windows 10 atau Windows 11, ia menawarkan banyak fitur, termasuk Action Center di Windows 10 atau Notification Center di Windows 11 dan banyak aplikasi dan ikon yang disematkan padanya. Ini berfungsi sebagai peluncur yang lebih baik dibandingkan dengan Start menu. Jika ikon atau tombol yang diklik tidak berfungsi seperti yang diharapkan, itu akan mengganggu.


Pada artikel lainnya saya telah menulis tentang cara memperbaiki taskbar tidak bekerja di Windows 10/11. Di artikel tersebut memberikan anda solusi akhir jika terjadi masalah serius dengan taskbar Windows anda. Namun sebelum anda kesana, artikel ini akan membagikan beberapa tips khusus untuk memperbaiki masalah ini jika ikon atau tombol yang diklik tidak berfungsi.



Ikon atau Tombol Windows Taskbar Tidak Berfungsi


Ikuti solusi berikut untuk memperbaiki masalah taskbar Windows anda. Anda memerlukan izin admin untuk menjalankan solusi yang dibawah ini. Ikuti tips ini jika tidak ada ikon yang berfungsi dan setelah merestart system tidak memperbaikinya.



1. Restart File Explorer


Taskbar, Start menu dan semua UI yang anda lihat adalah bagian dari explorer. Buka Task Manajer dan kemudian temukan Windows Explorer. Klik kanan, lalu matikan. Windows akan secara otomatis memulai exeplorer.exe, tetapi jika tidak maka ikuti langkah-langkah yang disebutkan di bawah ini.

  • Tekan tombol Ctrl + Shift + Esc untuk membuka Task Manager.
  • Kemudian di jendela Task Manager, klik File dan pilih Run new Task.



  • Kemudian ketik explorer.exe dan klik OK.



Ini akan merestart Explorer dan anda akan melihat semuanya kembali dan responsif. Atau anda juga dapat menambahkan perintah di bawah ini ke file batch dan menjalankannya dengan izin admin. Baca DISINI untuk membuat dan menjalankan file batch.

@echo off
taskkill /f /IM explorer.exe
game.exe
Start explorer.exe

Ini secara otomatis akan mematikan explorer dan kemudian merestartnya. Setelah selesai, coba klik ikon, dan itu akan berfungsi.


2. Jalankan SFC dan DISM

Perintah System File Checker (SFC) dan Deployment Image Servicing and Management (DISM) dapat membantu anda memperbaiki file system yang rusak. Jika ada kerusakan yang menyebabkan Taskbar bertindak berbeda, maka kedua tool tersebut akan membantu anda memperbaikinya.



Jika ada masalah, maka itu akan diperbaiki. Setelah selesai, Taskbar akan merespons seperti yang diharapkan.


3. Reset Taskbar Menggunakan PowerShell

Jika tidak ada solusi di atas yang bekerja untuk anda, maka anda dapat mencoba solusi dibawah ini untuk memperbaiki aplikasi Windows melalui PowerShell. Proses untuk melakukannya mirip dengan tools DISM di Command Prompt.
  • Buka PowerShell dengan hak admin dengan menekan tombol Win + X dan pilih Windows PowerShell (Admin). Di Windows 11, anda perlu menggunakan Search Windows untuk menemukan dan membukanya. Atau anda dapat membuka Windows Terminal dengan hak admin dan memilih PowerShell.
  • Di jendela PowerShell, masukan perintah dibawah ini dan tekan Enter.
Get-AppXPackage | Foreach {Add-AppxPackage -DisableDevelopmentMode -Register "$($_.InstallLocation)\AppXManifest.xml"}
  • Jika PowerShell kemudian menunjukkan error, itu mungkin karena package instalasi gagal karena resource yang hendak ubah sedang digunakan. Untuk mengatasi ini, pengguna dapat melakukan clean boot (lihat solusi 4) dan mencoba menjalankan lagi perintah ini.


4. Pecahkan Masalah dalam Clean Boot

Clean Boot digunakan untuk mendiagnosis dan kemudian memecahkan masalah dengan system anda. Selama Clean Boot, kita memulai system dengan sejumlah kecil driver dan program startup yang membantu mengisolasi penyebabnya dari software yang mengganggu.



Setelah anda boot dalam Clean Boot State, aktifkan proses demi proses satu per satu dan lihat proses mana yang membuat masalah muncul. Dengan demikian anda dapat menemukan pelakunya.



Sekian tutorial kali ini, semoga membantu anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Cara Memperbaiki Icon Taskbar Windows Taskbar Tidak Berfungsi"