Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Windows 7 Sudah Berakhir, Bagaimana Cara Upgrade Gratis ke Windows 10?


Microsoft telah menghentikan dukungannya terhadap Windows 7 mulai pada tanggal 14 Januari 2020. Pengguna tentu saja masih dapat menjalankan Windows 7 setelah tanggal ini, namun system operasi yang dirilis pada 2009 ini tidak akan menerima lagi update atau perbaikan keamanan dari Microsoft. Ini berarti bahwa jika ada bug atau eksploitasi jahat terungkap setelah tanggal itu, pengguna tidak akan bisa mendapatkan perbaikan resmi dari Microsoft untuk mengatasi hal tersebut.


Tentu saja banyak pengguna yang kecewa. Bagaimanapun Windows 7 merupakan langkah besar yang dapat meyakinkan banyak orang untuk tidak lagi menggunakan Windows XP. Saat itu pengguna Windows XP enggan beralih ke Windows Vista yang dirilis pada 2006, namun ketika Windows 7 hadir menggantikannya, semuanya berubah. Ini merupakan terobosan yang dianggap sangat berhasil pada waktu itu.

Microsoft kemudian merilis Windows 8/8.1 pada 2012 dan tiga tahun kemudian disusul oleh Windows 10. Saat perilisan pada waktu itu pihak Microsoft mengatakan bahwa System operasi ini adalah yang terakhir dan yang lebih penting adalah pengguna dengan lisensi original dari Windows sebelumnya dapat mengupgradenya ke Windows 10 secara gratis dan itu telah berakhir 2016 lalu.

Namun ketika Microsoft menghetikan dukungannya ke Windows 7, upgrade gratis khusus pengguna Windows 7 (original) ke Windows 10 tersebut dibuka kembali. Tidak diketahui sampai kapan upgrade gratis ini berlaku dan setelah itu Microsoft akan mengenakan biaya US$139 atau sekitar Rp1,8 juta.

Dan untuk melakukan upgrade gratis tersebut, ikuti langkah-langkah dibawah ini.

Catatan : Sebelum melakukan upgrade, sebaiknya data penting anda di drive system disimpan terlebih dahulu. Meskipun upgrade ini tidak akan menghapus data anda, namun lebih baik berjaga-jaga jika sesuatu hal yang tidak diinginkan terjadi.

1. Sekarang buka website Download Windows 10.

2. Pada bagian Create Windows 10 installation media, klik Download tool now dan jalankan.


3. Pilih Upgrade this PC now dan klik Next. Diasumsikan bahwa ini adalah satu-satunya PC yang anda upgrade. Jika anda mengupgrade mesin yang berbeda, pilih Create installation media for another PC, dan simpan file instalasinya.


4. Proses download file dimulai. Setelah selesai mendownload klik Install. (Anda dapat memilih data apa yang harus disimpan dari Windows 7 anda. Jika ya, klik Change what to keep dan pilih, setelah itu klik Next).


5. Proses upgrade akan berjalan dan membutuhkan waktu jadi anda dapat bersantai sebentar.

6. Setelah proses upgrade selesai dan membuat pengaturan personal anda, buka Settings (jika tidak ditampilkan secara otomatis ketika pertama kali masuk Windows 10) kemudian Update & Security - Activation. Anda akan melihat lisensi digital untuk Windows 10.


Perlu dicatat bahwa jika lisensi anda adalah Windows 7 Home, maka anda hanya dapat mengupgradenya ke Windows 10 Home. Ini berlaku juga untuk versi versi Windows lainnya.


Dengan disediakannya kembali upgrade gratis Windows 7 ke Windows 10 ini, cobalah untuk memanfaatkannya. Disamping gratis, dengan dukungan yang telah di hentikan tersebut, hanya anda yang dapat menjaga komputer anda dari serangan luar.

Semoga membantu anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU.

Post a Comment for "Windows 7 Sudah Berakhir, Bagaimana Cara Upgrade Gratis ke Windows 10?"