Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Layar Alt + Tab Freezing di Windows 10/11

 


Jika layar Alt + Tab freezing di komputer Windows 10 atau Windows 11 anda, maka artikel ini dapat membantu anda memperbaikinya. Kombinasi tombol Alt + Tab adalah fitur yang memungkinkan multitasking dan navigasi cepat di antara aplikasi yang sedang berjalan di Windows. Saat anda menekan Alt + Tab, overlay grafis yang dikenal sebagai Alt + Tab Switcher atau Task Switcher akan muncul di layar anda.


Beberapa pengguna baru-baru ini melaporkan bahwa Alt + Tab mengalami masalah performa atau kinerja dimana saat mereka menekan kombinasi tombol tersebut. Jika anda juga mengalami hal yang sama saat ini, maka berikut adalah beberapa solusi sederhana untuk mengatasi masalah ini.



Memperbaiki Komputer Freezing Saat Menekan Alt + Tab


Untuk memperbaiki masalah freezing komputer di layar Alt + Tab pada komputer Windows 10 atau Windows 11 anda, maka mulailah dengan merestart komputer anda dan update OS Windows anda. Jika itu tidak membantu, lanjutkan dengan solusi berikut ini.



1. Jalankan Windows Memory Diagnostic Tool


Windows Memory Diagnostic Tool adalah utilitas yang mengidentifikasi kesalahan memory. Menjalankan tool ini dapat membantu masalah memory yang menyebabkan layar Alt + Tab freezing di komputer Windows anda.




2. Izinkan Windows untuk Mengelola Virtual Memory secara Otomatis


Mengizinkan Windows mengelola Virtual Memory akan menentukan ukuran awal dan maksimum Pagefile untuk setiap drive di komputer anda. Jika fitur ini dinonaktifkan, ada risiko virtual memory tidak mencukupi dan ruang disk terbuang percuma. Aktifkan fitur ini dan lihat apakah masalah layar Alt + Tab freezing di komputer Windows anda dapat teratasi atau tidak.


Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik sysdm.cpl dan tekan Enter untuk membuka System Properties.
  • Di jendela System Properties, alihkan ke tab Advanced dan klik Settings dibawah bagian Performance.
  • Di jendela Performance Options, alihkan ke tab Advanced dan klik Change.
  • Sekarang, berik ceklist pada opsi Automatically manage paging file size for all drives dan klik OK untuk menyimpan perubahan.




3. Ubah Pengaturan Graphics Default


Selanjutnya, anda dapat mengaktifkan hardware-accelerated GPU scheduling untuk memperbaiki masalah ini. Melakukannya akan mengurangi latensi, meningkatkan performa/kinerja system Windows anda dan dapat memperbaiki masalah freezing pada layar Alt+Tab pada komputer Windows 10 atau Windows 11 anda.




4. Perbaiki File System yang Rusak


File system yang hilang dan rusak adalah alasan lain mengapa layar Alt + Tab freezing. Jika demikian, maka anda harus menjalankan scan SFC dan DISM untuk memperbaikinya.


System File Checker (SFC) akan memperbaiki atau mengganti file system yang rusak atau hilang, sementara Deployment Image Servicing and Management (DISM) akan memperbaiki system image yang rusak. Kedua tool ini merupakan utilitas bawaan Windows, jadi anda tidak perlu menginstallnya. Cukup jalankan perintah dan lihat apakah itu dapat memperbaiki masalah di komputer anda.




5. Dapatkan Kembali Alt + Tab Lama


Jika hingga saat ini anda masih mengalami freezing di layar Alt + Tab, maka anda dapat mencoba kembali ke Alt + Tab lama. Melakukannya dapat membantu memperbaiki freezing di layar Alt+Tab. Perhatikan bahwa, metode ini akan melibatkan pengeditan registry Windows anda. Jadi pastikan anda membackup registry atau membuat system restore point sebelum melakukan pengeditan registry Windows anda.




6. Uninstall Update Windows yang Baru Diinstall


Jika freezing pada layar Alt + tab terjadi setelah anda mengupdate Windows anda, maka file update yang diinstall kemungkinan rusak. Oleh karena itu, anda dapat menguninstall update yang baru saja anda install dan lihat apakah masalah ini dapat diperbaiki. Anda dapat mengikuti salah satu metode di artikel ini untuk menguninstall update Windows anda.




7. Reset Windows Anda


Jika tidak ada solusi diatas yang dapat membantu anda, maka lankah terakhir anda adalah mereset komputer anda ke pengaturan default. Anda dapat memilih opsi untuk menyimpan file anda saat melakukan reset sehingga file anda tidak dihapus.




Semoga membantu anda!


Sekian tutorial saya kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki Layar Alt + Tab Freezing di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Memperbaiki Layar Alt + Tab Freezing di Windows 10/11"