Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatur Start Scheduled Tasks dengan Penundaan di Windows


Sebagian besar dari anda tahu bahwa anda dapat menggunakan Task Scheduler untuk meluncurkan berbagai program atau skrip dan membuat mereka melakukan berbagai hal, tetapi apakah anda tahu bahwa anda sebenarnya dapat menunda pelaksanaan Task Scheduler?

Kemampuan untuk menunda eksekusi tugas di Task Scheduler sangat berguna. Sebagai contoh, pada sistem Windows saya program startup seperti OneDrive, AntiVirus, BackUp and Sync, iTunes dan lainnya. Seperti yang dapat anda tebak, semua program startup ini meningkatkan waktu startup Windows. Biasanya, untuk PC saya, waktu startup adalah antara 25 hingga 35 detik.

Saya dapat menonaktifkan beberapa item startup untuk meningkatkan waktu startup. Namun, saya ingin program ini dimulai secara otomatis. Untuk meningkatkan waktu startup, apa yang saya lakukan adalah menonaktifkan beberapa item startup melalui task manager, menambahkan program-program tersebut ke Task Scheduler dan mengkonfigurasinya untuk meluncurkannya dengan penundaan pada setiap startup sistem. Dengan menunda peluncuran program startup yang tidak begitu penting menggunakan Task Scheduler, saya dapat mengurangi waktu startup hingga di bawah lima belas detik. Itu lebih dari peningkatan empat puluh persen tanpa kehilangan fungsi apa pun.

Itu hanya satu kasus penggunaan untuk satu skenario tertentu.

Mari kita cari tahu bagaimana anda dapat menunda Scheduled Tasks dalam Task Scheduler di Windows.


Mulai Scheduled Tasks dengan Penundaan di Startup

Meskipun saya menunjukkan ini untuk Windows 10, metode yang sama juga berfungsi pada Windows 7 dan 8.

Task Scheduler memiliki opsi yang tepat dan memudahkan memulai tugas dengan penundaan di Windows. Namun, opsi untuk menunda tugas adalah dalam Advanced settings, dan pengaturan tersebut tidak tersedia di wizard pembuatan tugas dasar. Untuk mengakses Advanced settings, anda harus menggunakan wizard pembuatan tugas normal.

1. Pertama, cari Task Scheduler di Start Menu. Setelah terbuka, pilih Task Scheduler Library di panel kiri, dan klik opsi Create Task yang muncul di panel kanan.


2. Pada tab General masukkan nama dan deskripsi yang benar. Jika tugas membutuhkan hak akses administratif, pilih beri ceklist pada kotak Run with highest privileges.


3. Kita perlu menciptakan pemicu. Untuk itu, pergi ke tab Triggers dan klik New.


4. Pilih pemicu dari menu drop-down. Karena saya ingin memulai program dengan startup yang tertunda, maka saya memilih opsi At Startup. Anda dapat memilih pemicu lain yang anda inginkan. Fungsionalitas penundaan tersedia untuk semua pemicu kecuali pemicu on idle.

5. Setelah memilih event, beri ceklist pada kotak Delay task for, dan pilih jumlah menit dari menu drop-down. Dalam kasus saya, saya menunda peluncuran program untuk 15 menit setelah memulai sistem. Klik OK untuk melanjutkan.


6. Sekarang, pergi ke tab Actions dan klik New.

7. Pilih Action. Dalam kasus saya ini adalah Start a Program. Pilih program dengan mengklik tombol Browse. Jika program membutuhkan argumen tambahan, anda dapat memasukkannya di bidang Add Arguments. Klik OK untuk melanjutkan.


8. (Opsional) Jika anda menggunakan laptop, anda mungkin ingin memulai tugas hanya ketika menggunakan daya AC. Jika itu masalahnya, buka tab Conditions dan beri ceklist pada kotak Start the task only if the computer is on AC power.


9. Anda dapat meninggalkan tab Settings apa adanya. Klik tombol OK untuk menyelesaikan proses task creation.

10. Akhirnya, untuk memverifikasi apakah task berjalan dengan benar, klik kanan pada itu di jendela utama Task Scheduler dan pilih opsi Run. Jika tidak ada kesalahan, task harusnya berjalan seketika.


Dari sekarang ini task yang baru saja anda buat akan berjalan dengan penundaan sesuai dengan pengaturan anda. Karena saya memilih untuk menunda task saat startup, itu akan berjalan lima belas menit setelah memulai sistem.

Nah, selesai sudah postingan kali ini. Sekarang anda dapat mecobanya sendiri. Semoga berhasil. Jika anda mempunyai pertanyaan atau ingin berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini, silahkan tinggalkan komentar anda. Terimakasih dan GBU.

Post a Comment for "Cara Mengatur Start Scheduled Tasks dengan Penundaan di Windows"