Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mudah Menyalin Banyak File Dengan Cepat di Windows


Windows telah berkembang jauh sebagai sebuah system operasi, tetapi menyalin file dari satu lokasi ke lokasi lain adalah satu aspek yang terus mengecewakan. Meskipun mengcopy/mempaste file umumnya baik-baik saja, ketika anda berurusan dengan sejumlah besar file, seluruh operasi akan menjadi lemah. Windows 10 dapat memberi anda indikasi grafis konstan tentang kecepatan penyalinan saat ini; sebenarnya, itu dimulai dengan cepat tetapi kemudian secara bertahap naik dan turun secara bertahap.

Jika anda menyalin file besar secara teratur, system transfer file bawaan di Windows lambat dan membutuhkan banyak waktu untuk memindahkan file. Untungnya, anda dapat mempermudah proses dengan beberapa metode alternatif yang dapat membantu memindahkan dan menyalin file anda lebih cepat.


1. Robocopy (Robust File Copy)

Ini adalah tools bawaan di Windows. Anda dapat menemukannya di Command Prompt.  Tools ini menawarkan lebih banyak daya ketika anda perlu menjalankan proses penyalinan file berulang dan/atau rumit. Itu membuatnya lebih mudah dan lebih cepat, terutama melalui network.

Untuk menggunakan Robocopy, klik Search bar, ketik cmd dan klik Command Prompt dari hasil pencarian. Anda juga dapat menggunakan Windows PowerShell.


Setelah Command Prompt atau PowerShell terbuka, masukan dan jalankan perintah dibawah ini dan tekan Enter untuk akan mendapatkan instruksi berdasarkan pada parameter penyalinan yang anda inginkan.

robocopy /?


Jika anda ingin melakukan proses penyalinan yang sama secara teratur, anda dapat membuat file batch dan klik dua kali untuk menjalankan atau mengatur skrip untuk dijalankan melalui Task Scheduler sebagai proses otomatis.


2. Upgrade Hardware Drives

Hardware Drive memainkan peran besar dalam menentukan seberapa cepat proses penyalinan terjadi. Solid state drive (SSD) lebih cepat dari HDD yang lebih lama, sehingga anda bisa mendapatkan SSD untuk mesin anda untuk penyalinan yang lebih cepat.


Hal yang sama berlaku ketika menyalin dari atau ke drive eksternal. Jika anda menggunakan flash drive dengan USB 2.0 atau HDD eksternal yang lebih lama, kecepatan transfer akan sangat lambat. Ganti dengan drive USB 3.0 yang lebih modern yang mendukung transfer data lebih cepat.


3. Aplikasi Penyalin File

Meskipun metode di atas adalah cara sederhana menyalin file besar di Windows, anda bisa mendapatkan kecepatan yang lebih baik daripada yang ditawarkan Windows dengan menggunakan aplikasi penyalinan. Ada beberapa opsi di pasaran, tetapi yang paling populer adalah TeraCopy, yang algoritmanya menyesuaikan buffer secara dinamis untuk mengurangi waktu pencarian dan mempercepat operasi penyalinan.


Terlebih lagi, aplikasi memverifikasi file untuk memastikan mereka sepenuhnya identik, dan bahkan memperingatkan anda jika anda membuat kesalahan ketika memindahkan file hanya agar anda yakin akan tindakannya.

Memiliki antarmuka yang bagus, terintegrasi dengan Windows, dan diperbarui secara aktif. Ia juga melakukan penyalinan asinkron, yang mempercepat transfer file antara dua hard drive.

TeraCopy juga secara cerdas melewatkan file yang bermasalah sehingga anda dapat memeriksanya nanti, tanpa menghentikan seluruh transfer.


4. Lakukan Kompres File Anda di Langkah Pertama

Ini dapat bekerja saat memindahkan banyak file kecil dengan mengarsipkannya melalui WinRAR atau 7zip untuk rasio kompresi yang lebih baik. Diperlukan beberapa menit untuk mengompres file anda, dan sekarang Aanda hanya memiliki satu file besar yang disalin dengan sangat cepat.



Dengan salah satu metode ini, anda dapat memindahkan file jauh lebih cepat daripada proses Windows yang biasa dilakukan, tetapi aplikasi penyalinan pasti akan membuat proses tersebut kurang membuat frustrasi dan lebih efektif.

Saya senang mendengar masukan tentang cara lain apa yang anda gunakan yang berfungsi saat menyalin file besar. Ceritakan pada saya dan yang lainnya di kolom komentar di bawah ini. Terimakasih dan GBU.

Post a Comment for "Cara Mudah Menyalin Banyak File Dengan Cepat di Windows"