Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Komputer Windows Restart Saat Terkunci

 


Jika komputer Windows anda restart saat terkunci, maka artikel ini akan membantu anda memperbaiki masalah ini. Biasanya masalah ini dapat terjadi karena pengaturan power, masalah software dan lainnya.



Memperbaiki Komputer Windows Restart Saat Terkunci


Gunakan perbaikan berikut jika komputer Windows anda restart saat terkunci.



1. Sesuaikan Power Settings


Langkah pertama yang harus anda ambil adalah menyesuaikan Power Settings anda. Menyesuaikan Power Settings juga dapat membantu menyelesaikan konflik antara berbagai fitur atau software power-saving yang mungkin mengganggu perilaku lock screen. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik control dan tekan Enter untuk membuka Control Panel.
  • Di jendela Control Panel, ubah View by ke Large/Small icons dan pilih Power Options.
  • Di halaman berikutnya klik Change plan settings.
  • Selanjutnya, ubah opsi Turn off the display dan Put the computer to sleep ke Never.




2. Jalankan Scan SFC dan DISM


Ada kemungkinan file system yang korup atau rusak juga dapat menyebabkan masalah ini. Dalam kasus seperti itu, Anda harus menscan file system image. Untuk melakukannya, anda dapat menjalankan tool System File Checker (SFC). Jika ini tidak berhasil, saya menyarankan untuk menjalankan Deployment Image Servicing and Management (DISM) di Command Prompt dengan hak administrator dan melihat apakah itu membantu.




3. Update Driver GPU


Anda dapat mendownload driver GPU terbaru dari website resmi produsen komputer anda. Setelah mendownload driver GPU, hapus sepenuhnya driver display dengan menggunakan DDU. Setelah itu jalankan file installer dan install drivernya. Untuk mengupdate driver graphics card anda, anda dapat mengikuti langkah-langkah di artikel ini untuk AMD atau artikel ini untuk NVIDIA atau artikel ini untuk Intel graphics. Sementara untuk melakukan clean install graphics card, artikel ini akan membantu anda.




4. Nonaktifkan Hybrid Sleep (jika ada)


Anda dapat memeriksa apakah Hybrid Sleep diaktifkan di komputer anda. Jika ya, maka anda perlu menonaktifkannya.



5. Pecahkan Masalah dalam Clean Boot


Kemungkinan penyebab error ini adalah aplikasi atau service pihak ketiga yang konflik. Mulai komputer anda dalam Clean Boot dan periksa apakah masalah masih berlanjut. Jika komputer anda tidak dapat dihidupkan ulang saat terkunci, maka aplikasi atau service pihak ketiga bertanggung jawab atas error ini.


Sekarang, anda harus mengidentifikasi aplikasi atau service pihak ketiga yang bermasalah. Untuk melakukannya, ikuti petunjuk berikut ini.

  • Aktifkan beberapa aplikasi startup menggunakan Task Manager.
  • Setelah itu, restart komputer anda.
  • Periksa apakah error terjadi atau tidak. Jika tidak, aktifkan aplikasi startup lain dan restart kembali komputer anda.
  • Periksa apakah error terjadi. Jika ya, salah satu aplikasi yang baru saja anda aktifkan adalah pelakunya.
  • Sekarang, nonaktifkan salah satu aplikasi ini dan restart komputer anda. Ulangi prosesnya sampai errornya hilang.
  • Ketika error hilang setelah anda menonaktifkan salah satu aplikasi, maka aplikasi yang baru saja anda nonaktifkan adalah pelakunya.


Demikian pula, anda dapat menemukan service pihak ketiga yang bermasalah. Namun kali ini anda harus menggunakan aplikasi MSConfig.




6. Lihat Event logs


Windows membuat event log setiap kali terjadi error pada komputer. Semua error dan peringatan ini dicatat untuk tujuan pemecahan masalah. Event log ini membantu pengguna dan pengembang memecahkan masalah dan memperbaiki error. Saya menyarankan anda melihat event log di Windows Event Viewer untuk mendapatkan beberapa petunjuk tentang mengapa komputer anda restart ketika terkunci.

  • Klik Search Windows dan ketik Event Viewer.
  • Pilih yang paling cocok dari hasil pencarian.
  • Saat Event Viewer terbuka, perluas folder Windows Logs dan pilih folder System.
  • Sekarang, temukan error berdasarkan tanggal dan waktu saat komputer anda di-restart.
  • Pilih error dan baca deskripsinya.


Anda mungkin melihat Event ID yang berbeda, misalnya;

Event ID 41, The system has rebooted without cleanly shutting down first. This error could be caused if the system stopped responding, crashed, or lost power unexpectedly.



Error Event ID di atas terjadi ketika komputer dihidupkan ulang tanpa dimatikan dengan benar. Ada banyak penyebab yang memicu error Event ID ini, seperti overclocking, RAM rusak, power supply rusak, masalah overheat dan lainnya.


Berdasarkan pesan error yang ditampilkan di Event Viewer, anda dapat melanjutkan dengan pemecahan masalah lebih lanjut. Anda dapat merujuk ke website bantuan dan dukungan teknis terbaik untuk mendapatkan bantuan tentang error yang ditampilkan di Event Viewer.


Saya harap ini membantu memperbaiki masalah anda.


Sekian tutorial saya kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki komputer Windows restart saat terkunci. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Memperbaiki Komputer Windows Restart Saat Terkunci"