Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Sudut Membulat Jendela Tidak Berfungsi di Windows 11

 


Jika sudut membulat (Rounded corner) pada jendela tidak berfungsi di PC Windows 11 anda, maka artikel ini untuk akan membantu anda mengetahui cara memperbaiki masalah tersebut. Sudut membulat adalah bagian dari elemen desain Windows 11 yang baru dan lebih baik yang diperkenalkan Microsoft untuk memberikan pengalaman UI yang modern dan menarik secara visual kepada pengguna.


Sudut membulat berkontribusi pada tampilan dan nuansa yang lebih terpadu di berbagai komponen dan aplikasi. Namun, terkadang, fitur tersebut mungkin tidak berfungsi di Windows 11.




Penyebab Sudut Membulat Tidak Berfungsi di Windows 11


Jika anda tidak melihat sudut membulat pada semua jendela yang terbuka di desktop Windows 11, maka ada beberapa kemungkinan penyebab yang yang membuatnya tidak berfungasi.

  • Anda mungkin menjalankan versi lama Windows 11 yang tidak menerapkan sudut membulat.
  • Anda mungkin memiliki driver graphics yang out of date atau tidak kompatibel atau hardware graphics anda mungkin tidak sepenuhnya mendukung UI enhancement untuk Windows 11.
  • System anda mungkin dikonfigurasi untuk Best Performance atau menggunakan tema High Contrast. Keduanya dapat mengubah tampilan elemen UI, berpotensi menghilangkan sudut membulat.
  • Efek visual tertentu mungkin tidak didukung saat menjalankan Windows 11 di virtual machine, bergantung pada pengaturan VM dan kemampuan komputer host.



Memperbaiki Sudut Membulat Jendela Tidak Berfungsi di Windows 11


Jika sudut membulat di Windows 11 tidak berfungsi pada PC anda, maka berikut adalah langkah-langkah yang dapat anda ambil untuk memecahkan masalah dan mengaktifkan fitur tersebut.



1. Update Windows


Pastikan instalasi Windows 11 anda terupdate. untuk itu, tekan tombol Win + I untuk membuka jendela Settings Windows. Kemudian, klik Windows Update di bagian kanan atas atau di panel kiri. Lihat apakah ada update yang tersedia untuk didownload atau klik tombol Check for updates. Jika update tersedia, maka klik Download & install. NSetelah itu, restart PC anda dan lihat apakah jendela yang terbuka sekarang memiliki sudut membulat.



2. Aktifkan Hardware Acceleration


Sudut membulat memerlukan hardware acceleration. Pastikan itu diaktifkan di pengaturan anda. Anda dapat membuka Settings Windows 11 anda dan navigasikan ke System - Display. Kemudian, gulir ke bawah dan klik Graphics di bawah Related settings.


Selanjutnya, klik Change default graphics settings. Aktifkan tombol di bawah Hardware-accelerated GPU scheduling untuk mengaktifkan hardware acceleration pada PC Windows 11 anda. Jika anda tidak melihat pengaturan ini, berarti hardware anda belum mendukungnya.




3. Aktifkan Visual Effects


Anda juga dapat mengaktifkan visual effects dan lihat apakah itu membantu memperbaiki masalah ini. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Tekan tombol Win + I untuk membuka Settings Windows.
  • Di jendela Settings, klik System di panel kiri dan di panel kanan klik About di panel kanan.
  • Selanjutnya, klik Advanced system settings pada Related links.
  • Di jendela System Properties yang terbuka, pastikan anda berada di tab Advanced dan klik Settings dibawah bagian Performance.
  • Di jendela Performance Options, pilih opsi Let Windows choose what’s best for my computer atau Adjust for best appearance.
  • Kemudian, klik Apply dan OK untuk menyimpan perubahan.




4. Update Driver Graphics Anda


Driver graphics yang out of date atau rusak terkadang dapat menyebabkan masalah display. Update driver graphics anda ke versi terbaru dan lihat apakah ini memperbaiki masalah sudut membulat pada jendela. Untuk mengupdate driver graphics anda, ikuti langkah-langkah di artikel ini untuk AMD atau di artikel ini untuk NVIDIA atau di artikel ini untuk Intel graphics.




5. Ubah Pengaturan Registry


Jika anda menemukan bahwa sudut membulat tidak berfungsi setelah menginstall Windows 11 pada Virtual Machine (Hyper-V atau VirtualBox), maka anda dapat memodifikasi registry untuk mengaktifkan sudut membulat. Namun, berhati-hatilah dan backup registry anda terlebih dahulu karena perubahan yang salah dapat menyebabkan masalah serius.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik regedit dan tekan Enter untuk membuka Registry Editor.
  • Di jendela Registry Editor, arahkan ke key berikut ini.
HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\Dwm
  • Selanjutnya, klik kanan pada keyreg Dwm, kemudian pilih New - DWORD (32-bit) Value dan beri nama key dengan ForceEffectMode.


  • Sekarang, klik dobel pada key ForceEffectMode, kemudian atur Value datanya ke 2 dan klik OK untuk menyimpan pengaturan anda.


  • Setelah itu, tutup Registry Editor dan restart VM Hyper-V atau VirtualBox anda.

Mudah-mudahan ini bisa memperbaiki masalah ini.


6. Reset Windows

Jika tidak ada yang membantu, coba reset Windows ke pengaturan default, yang mencakup sudut membulat di Windows 11. Opsi Reset akan menginstall ulang Windows sambil menjaga file pribadi anda tetap utuh.


Semoga membantu.

Apa PX untuk sudut membulat di Windows 11?
Windows 11 menggunakan tiga tingkat pembulatan, berdasarkan pada komponen UI yang dibulatkan dan bagaimana posisinya relatif terhadap elemen di dekatnya. Kontainer tingkat atas seperti jendela program/aplikasi, flyout dan dialog memiliki radius sudut 8 piksel (sudut tidak dibulatkan saat jendela di snapped atau di maximized). Elemen dalam halaman seperti tombol dan daftar backplate memiliki radius sudut 4 piksel. Sisi lurus yang berpotongan dengan sisi lurus lainnya tidak berbentuk bulat.

Bagaimana cara menonaktifkan sudut membulat di Windows 11?
Menonaktifkan sudut membulat agak rumit karena Microsoft telah mengintegrasikan fitur ini secara mendalam ke dalam system operasi. Jika anda masih ingin menonaktifkan sudut membulat di Windows 11, gunakan tool pihak ketiga yang memungkinkan penyesuaian elemen UI Windows secara mendetail. Anda juga dapat menonaktifkan sudut membulat dengan menonaktifkan driver graphics atau hardware graphics acceleration pada PC anda, namun metode ini tidak disarankan karena dapat menyebabkan masalah performa dan kegunaan yang signifikan.

Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki sudut membulat jendela tidak berfungsi di Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti artikel ini. Anda juga dapat merequest tutorial yang anda butuhkan. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Memperbaiki Sudut Membulat Jendela Tidak Berfungsi di Windows 11"