Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuka Banyak Program Sekaligus Dengan Satu Shortcut di Windows 10/11



Ingin mempelajari tips sederhana yang menghemat waktu anda selama 2 detik? Saya akan menunjukkan kepada anda cara membuka beberapa program dengan menggunakan satu shortcut. Beberapa aplikasi berjalan bersama secara alami. Misalnya, Steam dan Raptr, Winamp dan Last.fm, MS-Word dan Photoshop dan lainnya.


Tergantung pada apa yang anda lakukan pada PC anda, anda tahu bahwa anda selalu menggunakan dua atau lebih program secara bersamaan saat berada di dekat komputer anda. Setelah membaca tutorial ini, anda akan mempelajari cara menggabungkan aplikasi yang anda inginkan untuk diluncurkan saat anda mengklik dobel pada sebuah shortcut.


Untuk menggunakannya, saya akan mengkategorikan prosesnya menjadi tiga langkah mudah yang dapat anda tempuh. Ikuti langkah-langkahnya dibawah ini.



1. Dapatkan Jalur Target Program


Langkah pertama untuk membuka beberapa program dengan satu shortcut adalah mendapatkan jalur target dari semua program. Berikut cara menemukan jalur program anda.

  • Buka Search Windows dan cari program anda. Ketika aplikasi muncul di hasil pencarian, klik kanan padanya atau pilih opsi pilih opsi Open file location.


  • Ini membawa anda ke direktori tempat file aplikasi yang dapat dijalankan berada.


  • Klik kanan pada shortcut .exe dan pilih opsi Properties. Di jendela Properties, alihkan ke tab Shortcut.


  • Kemudian copy semua yang ada di bidang Target dan pastekan di Notepad dengan format di bawah ini dan tekan Enter.

cd "jalur lengkap program"

  • Setelah itu masukkan start, tekan spasi dan nama dengan ekstensi file. Nama dan ekstensi file selalu menjadi bagian terakhir dari jalur yang anda masukan di langkah sebelumnya. Letaknya setelah garis miring terakhir (\). Start meluncurkan file yang dapat dieksekusi.

start "nama program.exe"


Lakukan langkah-langkah di atas untuk semua program yang ingin anda buka dengan sebuah shortcut. Tekan Enter setelah masing-masing jalur aplikasi dimasukan. Anda dapat menambahkan program sesuai keinginan anda.

Setelah memasukan semuanya dengan benar, maka tampilan pada notepad anda terlihat seperti gambar dibawah ini.





2. Membuat File Batch

Dengan jalur aplikasi yang disimpan di Notepad anda, anda sekarang harus membuat file batch tempat kita dapat menjalankan kedua program sekaligus.

Buka notepad tempat anda menyimpan jalur semua aplikasi yang ingin anda buka dengan satu klik. Ubah konten catatan anda dengan mengikuti panduan di bawah ini.
  • Tambahkan @echo off di bagian atas catatan di notepad. Dengan ini, perintah tidak akan ditampilkan di Command Prompt saat menjalankan file batch.
  • Tambahkan exit di bagian bawah catatan untuk keluar dari file batch setelah menjalankan file batch.

Konten pada notepad anda sekarang akan terlihat seperti gambar dibawah ini



Skrip di atas adalah contoh yang dilakukan untuk memulai Video Converter dan VLC secara bersamaan.

  • Terakhir, klik File pada notepad anda dan pilih Save as.


  • Di jendela save as, dibagian File name, tambahkan ekstensi .bat di akhir nama file, sedangkan di Save as type pilih All Files. Klik Save untuk menyimpannya.


Perhatikan dimana anda menyimpan file batch anda. Anda harus menuju ke file batch ini saat membuat shortcut di langkah berikutnya.



3. Buat Shortcut dengan File Batch

  • Luncurkan File Explorer dan buka direktori dimana anda menyimpan shortcut yang membuka banyak aplikasi. Anda juga dapat membuat shortcut di desktop anda. Klik kanan pada ruang kosong dan pilih New - Shortcut dari menu konteks.


  • Masukkan jalur ke file batch yang baru dibuat di bagian Type the location of the item field. Atau, tekan Browse untuk menemukan file tersebut. Setelah mendapatkan lokasinya, klik tombol Next di bawah.


  • Beri nama shortcut anda dan tekan tombol Finish.



Hanya itu yang diperlukan. Saat mengklik dobel pada shortcut baru anda tersebut, komputer anda akan membuka semua program yang shortcutnya ada di file batch tersebut.



Anda juga dapat mengganti ikokn untuk shortcut tersebut. Klik kanan shortcut dan pilih Properties. Kemudian klik tab Customize dan klik Change Icon. Kemudian pilih ikonnya dan klik OK.




Sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat untuk anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Cara Membuka Banyak Program Sekaligus Dengan Satu Shortcut di Windows 10/11"