Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Error You don’t have enough system and video memory to start the game di Windows 10/11



Game seperti The Last of Us mungkin crash karena kekurangan resource system. Beberapa pengguna telah melaporkan melihat pesan error Insufficient Memory saat berada di komputer gaming Windows 10 atau Windows 11 mereka. Jika anda menghadapi masalah ini, makaartikel ini akan membantu anda.

Pesan error lengkap saat terjadi masalah ini akan terlihat seperti berikut ini.
Insufficient Memory
You don’t have enough system and video memory to start the game.



Memperbaiki Error You don’t have enough system and video memory to start the game

Jika anda tidak memiliki system dan video memory (VRAM) yang cukup untuk memulai game, ikuti solusi yang disebutkan dibawah ini untuk mengatasi masalah tersebut.

Sebelum memulai, restart driver graphics di komputer anda dengan menekan tombol Win + Shift + Ctrl + B dan lihat apakah itu membantu mengatasi masalah ini.


1. Periksa Apakah Anda Memenuhi Persyaratan System

Hal pertama yang perlu anda lakukan adalah memeriksa apakah komputer yang anda gunakan memiliki cukup memory dan apakah persyaratan lain terpenuhi. Anda dapat melakukan pencarian cepat di internet untuk mendapatkan persyaratan system untuk game tersebut.

Misalnya, untuk menjalankan The Last of Us, komputer anda harus memiliki memory sebesar 16 GB. Namun, meskipun anda memiliki banyak memory, aplikasi tetap berjalan di background masih dapat meninggalkan game dengan memory yang tidak mencukupi. Meskipun Windows cenderung mematikan beberapa aplikasi untuk memberikan lebih banyak memory ke game, saya menyarankan untuk mengakhiri task lain secara manual sebelum menjalankan game. Tetapi jika komputer anda memiliki memory yang kurang dari persyaratan system, anda harus mengupgrade hardware PC anda.


2. Tingkatkan VRAM

Jika anda memiliki cukup memory, periksa apakah Virtual RAM anda cukup. Virtual Memory digunakan ketika komputer anda kehabisan RAM. Jadi, jika system anda hampir tidak memiliki cukup memory, anda harus menambah Virtual Memory. Anda juga dapat meningkatkan Dedicated Video RAM pada system anda.



3. Luncurkan Game dengan Dedicated Graphics Card


Memory bukan satu-satunya alasan mengapa anda mendapatkan pesan error ini, kurangnya graphics card juga dapat menyebabkan masalah ini. Pada kenyataannya, sebagian besar pengguna sudah memiliki GPU yang kuat, tetapi hanya saja game tersebut tidak diluncurkan dengannya. Dalam hal ini, anda harus memaksa game untuk berjalan di dedicated Graphics Card atau GPU.



4. Install Ulang Driver Display

Jika tidak ada yang berhasil, maka upaya terakhir anda adalah mengupdate driver graphics anda atau menguninstall driver graphics kemudian menginstallnya kembali dengan salinan baru yang sama. Ini dilakukan untuk memastikan bahwa masalah tidak disebabkan oleh driver display yang rusak. Setelah selesai, periksa apakah masalah telah teratasi.

Untuk mengupdate driver graphics anda, ikuti salah satu metode berikut ini.
  • Update driver graphics melalui halaman Optional Updates di Windows Update.
  • Update driver graphics melalui Device Manager.
  • Disarankan untuk mengikuti langkah-langkah di artikel ini untuk mengupdate graphics card AMD atau di artikel ini untuk mengupdate graphics card NVIDIA atau di artikel ini untuk mengupdate Intel graphics.


Jika dengan mengupdate driver graphics itu tidak membantu, maka anda dapat melakukan clean install driver graphics card pada PC Windows anda.


Semoga membantu anda!

Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error You don’t have enough system and video memory to start the game di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Memperbaiki Error You don’t have enough system and video memory to start the game di Windows 10/11"