Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memperbaiki Microsoft Management Console (MMC.exe) Berhenti Berfungsi

 


Microsoft Management Console (MMC), yang diwakili oleh proses mmc.exe mengelola snap-in administratif untuk Windows. Jika salah satu snap-in yang bersangkutan seperti Device Manager, Group Policy Editor, Disk Management, dan lainnya macet, sangat mungkin bahwa MMC yang bertanggung jawab dalam hal ini. Dalam situasi seperti itu, anda mungkin melihat pesan error yang mengatakan: Microsoft Management Console has stopped working.




Ketika Snap-in atau file DLL menyebabkan MMC.exe diblokir atau menyebabkan error crash, hal itu mungkin terkait dengan file DLL aplikasi yang tidak kompatibel dilampirkan ke proses mmc.exe.


Langkah pertama saat menemukan error ini adalah melakukan restart system anda. Ada kemungkinan hal itu benar-benar membantu. Jika masih gagal, coba update Windows anda dan restart kembali system anda. Jika tidak, anda dapat melanjutkan dengan langkah-langkah pemecahan masalah sebagai berikut.



1. Pecahkan masalah dalam Clean Boot State


Misalkan anda menginstal software baru-baru ini dan anda curiga itu mungkin menyebabkan masalah, maka coba uninstall software tersebut dan restart system anda. Jika itu tidak menyelesaikan masalah, anda dapat melakukan Clean Boot dan mencoba mengidentifikasi program yang mengganggu yang mungkin menyebabkan MMC tidak dapat dibuka.


Saat anda merestart komputer dengan clean boot, komputer dimulai dengan menggunakan sekumpulan minimal driver dan program startup yang telah dipilih sebelumnya, dan karena komputer dimulai dengan sekumpulan driver minimal, beberapa program mungkin tidak berfungsi seperti yang anda harapkan.


Pemecahan masalah di clean boot dirancang untuk mengisolasi masalah kinerja/performance. Untuk melakukan pemecahan masalah clean boot, anda harus melakukan sejumlah tindakan, dan kemudian merestart komputer setelah setiap tindakan. Anda mungkin perlu menonaktifkan satu demi satu item secara manual untuk mencoba dan menunjukkan salah satu yang menyebabkan masalah. Setelah anda mengidentifikasi pelakunya, anda dapat mempertimbangkan untuk menghapus atau menonaktifkannya.



2. Jalankan System File Checker


Error terkait dengan proses mmc.exe mungkin terjadi ketika file DLL yang dilampirkan ke proses rusak atau tidak kompatibel. Coba gunakan scan System File Checker (SFC) untuk memperbaiki file DLL yang rusak dan verifikasi apakah itu menyelesaikan masalah.



3. Memperbaiki System Image Windows


Idealnya, scan System File Checker harus dapat memperbaiki file DLL yang rusak dan tidak kompatibel, tetapi jika tidak, jalankan DISM untuk memperbaiki system image yang mungkin rusak.



4. Periksa Error di Event Viewer


Log Event Viewer menampilkan file log error system, sehingga anda dapat melewatinya dan mengidentifikasi error dan pesan.

  • Untuk membuka program Event Viewer, cari program di Search Windows.


  • Jika anda menemukan event yang ditandai sebagai error dengan tanda seru merah, maka klik dobel pada event tersebut untuk mengetahui detail masalahnya dan selesaikan dengan semestinya.




Semoga ini dapat membantu anda. Anda juga dapat membaca tutorial saya lainnya tentang cara mengatasi critical structure corruption di Windows 10/11 atau cara memperbaiki fatal system error 0xC000021A di Windows 10/11.


Sekian tutorial kali ini dan semoga membantu anda. Jangan lupa tinggalkan komentar di bawah ini untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Cara Memperbaiki Microsoft Management Console (MMC.exe) Berhenti Berfungsi"