Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bisakah Anda Terus Menggunakan Windows 7 pada 2020?


Windows 7 memang telah berakhir pada Januari 2020 lalu. Namun banyak pengguna Windows 7 di segmen desktop/laptop masih menggunakannya hingga saat ini. Alasan utama dari pengguna adalah karena kompatibilitasnya yang sangat baik dengan aplikasi lama. Banyak pengguna ingin terus menggunakan sofware lama yang mereka sukai.

Selama bertahun-tahun, Windows 7 telah membangun reputasinya sebagai versi Windows yang stabil dan sangat andal dan menjadi cukup populer bagi sebagian besar pengguna desktop dan laptop. Dan seiring telah berakhirnya dukungan dari Microsoft untuk Windows 7, bisakah anda terus menggunakan Windows 7 di masa depan?

Untuk menjawab pertanyaan ini, kita akan melihat aspek-aspek berbeda dari penggunaan Windows 7 setelah berakhirnya dukungan dari Microsoft. Topik menarik ini termasuk apakah Microsoft telah mengumumkan update terbaru tentang masalah ini, dan apakah Windows 7 yang ketinggalan jaman masih secara teknis aman. Jika tidak, apa solusi yang mungkin untuk memastikan kelancaran operasi di masa depan? Saya juga akan memeriksa apakah Windows 7 yang tidak mendapatkan dukungan dapat menjalankan aplikasi software yang ada dengan lancar.


Update Terbaru Tentang Dukungan Windows 7

Untuk semua maksud dan tujuan, Microsoft telah menutup toko untuk Windows 7 untuk selamanya sejak 14 Januari 2020. Itu berarti tidak akan ada dukungan teknis untuk setiap masalah, update software, atau security patch. Dengan demikian, Microsoft memperingatkan pengguna untuk segera mengupgrade ke Windows 10 atau system mereka akan mendapat masalah keamanan dan performa.

Namun kenyataannya, mengingat besarnya volume pengguna yang tersisa, beberapa edisi Windows 7 memiliki lebih banyak peluang. Mereka yang "sudah terdaftar" dalam program Microsoft Extended Security Update (ESU) yang terdiri dari Windows 7 Professional, Enterprise, Server, dan langganan lainnya yang lebih tinggi, akan terus mendapatkan update keamanan hingga setidaknya 12 Januari 2021 (mungkin hingga 2023). Hanya pengguna ini yang dapat mendownload update terbaru tersebut dengan nama KB4556843 lewat link ini.


Saat artikel ini diterbitkan, semua edisi Windows 7 Starter, Home Basic, Home Premium, dan Ultimate tidak lagi menikmati dukungan resmi dari Microsoft.


Apakah Windows 7 Secara Teknis Aman?

Jika anda adalah pengguna Windows 7 non-ESU, lebih baik untuk bermigrasi ke Windows 10. Meskipun Windows 7 tidak akan berhenti bekerja di komputer anda, kurangnya dukungan Microsoft berarti anda tidak akan lagi mendapatkan security patch. Hal ini membuat komputer anda tidak akan aman secara teknis mirip dengan Windows Vista, XP, dan system yang lebih tua lainnya.

Seiring berjalannya waktu, para hacker akan menargetkan komputer-komputer yang belum bermigrasi ke Windows 10. Dengan kata lain, keamanan komputer Windows 7 anda hanya dapat dilindungi oleh anda sendiri.


Penanganan Masalah Keamanan di Windows 7

Jika anda ingin terus menggunakan Windows 7 sekarang meskipun ada peringatan, anda perlu mengembangkan keahlian anda sendiri untuk menjaga system tetap aman dan sehat. Anda diharuskan untuk mengetahui cara mengoperasikan firewall dan software antivirus dan menerapkan keamanan Internet anda sendiri.


Semua yang anda butuhkan untuk memperbaiki masalah keamanan Windows 7 anda dapat diakses dari fitur Action Center. Untuk mengaktifkannya, buka Start menu atau buka ujung kanan taskbar. Disini anda dapat mengaktifkan firewall dan virus protection.

Anda dapat membeli software antivirus yang tercantum di website resmi Microsoft. Beberapa dari mereka, seperti Avira yang sepenuhnya bebas untuk digunakan. Pastikan juga Windows Defender anda selalu terupdate. Dibutuhkan update sederhana yang membutuhkan waktu beberapa menit.


