Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Itu Hardware Acceleration dan Mengapa Itu Penting

 


Kemungkinan anda pernah melihat opsi hardware acceleration saat menggunakan berbagai aplikasi dan perangkat. Anda bahkan mungkin perlu mengaktifkan atau menonaktifkannya untuk meningkatkan performance atau mencegah bug di salah satu aplikasi favorit anda, tetapi anda mungkin tidak tahu alasannya.


Dalam artikel ini saya akan menjelaskan semua yang perlu anda ketahui tentang hardware acceleration dan apakah aplikasi anda mungkin mendapat manfaat dari penggunaannya atau tidak.



Mendefinisikan Hardware Acceleration


Hardware Acceleration adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan task/tugas yang dipindahkan ke perangkat dan hardware yang mengkhususkan diri di dalamnya. Secara default di sebagian besar komputer dan aplikasi, CPU selalu dibebani dengan berbagai macam task, pertama dan terutama, sebelum hardware lainnya akan dibebani. Meskipun ini baik-baik saja dalam kebanyakan kasus penggunaan umum, terutama jika seseorang memiliki CPU yang kuat, namun ada orang lain yang mungkin pintar dalam komputer anda akan memanfaatkan komponen lain di system anda. Di sinilah hardware acceleration berperan, dan saya akan memberikan beberapa kasus penggunaan yang populer.



  • Sound card dapat digunakan dengan hardware acceleration untuk memungkinkan pemutaran dan perekaman suara berkualitas lebih tinggi.
  • Graphics card dapat digunakan dengan hardware acceleration untuk memungkinkan pemutaran film, video, dan game yang lebih cepat dan berkualitas tinggi. Mereka juga lebih baik dalam perhitungan matematis yang cepat daripada CPU.


Meskipun hardware acceleration dapat didefinisikan sebagai hampir semua tugas yang dipindahkan ke sesuatu yang bukan CPU, GPU dan sound card biasanya merupakan contoh paling populer yang digunakan di seluruh software anda. CPU anda sendiri secara teknis mampu melakukan apapun yang dapat dilakukan perangkat ini, terutama jika ia menawarkan grafik terintegrasi (seperti yang dilakukan banyak orang saat ini), tetapi memungkinkan hardware khusus untuk melakukan pekerjaan itu biasanya merupakan pilihan yang lebih baik.



Mengapa Anda Mungkin Perlu Menonaktifkannya


Sayangnya, hardware acceleration tidak selalu bekerja semulus yang seharusnya. Pertama kali saya ingat menemukan opsi ini adalah ketika saya menonaktifkannya di Chrome, karena itu tampaknya membuat browser saya berjalan jauh lebih tidak stabil.



Berikut kasus saat anda mungkin harus menonaktifkan hardware acceleration:

  • Jika CPU anda benar-benar kuat dan komponen anda yang lain sangat lemah, acceleration sebenarnya mungkin tidak efektif dibandingkan dengan membiarkan powerhouse mengurus semuanya. Sebaliknya, jika komponen anda rentan terhadap panas berlebih/rusak dengan cara apapun, penggunaan intensif melalui hardware acceleration dapat menyebabkan masalah yang tidak akan anda alami.
  • Software yang dirancang untuk memanfaatkan hardware tidak berfungsi dengan baik atau tidak dapat berjalan dengan stabil seperti saat hanya menggunakan CPU. Sayangnya, ini adalah alasan umum untuk menonaktifkan hardware acceleration dalam opsi aplikasi, tetapi hal itu bisa saja terjadi.



Kapan Anda Harus Mengaktifkannya


Tentu saja, tidak semuanya harus menggunakan hardware acceleration. Saat bekerja sebagaimana mestinya, itu sebenarnya cukup bagus. Berikut beberapa kasus saat anda harus mengaktifkan hardware acceleration di aplikasi anda.

  • Jika anda memiliki GPU yang kuat dan stabil, mengaktifkan hardware acceleration akan memungkinkan anda untuk menggunakannya sepenuhnya di semua aplikasi yang didukung, bukan hanya game anda. Di Chrome, hardware acceleration GPU biasanya memungkinkan browsing dan konsumsi media yang jauh lebih lancar.
  • Dalam program pengeditan/rendering video seperti Sony Vegas (atau program streaming seperti OBS), mengaktifkan hardware acceleration memungkinkan seseorang untuk menggunakan hardware khusus yang terletak di perangkat yang didukung, biasanya GPU atau CPU. (Intel QuickSync, misalnya, adalah tambahan untuk CPU modern mereka yang dirancang untuk rendering/encoding video yang cepat).


