Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengatasi SFC Gagal Memperbaiki dan DISM Menampilkan Error 0x800f081f di Windows 10

 


Anda mungkin sedang memperbaiki system Windows anda menggunakan  scan SFC dan juga DISM. Namun terkadang, saat proses berlangsung anda hanya menemukan kesalah dan juga gagal dalam memperbaiki. Jika anda mengalami dua masalah ini, DISM (Kesalahan 0x800f081f) dan SFC (Gagal Memperbaiki) di Windows 10, maka artikel kali ini akan membantu anda untuk menyelesaikan masalah ini.


Anda mungkin menemukan pesan error atau pesan gagal saat menjalankan perintah seperti dibawah ini.


DISM Gagal dengan Error code 0x800f081f :

The source files could not be found. Use the “Source” option to specify the location of the files that are required to restore the feature. For more information on specifying a source location.


SFC Gagal :

Windows Resource Protection found corrupt files but was unable to fix some of them. Details are included in the CBS.Log windir\Logs\CBS\CBS.log. For example C:\Windows\Logs\CBS\CBS.log. Note that logging is currently not supported in offline servicing scenarios.



Perbaiki DISM Error Code 0x800f081f 


Error code 0x800f081f saat menjalankan DISM terjadi karena ketidakcocokan versi antara ISO dan build Windows 10. Jadi untuk memperbaikinya, anda perlu mendownload versi ISO yang sama dari Website Microsoft. Karena Microsoft tidak mengizinkan anda mengdownload versi Windows 10 ISO yang lebih lama, maka anda hanya dapat memiliki dua opsi. Anda dapat mengupdate Windows ke versi terbaru, atau anda dapat mendownload versi yang tepat sesuai kebutuhan anda dari website lainnya.





Perbaiki SFC Gagal Memperbaiki


Saatnya mengatasi SFC gagal dalam memperbaiki error. Tidak ada solusi tetap, tetapi melihat file log di lokasi C:\Windows\Logs\CBS dapat membantu anda.




Logfile CBS.log akan memiliki daftar file yang rusak. Jika demikian, anda dapat mengikuti langkah-langkah dibawah ini untuk menghapus dan mengganti file yang rusak dan kemudian memperbaiki masalahnya.


Jika anda menghadapi masalah ini, anda harus mengganti file yang rusak secara manual dengan file forking. Anda harus mencari file DLL dari Windows ISO atau komputer lain. Catat jalur file yang rusak, dan copy versi baru file tersebut ke komputer anda.


  • Buka command prompt dengan hak admin. Ketik cmd di Search Windows dan pilih Run as administrator.
  • Kemudian jalankan perintah berikut dibawah ini. Perintah ini akan memberi anda akses sehingga file dapat ditimpa dengan yang baru. Jangan lupa mengganti Path_And_File_Name dengan lokasi yang tepat dari file yang rusak.


takeown /f Path_And_File_Name

  • Selanjutnya jalankan perintah berikut untuk memberi administrator akses penuh ke file. Perintah icacls dapat menampilkan atau mengubah daftar kontrol akses diskresioner (DACL) pada file yang ditentukan.

icacls Path_And_File_Name /grant administrators:F

Contohnya seperti dibawah ini:

icacls C:\Windows\system32\corruptfile.dll /grant administrators:F

  • Kemudian ganti file secara manual dengan file yang baik yang telah landa copy tersebut. Jangan lupa mengganti Path_And_File_Name_Of_Source_File dengan jalur file yang disimpan dan Path_And_File_Name_Of_Destination dengan jalur tujuan file yang hendak di timpa.

Copy Path_And_File_Name_Of_Source_File Path_And_File_Name_Of_Destination

Contohnya akan seperti berikut:

copy E:\temp\corruptfile.dll C:\windows\system32\corruptfile.dll

Hanya itu yang dapat anda lakukan. Jika tidak ada yang berfungsi dan error menjadi sesuatu yang mengganggu sejauh tidak memungkinkan anda untuk bekerja secara normal, maka saya sarankan anda untuk menjalankan system restore point atau jika anda belum mengaktifkan restore point maka anda harus mereset PC Windows 10 anda.

Namun saya tetap berharap anda dapat menyelesaikan masalah ini dengan metode di atas. Sekian tutorial kali ini, semoga membantu anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Mengatasi SFC Gagal Memperbaiki dan DISM Menampilkan Error 0x800f081f di Windows 10"