Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Menghilangkan Garis Hijau Horizontal atau Vertikal pada Layar Laptop

 


Artikel ini akan menunjukkan cara memperbaiki dan menghilangkan garis hijau horizontal atau vertikal pada layar laptop. Masalah ini dapat terjadi karena driver graphics card yang out of date atau masalah dengan hardware perangkat.




Menghilangkan Garis Hijau Horizontal atau Vertikal pada Layar Laptop


Gunakan solusi berikut untuk menghilangkan garis hijau horizontal atau vertikal layar laptop Windows anda. Namun sebelum anda melanjutkan, saya sarankan anda untuk memeriksa update Windows secara manual dan menginstall update jika tersedia.



1. Coba Monitor Eksternal (jika tersedia)


Langkah pertama adalah menghubungkan laptop anda ke monitor eksternal (jika tersedia). Ini akan membantu anda mengetahui apakah masalahnya ada pada layar laptop anda atau tidak. Selain itu, pastikan anda menghubungkan semua kabel dengan benar dan aman.



3. Update Driver Graphics Card


Driver graphics card yang out of date atau rusak dapat menyebabkan masalah display seperti yang anda hadapi. Dalam hal ini, saya menyarankan anda untuk mengupdate driver graphics card anda ke versi terbaru. Untuk mengupdate driver graphics card anda, anda dapat menggunakan software khusus yang dikembangkan oleh pabrikan, tergantung pada graphics card yang diinstall pada system anda. Beberapa software tersebut adalah Intel Driver and Support Assistant, software AMD Adrenalin dan lainnya. Untuk mengupdate driver graphics card anda, anda dapat mengikuti langkah-langkah di artikel ini untuk AMD, di artikel ini untuk NVIDIA dan di artikel ini untuk Intel graphics.



Anda juga dapat mencoba menginstall ulang driver graphics card anda. Untuk melakukannya, pertama-tama, download driver graphics card versi terbaru anda dari website resmi produsen komputer anda.


Selanjutnya, hapus sepenuhnya driver graphics card anda dengan menggunakan software DDU. Setelah itu, jalankan file installer untuk menginstal versi terbaru driver graphics card anda.



2. Rollback Driver Graphics Card


Saya juga menyarankan anda untuk me-rollback driver graphics card anda jika anda mendapatkan masalah ini setelah anda mengupdate driver grahics card anda. Untuk melakukannya, anda dapat menggunakan langkah-langkah yang disebutkan dibawah ini.

  • Tekan tombol Win + X dan tekan M untuk membuka Device Manager.
  • Di jendela Device Manager, perluas bagian Display adapters.
  • Selanjutnya, klik kanan pada driver graphics card anda dan pilih Properties.
  • Di jendela properties, alihkan ke tab Driver.
  • Sekarang, periksa tombol Roll Back Driver untuk driver graphics card anda. Jika aktif, maka klik itu dan ikuti petunjuk yang di tampilkan.
  • Setelah selesai, restart PC anda.



Setelah me-rollback driver graphics card anda, periksa apakah masalah masih berlanjut atau telah di perbaiki.



3. Update BIOS


Anda juga dapat memeriksa update BIOS. Namun, sebelum mengupdate BIOS, anda perlu memeriksa versi BIOS anda dari System Information. Jika update tersedia, maka install. Anda dapat mendownload update BIOS terbaru dari website resmi produsen laptop anda. Anda juga dapat mencoba memulihkan BIOS laptop anda.




4. Masalah Hardware


Jika tidak ada solusi yang berhasil untuk anda, maka kemungkinan ada masalah hardware pada layar laptop anda. Dalam hal ini, bawalah laptop anda ke ahlinya untuk diperbaiki. Selain itu, jika laptop anda masih dalam garansi, bawalah ke service center pabrikan laptop anda.



Semoga membantu.


Mengapa layar laptop saya bergaris?

Ada beberapa penyebab mengapa layar laptop anda bergaris. Alasan paling umum adalah koneksi yang longgar, driver graphics card yang out of date atau rusak dan layar yang salah atau rusak.


Bagaimana cara mereset laptopnya?

Anda dapat mereset laptop anda melalui Settings Windows. Untuk melakukannya, buka Settings Windows anda dengan menekan tombol Win + I. Di jendela Settings, pergi ke System - Recovery. Kemudian, klik pada tombol Reset PC. Pilih opsi pengaturan ulang pilihan anda Keep my files atau Remove everything. Jika anda memilih opsi Remove everything, maka sebelum mereset laptop anda, anda harus membackup semua data anda terlebih dahulu.


Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki dan menghilangkan garis hijau horizontal atau vertikal pada layar laptop anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Menghilangkan Garis Hijau Horizontal atau Vertikal pada Layar Laptop"