Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa itu Hybrid Sleep pada Windows dan Apa Manfaatnya?


Jika Anda mencari-cari di dalam power settings Windows, anda mungkin menemukan opsi aneh dalam kategori "Sleep." Salah satu opsi akan bertanya apakah anda ingin "Allow Hybrid sleep." Namun, disana tidak dijelaskan apa-apa tentang hal ini. Jadi, apa itu Hybrid Sleep dan yang lebih penting, haruskah anda mengaktifkan atau menonaktifkannya?


Apa itu Hybrid Sleep?

Hybrid Sleep, pada dasarnya, adalah campuran dari "Hibernate" dan "Sleep." Karena itu, untuk memahaminya, pertama-tama kita perlu melihat apa yang sebenarnya dilakukan oleh "Hibernate" dan "Sleep".



Apa itu Hibernate?

Ketika komputer masuk ke mode Hibernate, ia menghemat energi dengan mematikan komponen utamanya, termasuk RAM. Sayangnya, RAM adalah tempat software anda saat ini terbuka dan data disimpan. Jika RAM kehilangan daya, semua yang ada di memorinya dihapus, itulah sebabnya komputer anda akan "kehilangan" semuanya saat anda mengalami pemadaman listrik atau terjadi error.

Opsi Hibernate menghindarinya dengan mengambil data di dalam RAM dan meletakkannya di hard drive. Dengan data yang sekarang aman, PC dapat memasuki kondisi daya rendah tanpa kehilangan data apapun. Ketika pengguna membawa PC kembali dari hibernate, data diambil dari hard drive dan dimasukkan kembali ke dalam RAM, siap digunakan.

Untuk lebih lanjut tentang Hibernate anda dapat membaca artikel saya tentang Apa itu Hibernate Options dan Cara Mengaktifkannya di Windows 10.


Apa itu Sleep?

Sleep sedikit berbeda dari hibernasi. Ketika PC Sleep, ini membuat RAM tetap aktif saat mematikan komponen lainnya. Ini berarti tidak perlu memuat RAM ke dalam hard drive. Ketika anda menghidupkan kembali PC, semua data anda masih pada RAM saat anda meninggalkannya. Namun, jika mesin kehilangan daya saat Sleep, data pada RAM masih akan dihapus.


Perbedaan Antara Hibernate dan Sleep

Dari sini kita dapat melihat bahwa hibernate adalah pilihan terbaik jika anda ingin meninggalkan komputer anda untuk jangka waktu yang lama. Karena hibernasi mematikan daya ke semua komponen, ini menghemat lebih banyak energi daripada jika anda menggunakan Sleep. Sleep, bagaimanapun, tidak harus mengambil semua data dari hard drive ketika ia melanjutkan, memungkinkan untuk boot lebih cepat daripada Hibernate. Ini menjadikannya pilihan terbaik jika anda meninggalkan PC hanya beberapa saat.


Hybrid

Sekarang kita mengerti apa yang dilakukan Sleep dan Hibernate dan dimana keunggulannya masing-masing, sekarang saatnya untuk melihat apa yang memungkinkan Hybrid Sleep. Hybrid Sleep bertujuan memanfaatkan manfaat dari mode Sleep dan Hibernate. Denngan Hybrid Sleep, ia menjaga RAM tetap menyala selama daya rendah, sementara itu  ia juga menyimpan RAM ke hard drive.

Kombinasi mode yang tampaknya aneh ini benar-benar membuat Hybrid Sleep menjadi kuat. Karena data masih pada RAM, Windows tidak harus masuk ke dalam hard drive untuk mengambil data anda ketika anda mem-boot komputer kembali. Pada saat yang sama, jika terjadi pemadaman listrik dan RAM komputer anda terhapus, komputer dapat dengan mudah memuat data dari hard drive yang tersimpan tadi.


Kapan Harus Menggunakan Hybrid Sleep?

Sekarang kita sudah tahu apa yang dilakukan Hybrid Sleep, dan pertanyaan selanjutnya adalah haruskah kita mengaktifkannya atau tidak?

Jika anda pengguna laptop, ini adalah jawaban yang mudah! Karena mesin anda menggunakan daya baterai, anda tidak perlu khawatir tentang pemadaman listrik seperti pengguna komputer desktop.

Raymond Chen menyebutkan di blog Microsoft bahwa pengguna laptop biasanya meletakkan laptop mereka tepat sebelum mesin benar-benar berhenti bekerja ke dalam tas (Mode Sleep pada laptop aktif ketika anda menutup layar laptop). Ini berarti laptop harus menyelesaikan penggunakan hard drive secepat mungkin setelah memulai Sleep, agar hard drive tidak rusak karena gerakan tiba-tiba. Karena Sleep biasa tidak menggunakan hard drive sama sekali, maka itu pilihan ideal untuk laptop.

Namun, jika anda menggunakan komputer pribadi, Hybrid Sleep bisa menjadi pilihan yang sangat berguna. Ia mem-boot kembali dengan cepat, menjaga data anda dalam kasus pemadaman listrik, dan tidak menjadi masalah seperti pada laptop tentang dipindahkan segera setelah di-Sleep-kan. Dengan demikian, itu membuat keamanan yang bagus di atas fungsionalitas Sleep reguler.


Mengaktifkan atau Menonaktifkan Hybrid Sleep

Untuk mengaktifkan atau menonaktifkan Hybrid Sleep, buka Control Panel. Anda bisa melakukan ini dengan menekan Win + X dan mengklik Control Panel, tetapi jika anda tidak dapat menemukannya, maka anda dapat mencarinya melalui Cortana atau Start Menu atau di Taskbar jika anda sudah mengaturnya.


Disini, klik Power Options saat dalam Large/Small Icons View.


Temukan power plan yang saat ini anda gunakan dan klik Change plan settings di sebelah kanannya. Anda dapat mengetahui plan mana yang saat ini anda gunakan di tombol di sebelah namanya.


Klik Change advanced power settings untuk mengubah pengaturannya.


Luaskan kategori Sleep, lalu Allow hybrid sleep, dan modifikasi opsi sesuai keinginan anda.


Jika anda mengaktifkan Hybrid Sleep, anda tidak akan melihat opsi Hybrid Sleep yang tercantum dalam opsi shutdown. Ini karena Hybrid Sleep menggantikan Sleep biasa. Jika anda ingin menggunakan Hybrid Sleep, cukup aktifkan seperti di atas, lalu pilih opsi Sleep biasa dalam opsi shutdown untuk mengaktifkan Hybrid Sleep.

Hybrid Sleep adalah terminologi samar, itu jauh lebih sederhana daripada yang anda pikirkan. Meskipun bukan pilihan yang bagus untuk pengguna laptop, namun untuk pengguna komputer desktop sangat bermanfaat dimana waktu boot yang cepat serta keamanan data anda terhadap pemadaman listrik.

Bagaimana menurut anda? Apakah anda sering menggunakan mode Sleep dan Hibernate dan baru mengetahui mode yang satu ini? Beri tahu saya di kolom komentar di bawah ini. Terimakasih dan GBU.

Post a Comment for "Apa itu Hybrid Sleep pada Windows dan Apa Manfaatnya?"