Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memindahkan Banyak File Menggunakan File Batch di Windows 10/11


Mengatur dan memindahkan file di komputer anda bisa menghabiskan banyak waktu. Di Windows 10 atau Windows 11, memindahkan beberapa file atau subfolder ke folder tujuan lain dengan cepat dapat menggunakan file batch (.bat). Dengan ini, anda dapat menentukan properti file .bat tersebut terlebih dahulu dan nantinya anda dapat mentransfer file dengan mudah.

File .bat adalah rahasia dari Windows yang terkenal namun jarang digunakan, dimanan file ini dapat menjalankan berbagai jenis perintah dengan hasil yang dapat ditindaklanjuti.

Pada artikel kali ini saya akan membantu anda untuk membuat file batch terbaru di Windows 10 atau Windows 11 dari awal. Saya juga akan menunjukkan cara memanfaatkan file .bat untuk memindahkan file dari sumber apapun ke folder tujuan.


Membuat File Batch dari Awal

Anda dapat membuat file .bat di folder Windows 10 atau Windows 11 pilihan anda. Untuk membuatnya dari awal, cukup buka folder tujuan pilihan anda, klik kanan dan pilih New - Text Document untuk mbuat file .txt baru.


Setelah file Notepad dibuat, ubah nama ekstensi dari .txt menjadi .bat.

Abaikan pesan peringatan "..., the file might become unusable" karena perubahan ekstensi nama file. Klik Yes untuk melanjutkan. File batch kosong sekarang telah dibuat tanpa konten.


File .bat terlihat jelas di folder. Itu dapat dihapus, dicopy-paste, diganti namanya, dan ditransfer ke folder lain dimanapun.




Gunakan File Batch untuk Membuat Folder dan Subfolder

Anda dapat menggunakan file .bat untuk membuat folder dan subfolder terpisah yang konten dan propertinya tetap terhubung ke file .bat. Tidak peduli ke lokasi mana anda memindahkan file .bat, folder dan subfolder akan mengikuti. Konten apapun yang disimpan dalam folder ini dapat dipindahkan dengan memindahkan file Master .bat.

Klik kanan file .bat yang dibuat dan pilih Edit untuk mengedit menggunakan Notepad. Masukkan yang berikut dibawah ini untuk membuat folder menggunakan nama folder.


@echo off
md FolderName1 FolderName2..."Folder Name3"

Tujuan dari @echo off adalah untuk menonaktifkan tampilan command prompt. Dengan cara ini anda tidak perlu berurusan dengan command prompt, meskipun terhubung secara internal ke proses file .bat. Jika nama folder anda harus mengandung spasi, letakkan di dalam tanda kutip. Setelah itu simpan file dan keluar dari Notepad.


Segera setelah anda mengklik file .bat, ini akan menjalankan perintah untuk membuat folder baru.


Untuk membuat subfolder di folder apapun, ubah kode di atas seperti yang ditunjukkan dibawah ini. Simpan file dan keluar dari Notepad.

md FolderName/SubFolder1 FolderName/SubFolder2...



Pindahkan File dari Satu Folder ke Yang Lain Menggunakan File Batch

Anda dapat menggunakan file .bat untuk memindahkan file dari folder apa saja di Windows 10 atau Windows 11 ke folder tujuan pilihan anda. Yang anda butuhkan adalah jalur folder yang tepat untuk menyelesaikan transfer. Cara terbaik untuk mengetahui jalur folder adalah klik kanan dan pilih Properties diikuti dengan melihat bagian Location.


Seperti yang ditunjukkan disini, saya akan memindahkan semua konten TESS01 ke TIPSORIAL. Perintahnya adalah sebagai berikut:

move Source-Folder-Path*.* Destination-Folder-Path


Disini, *. * adalah wildcard yang memberitahu Windows 10 untuk menyalin semua file di folder sumber. Jika ada bagian dari path folder yang memiliki nama folder dengan spasi, anda harus menyertakannya dalam tanda kutip.

Setelah memasukan path dengan benar, simpan file dan keluar dari Notepad. Path selalu ditutup dengan \, jika tidak anda tidak akan memindahkan file.

Semua konten dari satu folder akan dipindahkan ke folder lainnya dengan mengklik file .bat. Folder sumber tidak akan dihapus tetapi tidak akan menyisakan file.


Jika anda hanya ingin memindahkan file tertentu, kode dapat sedikit dimodifikasi seperti yang ditunjukkan di bawah ini.

move Source-Folder-PathFile Name1, File Name2*.* Destination-Folder-Path


Jika anda hanya ingin memindahkan jenis file tertentu di antara folder, misalnya, file JPG, ubah kode seperti yang ditunjukkan di bawah ini.

move Source-Folder-Path*.file_type Destination-Folder-Path



Dalam tutorial ini anda telah belajar bagaiman cara membuat file batch dari awal dan memindahkan file atau folder dari satu folder ke folder lainnya. Setiap kali anda mengklik file .bat tersebut, itu akan memindahkan konten di lokasi target. Ini sangat mudah!

Jika anda menginginkan cara lainnya, anda dapat membaca tutorial saya tentang cara mudah menyalin banyak file dengan cepat di Windows.

Sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat untuk anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Cara Memindahkan Banyak File Menggunakan File Batch di Windows 10/11"