Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Error 0x800b0110 Windows Update di Windows 10/11

 


Jika anda melihat error code 0x800b0110 saat menginstall update Windows anda, maka artikel ini akan membantu anda memperbaiki masalah tersebut. Masalah ini biasanya terjadi ketika ada shutdown yang tidak tepat selama proses update.


Solusi yang diberikan dalam artikel ini membutuhkan Administrator account dengan akses penuh, terutama pada opsi untuk menginstall update Windows. Jadi, jika anda hanya memiliki akun dengan Standard user, maka anda dapat mengubah Standard user ke Administrator account atau anda dapat membuat administrator account baru.Pastikan juga untuk membuat system restore point, sehingga jika dalam proses perbaikan, system anda mengalami masalah, maka anda dapat dengan mudah merestore system anda ke titik sebelumnya dimana Windows masih bekerja dengan baik.




Memperbaiki Error 0x800b0110 Windows Update di Windows 10/11


Ikuti metode perbaikan yang disarankan berikut ini untuk memperbaiki error 0x800b0110 saat mengupdate Windows 10 atau Windows 11 anda.



1. Reset Windows Update Component


Mereset Windows Update Component adalah solusi efektif untuk memperbaiki masalah terkait update Windows. Cara ini bekerja dengan membersihkan cache dan konfigurasi yang ada terkait update Windows dan memaksanya mendownload ulang data yang diperlukan.


Akibatnya, jika ada file Windows Update Component yang korup atau rusak, maka file tersebut akan diganti dengan yang baru.


Anda dapat menggunakan Reset Windows Update Tool untuk merestore pengaturan dan komponen Windows ke default secara otomatis jika anda proses reset Windows Update Component membingungkan anda.




2. Install Update Secara Manual


Untuk menginstall update Windows secara manual, ikuti langkah-langkah dibawah ini.

  • Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I.
  • Setelah iut, klik Windows Update dan kemudian klik View update history di Windows 10 atau Update History di Windows 11.


  • Periksa update Windows mana yang gagal dan catat namanya.
  • Setelah anda mengetahui update mana yang harus di download, kunjungi website Microsoft Update Catalog dan masukkan update HotFixID.


  • Website sekarang akan menampilkan semua update yang tersedia.
  • Sekarang, download update yang cocok dengan versi Windows dan nomor build anda.
  • Setelah selesai, jalankan update Windows tersebut dengan hak administrator.
  • Sekarang, Windows akan mulai menginstall update tersebut.



3. Reset Windows


Jika tidak ada metode di atas yang berhasil untuk anda, maka mereset Windows adalah pilihan terakhir anda. Banyak pengguna forum yang menerima error ini melaporkan bahwa setelah beberapa kali pemecahan masalah, ini adalah satu-satunya pilihan yang membantu. Tampaknya mereka menghadapi shutdown yang tidak tepat, yang mengakibatkan masalah ini.


Namun, sebelum anda melakukannya, pastikan anda telah membackup file, aplikasi dan pengaturan penting anda.




Semoga membantu!


Mengapa Anda tidak boleh mematikan PC saat update sedang berlangsung?

Update sering kali melibatkan modifikasi file system penting dengan mengganti yang sudah ada dengan yang baru. Gangguan apapun di tengah jalan dapat membuat file system anda berubah atau mencegah file disimpan. Akibatnya, file anda mungkin rusak dan anda mungkin tidak dapat menginstall update atau bahkan melakukan booting ke PC.


Bagaimana cara memperbaiki update Windows yang rusak?

Anda tidak dapat memperbaikinya jika update Windows sudah rusak. Anda dapat menjalankan SFC dan DISM untuk memastikan tidak ada kerusakan lainnya, kemudan download ulang update dan coba install kembali.


Apa error x800b0110 Certificate di Windows?

Error terjadi oleh Windows Server dan dikembalikan oleh Windows Web Services API dengan pesan CCERT_E_WRONG_USAGE-The certificate is not valid untuk penggunaan yang diminta, seperti server yang menggunakan sertifikat klien. Anda perlu memeriksa masalah dengan sertifikat untuk mengatasinya.


Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error 0x800b0110 Windows Update di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Memperbaiki Error 0x800b0110 Windows Update di Windows 10/11"