Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Komputer Freezing dengan Layar Berpiksel

 


Jika komputer Windows anda freezing dengan layar berpiksel, maka solusi yang diberikan dalam artikel ini akan membantu anda memperbaiki masalah ini. Ada beberapa alasan untuk masalah ini, seperti driver graphics card yang out of date atau rusak, RAM yang rusak, BIOS yang out of date dan lainnya.



Memperbaiki Komputer Freezing dengan Layar Berpiksel


Gunakan saran berikut ini jika komputer Windows anda freezing dengan layar berpiksel. Mari kita mulai lihat solusinya.



1. Update Driver Graphics Card


Driver graphics card yang out of date atau rusak mungkin menjadi penyebab masalah ini. Mengupdate driver graphics card anda akan memperbaiki masalah ini jika ini masalahnya. Anda dapat mendownload driver graphics card versi terbarunya dari website resmi produsen komputer atau GPU anda. Setelah mendownload driver, jalankan file installer untuk menginstall driver GPU. Anda juga dapat mengupdate driver graphics card anda dengan mengikuti langkah-langkah di artikel ini untuk AMD, di artikel ini untuk NVIDIA atau di artikel ini untuk Intel graphics.




2. Lakukan Clean Installuntuk Driver GPU


Jika mengupdate driver graphics card tidak membantu, lakukan clean install driver graphics card anda. Untuk ini, anda harus menguninstall sepenuhnya driver GPU yang saat ini terinstall dari system anda dan menginstall versi terbarunya dari awal. Untuk menguninstall driver GPU sepenuhnya, anda dapat menggunakan utilitas DDU (Display Driver Uninstaller).



Sebelum anda menguninstall driver GPU, download versi terbarunya dari website resmi produsen komputer atau GPU anda.



3. Jalankan Tes Kesehatan RAM


Komputer anda awalnya menampilkan layar berpiksel, kemudian freezing. Oleh karena itu, ini juga menunjukkan bahwa masalahnya mungkin ada pada RAM komputer anda. RAM yang rusak menunjukkan banyak tanda dan gejala. Masalah freezing dengan layar berpiksel adalah salah satu gejala ini.



Saya sarankan anda menjalankan uji kesehatan RAM. Untuk ini, anda dapat menggunakan Windows Memory Diagnostic Tool bawaan atau tool pihak ketiga untuk menguji RAM anda, seperti Memtest86+.


Jika komputer anda memiliki lebih dari satu stik RAM, maka boot komputer dengan satu stik RAM dalam satu waktu dan pantau apa yang terjadi. Ini akan memberitahu anda stik RAM mana yang rusak.



4. Bersihkan GPU Anda


Kapan layar berpiksel muncul? Apakah muncul saat melakukan tugas grafis berat? Jika ya, maka mungkin ada kesalahan hardware pada GPU anda atau mungkin kotor. Pantau suhu GPU anda. Suhu GPU yang tinggi merupakan salah satu penyebab masalah grafis pada komputer Windows. Jika anda melihat GPU anda terlalu panas, anda perlu memperbaikinya. Bersihkan juga GPU. Buka casing komputer, lepaskan GPU dan bersihkan dengan hati-hati.


Jika thermal paste GPU anda rusak, maka akan terjadi panas berlebih, yang dapat mempengaruhi performa komputer anda dan menyebabkan masalah ini. Dalam hal ini, saya sarankan anda memeriksa thermal paste saat membersihkan GPU anda. Jika thermal paste GPU anda sudah aus, maka anda perlu menggantinya.




5. Update BIOS


Anda juga dapat mengupdate BIOS anda. Jika update tersedia, maka install. Namun, sebelum mengupdate BIOS, anda perlu memeriksa versi BIOS melalui tool System Information. Anda dapat mendownload update BIOS terbaru dari website resmi produsen komputer anda.


Saat menginstall update BIOS, pastikan komputer anda mendapat pasokan listrik terus menerus karena gangguan pasokan listrik selama instalasi update BIOS dapat merusak motherboard anda. Pengguna laptop disarankan untuk menghubungkan charger, meskipun daya laptopnya sudah terisi penuh.




6. Driver Graphics Card Anda Mungkin Rusak


Jika tidak ada solusi yang berhasil untuk anda, maka ada kemungkinan driver graphics card anda rusak. Hubungi teknisi perbaikan komputer profesional untuk bantuan lebih lanjut.



Saya harap ini membantu anda memperbaiki masalah anda.


Mengapa layar saya freezing dengan layar berpixel?

Ada banyak alasan mengapa komputer anda freezing dengan layar berpixel. RAM anda mungkin rusak. RAM mungkin rusak jika komputer anda memiliki lebih dari satu stik RAM. Driver graphics card yang rusak juga dapat menyebabkan masalah ini atau masalah dengan graphics card anda.


Bisakah masalah piksel diperbaiki?

Jika gambar anda berpiksel, anda dapat memperbaikinya dengan bantuan tool yang didukung AI. Tool bertenaga AI mampu meningkatkan kualitas gambar. Jika layar anda berpiksel, anda dapat memperbaikinya dengan menginstall ulang driver graphics card. Namun, masalahnya mungkin juga ada pada graphics card anda itu sendiri.


Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki komputer freezing dengan layar berpiksel di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti artikel ini. Anda juga dapat merequest tutorial yang anda butuhkan. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Memperbaiki Komputer Freezing dengan Layar Berpiksel"