Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Error Event ID 1000, ExplorerExtensions.dll di Windows 10/11

 


Beberapa pengguna Windows melaporkan bahwa ExplorerExtensions.dll crash di komputer mereka. Pengguna ini menghadapi masalah yang sangat aneh seperti File Explorer, yang merupakan bagian penting dari lingkungan Windows. Dalam artikel ini, saya akan membahas masalah ini dan melihat apa yang dapat anda lakukan jika ExplorerExtensions.dll crash di komputer Windows anda dan anda melihat error Event ID 1000 di Event Viewer.




Memperbaiki Error Event ID 1000, ExplorerExtensions.dll


Jika ExplorerExtensions.dll crash di komputer Windows anda dan anda melihat error Event ID 1000 di Event Viewer, maka ikuti solusi yang disebutkan dibawah ini untuk menyelesaikan masalah ini.



1. Jalankan SFC dan DISM


Hal pertama yang perlu anda lakukan untuk mengatasi masalah ini adalah menjalankan scan SFC dan DISM. Kedua tool ini dapat menscan file system dan kemudian memperbaiki file yang rusak. Dimana tool System File Checker (SFC) berfungsi untuk memperbaiki file system Windows yang dilindungi, sementara Deployment Image Servicing and Management (DISM) berfungi untuk memperbaiki system image dan komponen Windows yang rusak. Jadi, jalankan kedua tool tersebut dan lihat apakah masalah anda di perbaiki atau tidak.




2. Bersihkan Windows Explorer History


Explorer akan crash jika history-nya rusak. Biasanya kita tidak membersihkan File Explorer history, tetapi sebenarnya kita dapat melakukan itu. Untuk membersihkan File Explorer history, ikuti langkah-langkah yang disebutkan dibawah ini.

  • Buka File Explorer dengan menekan tombol Win + E.
  • Selanjutnya buka Folder Options. Untuk Windows 10, klik View dan pilih Options. Sementara di Windows 11, klik menu tiga titik horisontal dan pilih Options.
  • Di jendela Folder Options, pilih tab General dan klik Clear pada bagian Privacy.
  • Kemudian klik Apply dan OK untuk menyimpan perubahan.
  • Setelah itu, restart File Explorer anda.




3. Hapus Ekstensi Explorer


Jika anda telah menambahkan ekstensi pihak ketiga ke File Explorer, maka kemungkinan itu yang menyebabkan File Explorer crash. Dalam hal ini, anda harus menghapus semua ekstensi. Sekarang, periksa apakah masalahnya telah teratasi. Jika masalah benar-benar teratasi, aktifkan ekstensi satu per satu secara manual untuk mengetahui ektensi mana yang menyebabkan masalah.


Untuk melihatnya secara detail, anda dapat menggunakan utilitas freeware ShellExView.



Ini akan memungkinkan anda melihat dan menonaktifkan ekstensi shell pihak ketiga yang dicurigai. Dengan menggunakan metode trial & error, anda dapat menonaktifkan/mengaktifkan ekstensi untuk mencoba dan mengidentifikasi apakah ada ekstensi yang menyebabkan masalah.


AutoRuns adalah tool bagus lainnya yang dapat membantu anda dalam hal ini.



4. Reset Komputer Anda


Jika anda mendapatkan error karena beberapa kesalahan konfigurasi dalam pengaturan Windows, maka anda perlu mereset system anda. Tidak ada yang perlu dikhawatirkan karena ini tidak akan menghapus file pribadi anda; sebaliknya, ini hanya akan mengatur ulang perubahan yang telah anda buat pada pengaturan. Pastikan anda memilih opsi Keep my files dalam proses reset untuk menyimpan file anda.




5. Periksa Apakah Aplikasi Pihak Ketiga Mengalami Konflik


Aplikasi pihak ketiga mungkin berkonflik dengan File Explorer, yang menyebabkannya crash. Untuk memecahkan masalah lebih lanjut, boot komputer anda ke Clean Boot. Ini memungkinkan anda untuk memulai system anda tanpa service pihak ketiga. Jika masalah teratasi, aktifkan service secara manual untuk mencari tahu apa yang menyebabkan masalah. Setelah anda mengetahui apa yang menyebabkan masalah, anda dapat menguninstall aplikasi terkait dengan service tersebut atau anda tetap menonaktifkan service tersebut. Mudah-mudahan, ini akan menyelesaikan masalah anda.




Semoga membantu anda!


Sekian tutorial saya kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error Event ID 1000, ExplorerExtensions.dll di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Memperbaiki Error Event ID 1000, ExplorerExtensions.dll di Windows 10/11"