Pada Windows 7, Windows Defender saat ini telah digantikan oleh Microsoft Security Essentials (asalkan anda sudah mengupdatenya). Itu tidak berjalan pada Windows 8 dan versi yang lebih baru. Anda juga dapat mengaktifkan keamanan Internet, perlindungan akun pengguna, dan fitur lainnya, jika nyaman. Semua opsi ini tersedia dari Action Center. Besarnya RAM yang layak juga diperlukan untuk menjalankan dengan lancar begitu banyak fitur keamanan.


Penanganan Masalah Performa di Windows 7

Karena Microsoft tidak lagi mengupdate system anda, maka anda harus secara berkala memeriksanya untuk performance. Windows 7 menyediakan tools praktis yang disebut Windows Experience Index untuk tujuan ini. Tools ini tersedia di panel System. Tools ini mengukur kemampuan konfigurasi hardware dan software komputer anda. Skor dasar dari pengukuran ini berkisar antara 1,0 hingga 7,9.


Seperti yang terlihat di gambar di atas, graphic menjadi tantangannya. Ini berarti bahwa untuk mendapatkan peningkatan cepat dalam hal performa kita dapat mengupgrade graphics card atau RAM, jika memungkinkan.

Pertama, pilih Disk Cleanup yang tersedia dari Start menu Windows 7. Tools ini menghapus file yang tidak perlu atau sementara pada hard disk anda sehingga anda dapat menambah jumlah ruang penyimpanan yang anda miliki.


Cari Manage Offline Files di menu Windows. Itu bisa dikurangi sampai 0 (nol).


Selanjutnya, jalankan Disk defragmenter dari Start menu. Fragmentasi membuat hard disk anda melakukan pekerjaan ekstra yang dapat memperlambat segalanya. Media penyimpanan yang dapat dilepas juga bisa menjadi terfragmentasi.


Untuk semua masalah komputer yang tersisa di Windows 7, pergilah ke opsi Troubleshooting. Disini anda dapat memperbaiki masalah apapun yang berkaitan dengan audio recording, shared files, tampilan folder dan file, dan banyak lagi.


Seperti yang ditunjukkan di bawah ini, skor Windows Experience Index naik dari 2,5 menjadi 2,9. Dengan tidak adanya update dari Microsoft, anda harus mengikuti langkah-langkah di atas secara manual untuk menjaga performa PC pada tingkat yang lebih baik.



Kompatibilitas Dengan Aplikasi

Sebagian besar aplikasi yang baru, telah dirancang untuk Windows 10 dan mungkin tidak bekerja dengan lancar di Windows 7. Namun, jika anda puas dengan performa aplikasi pihak ketiga yang ada, tidak ada banyak yang perlu dikeluhkan.

Saat ini, software Microsoft Office kompatibel dengan Windows 7, dan mengharapkannya tetap seperti itu untuk Office 2016 hingga 2026. Anda tidak akan mendapatkan dukungan Office 2019 yang dilengkapi dengan fitur-fitur canggih seperti text-to-speech, penerjemah, mode fokus, dan tema gelap. Jika anda memiliki langganan Microsoft 365, itu akan terus mendukung Windows 7.


Hal lain seperti browser bisa menjadi sedikit tidak pasti. Saat ini, Google Chrome dan Microsoft Edge telah mengumumkan bahwa mereka hanya akan mendukung Windows 7 hingga Juli 2021. Namun, jika anda tidak ingin dibatasi oleh pilihan-pilihan itu, anda dapat menggunakan banyak browser ringan yang sangat kompatibel dengan ekstensi Chrome. .

Untuk sebagian besar aplikasi sehari-hari lainnya, anda seharusnya tidak menemukan masalah besar. Namun, ingatlah bahwa system Windows 7 anda tidak akan mendukung fitur-fitur futuristik seperti voice assistant, Windows Hello, dan kompatibilitas dengan speaker pintar dan gadget keren lainnya.

Sebagai catatan akhir, sebaiknya gunakan komputer Windows 7 anda sebagai komputer kedua atau komputer cadangan daripada menjadi komputer utama anda.

Sekian artikel kali ini, semoga menambah pengetahuan anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pengetahuan tentang Windows 7. Terimakasih dan GBU. STAY AT HOME!!

Post a Comment for "Bisakah Anda Terus Menggunakan Windows 7 pada 2020?"