Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Meningkatkan Akurasi Kursor Mouse di Windows 10/11


Ada banyak faktor dan opsi yang memengaruhi cara kursor mouse anda bergerak, dan beberapa opsi ini tersembunyi jauh di dalam pengaturan. Baik anda melakukan pekerjaan desain, bermain game, atau hanya mengambil screenshot, seringkali sulit untuk menggerakkan mouse dengan tepat untuk memilih piksel yang diinginkan. Namun, ada berbagai cara anda dapat meningkatkan akurasi kursor mouse. Dalam tutorial ini saya akan mengajarkan anda cara meningkatkan akurasi kursor mouse dengan mengubah pengaturan mouse.


Tombol Enhance Pointer Precision di ON atau OFF

Enhance Pointer Precision adalah fitur akselerasi mouse. Pada dasarnya, ini mengubah sensitivitas mouse tergantung pada kecepatan anda memindahkannya. Saat diatur ke OFF, satu-satunya hal yang mengontrol pergerakan kursor anda adalah jarak anda menggerakkan mouse. Ketika diatur ke ON, ini berdampak pada kecepatan gerakkan mouse.

Dengan Enhance Pointer Precision diatur ke ON, semakin cepat anda menggerakkan mouse, semakin jauh kursor bergerak. Ketika anda menggerakkan mouse anda lebih lambat, kursor anda bergerak dengan jarak yang lebih kecil. Ini terbukti sangat berguna, terutama ketika anda ingin memilih hal-hal kecil di layar. Ini adalah fitur yang anda ingin biarkan tetap diaktifkan terutama jika anda sering menggunakan touchpad laptop. Untuk mengaktifkan fitur ini, cukup ikuti langkah-langkah di bawah ini.
  • Buka Settings pada PC Windows 10 atau Windows 11 anda dengan menekan tombol Win + I.
  • Kemudian di Windows 10 pilih Devices. Kemudian pilih Mouse (di laptop Mouse & touchpad) di panel kiri tab Devices. Sementara di Windows 11, pilih Bluetooth & devices di panel kiri dan klik Mouse di panel kanan.
  • Di panel kanan, gulir ke bawah dan klik pengaturan yang mengatakan Additional mouse options.
  • Jendela properties mouse akan muncul. Pilih tab Pointer Options dan beri ceklist pada kotak  Enhance pointer precision.



Kapan Anda Harus Menonaktifkan Enhance Pointer Precision?

Akselerasi pointer bervariasi dari mouse ke mouse dan juga tergantung pada resolusi layar. Karena para gamer biasanya memiliki resolusi layar yang berbeda dari resolusi layar default, menjadi sulit untuk menentukan seberapa cepat atau lambat untuk menggerakkan mouse. Mengaktifkan fitur ini menyebabkan gerakan mouse lambat menjadi sangat halus yang membuat kursor bergerak perlahan. Karena seorang gamer perlu membuat reaksi cepat untuk jarak mouse pendek, maka menjadi logis dan langkah cerdas untuk menonaktifkan Enhance pointer precision.


Sesuaikan Kecepatan Kursor dan DPI Mouse Anda

Karena berbagai alasan, anda mungkin ingin mengubah beberapa pengaturan untuk mengatur bagaimana serangan mouse anda. Dua pengaturan yang dapat anda ubah adalah kecepatan penunjuk dan DPI. Mengubah kecepatan penunjuk memberi anda kendali total tentang seberapa jauh kursor bergerak pada layar sebagai respons terhadap pergerakan mouse.

Untuk mengubah kecepatan kursor, kembali ke jendela yang sama dimana anda mengaktifkan Enhance pointer precision dan menyesuaikan slider. Klik Apply untuk menguji penyesuaian anda.


Beberapa mouse, terutama yang ditujukan untuk tujuan gaming, datang dengan opsi untuk mengubah DPI. Pengaturan DPI mengelola apa yang dilaporkan mouse ke Windows. Windows kemudian menerapkan pengaturan DPI bersama dengan kecepatan kursor pilihan anda untuk menentukan seberapa jauh mouse bergerak.

Pengaturan DPI yang lebih tinggi meningkatkan akurasi kursor dan juga memungkinkan mouse untuk merespon gerakan kecil dengan lebih baik. Mouse gaming modern hadir dengan tombol yang memungkinkan pengguna untuk menambah atau mengurangi DPI. Jika anda memiliki mouse yang memungkinkan anda untuk mengubah DPI-nya, anda dapat melakukannya melalui control panel driver mouse, yang mungkin perlu anda instal dari website pabrikan.


Mouse modern lainnya dirancang dengan tombol yang memungkinkan pengguna menyesuaikan kecepatan kursor untuk bergerak perlahan dan lancar saat dibutuhkan. Fitur ini bisa sangat berguna di Photoshop dan banyak digunakan di game multiplayer online.

Mengubah kecepatan kursor mouse dan pengaturan DPI dapat membantu meningkatkan akurasi kursor. Meskipun perubahan ini mungkin tidak membuat banyak perbedaan bagi pekerja kantor biasa, tetapi mereka bisa sangat berguna bagi desainer grafis dan pecinta game.

Semoga bermanfaat. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah untuk berbagi pemikiran dan pengalaman dalam meningkatkan akurasi kursor mouse. Terimakasih dan GBU.

Post a Comment for "Cara Meningkatkan Akurasi Kursor Mouse di Windows 10/11"