Singkatnya, mengaktifkan hardware acceleration dimanapun dapat anda lakukan jika anda memiliki hardware yang baik, dan menonaktifkannya jika anda mengalami bug/masalah stabilitas di system anda.



Cara Mengaktifkan / Menonaktifkan Hardware Acceleration


Tab Hardware Acceleration di Windows memungkinkan anda untuk menentukan kinerja hardware grafis yang ada di PC anda.

UPDATE: AMD dan NVIDIA sekarang memungkinkan anda untuk mengaktifkan atau menonaktifkan Hardware-accelerated GPU Scheduling di Windows 10 v2004 dan Windows 11.


1. Mengaktifkan/Menonaktifkan Hardware Acceleration di Windows 10/11


Untuk mengaktifkan atau menonaktifkan Hardware Acceleration di Windows 10 atau Windows 11, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Di Windows 10 atau Windows 11, klik kanan pada desktop dan pilih Display settings.


  • Display settings akan terbuka. Gulir ke bawah dan pilih Advanced display settings.
  • Kemudian klik pada Display adapter properties di halaman selanjutnya.
  • Ini akan membuka jendela Properties graphics anda. Sekarang buka tab Troubleshoot. Jika display driver anda saat ini tidak memungkinkan anda untuk mengubah pengaturan, maka anda akan melihat tombol Change settings menjadi abu-abu, dan anda tidak akan dapat mengubah pengaturan. Jika anda tidak melihat tab Troubleshoot, update driver graphics anda dan lihat.


  • Jika display driver anda saat ini memungkinkan anda untuk mengubah pengaturan, anda akan dapat melihat tombol Change settings dan klik padanya.
  • Sekarang, Display Adapter Troubleshooter akan muncul di layar komputer anda. Geser tombol pada  Hardware Acceleration ke kiri (None) untuk menonaktifkan atau mengurangi hardware acceleration dan klik OK. Jika anda mengalami masalah dengan hardware graphics anda, pengaturan ini dapat membantu anda memecahkan masalah yang berhubungan dengan display.




2. Mengaktifkan/Menonaktifkan Hardware Acceleration di Windows 8/7


Untuk menonaktifkan atau mengurangi Hardware Acceleration di Windows 8/7, anda dapat mengikuti langkah dibawah ini.

  • Pertama, klik kanan pada Desktop dan pilih opsi Personalize.
  • Kemudian di jendela Control Panel, pilih Display dari panel kiri dan klik Change display settings.
  • Selanjutnya, klik Advanced settings.
  • Ini akan membuka jendela Properties graphics dan monitor anda. Anda kemudian dapat mengikuti bagian terakhir dari instruksi yang diberikan di atas melalui tab Troubleshoot.



Ini adalah bagaimana anda dapat mengaktifkan, menonaktifkan, atau mengubah tingkat hardware acceleration di Windows 11/10/8/7.



Tombol Nonaktifkan Hardware Acceleration Berwarna Abu-Abu


Jika anda menemukan bahwa opsi berwarna abu-abu, periksa apakah hardware anda mengizinkannya dan pastikan anda telah mengupdate driver. Anda juga dapat melihat jika DWORD DisableHWAcceleration yang ada di key registry dibawah ini memiliki value data 0 (nol).

HKEY_CURRENT_USER\SOFTWARE\Microsoft\Avalon.Graphics


Jika di panel kanan anda tidak menemukan DisableHWAcceleration, maka buat DWORD baru dengan klik kanan pada ruang kosong di panel kanan, kemudian pilih New - DWORD (32-bit) Value dan beri nama DisableHWAcceleration.



Kemudian klik dobel padanya. Di jendela edit DWORD pada bagian value data, masukan 1 untuk menonaktifkan hardware acceleration dan 0 (nol) memungkinkan hardware acceleration, asalkan system memenuhi persyaratan hardware acceleration.



Anda juga dapat menggunakan metode Registry di atas untuk menonaktifkan hardware acceleration di Windows 10 atau Windows 11.


Anda juga dapat membaca artikel saya lainnya tentang apa itu God Mode dan cara mengaktifkannya di Windows 10/11 atau apa itu Pagefile.sys di Windows dan bagaimana mengubahnya untuk keuntungan anda.


Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat untuk anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pengalaman dalam penggunaan hardware acceleration di system anda. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Apa Itu Hardware Acceleration dan Mengapa Itu Penting"