Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Error 0x80070643 Windows Update di Windows 10/11

 


Error 0x80070643 Windows Update adalah error code umum yang dapat muncul di layar komputer Windows anda selama instalasi update Windows. Jika anda menghadapi masalah ini, maka artikel ini akan dapat membantu anda mengatasinya.



Error code 0x80070643 adalah error yang disebabkan selama proses instalasi update dan ini mungkin disebabkan oleh masalah dari sisi server. Anda dapat mencoba kembali instalasi atau memeriksa koneksi internet anda. Anda juga dapat mencoba merestart komputer anda untuk melihat apakah itu membantu.


Jika update Windows gagal diinstall, anda juga dapat mencoba mengapus Temporary File dan Cache Browser. Jika itu tidak berhasil, reset Windows Update Component secara manual ke default. Beberapa solusi lainnya adalah menjalankan SFC dan DISM atau menjalankan Windows Update Troubleshooter.



Memperbaiki Error 0x80070643 Windows Update


Saat anda menerima error Windows Update ini, jika merestart perangkat tidak membantu, maka berikut ini hal yang dapat anda lakukan untuk memperbaiki error 0x80070643 saat mengupdate Windows di Windows 10 atau Windows 11 anda.



1. Jalankan Windows Update Troubleshooter


Hal pertama yang saya sarankan adalah menjalankan Windows Update Troubleshooter. Utilitas ini dirancang oleh Microsoft untuk menerapkan seperangkat aturan dan algoritme yang telah ditentukan sebelumnya untuk mengidentifikasi dan memperbaiki penyebab yang mendasarinya. Untuk itu, ikuti langkah-langkah berikut ini untuk menjalankannya.


Di Windows 10:

  • Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I dan pilih Update & Security di jendela Settings.
  • Selanjutnya, pilih Troubleshoot di panel kiri dan kemudian klik Additional troubleshooters di panel kanan.
  • Di halaman berikutnya, klik Windows Update diikuti dengan mengklik Run the troubleshooter di panel kanan untuk membuka troubleshooter.
  • Jendela troubleshooter akan terbuka. Ikuti petunjuk yang di tampilkan dan biarkan proses troubleshooter berjalan hingga selesai.



Di Windows 11:

  • Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I.
  • Di jendela Settings, klik System di panel kiri dan kemudian klik Troubleshoot di panel kanan.
  • Di halaman berikutnya, klik Other troubleshooters di panel kanan.
  • Selanjutnya di panel kanan, klik Run di samping Windows Update untuk membuka jendela troubleshooter.
  • Troubleshooter akan melakukan tugasnya. Biarkan hingga selesai.




2. Ganti Nama Folder SoftwareDistribution


Error 0x80070643 dapat menghentikan anda dari menginstall update Windows atau menginstall software lain. Masalah ini dapat terjadi karena rusaknya registrasi update software MSI atau jika instalasi .NET Framework di komputer rusak.


Untuk mengatasi ini, disarankan untuk mengganti nama folder SoftwareDistribution. Untuk mengganti nama folder SoftwareDistribution, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Di jendela Command Prompt, masukan perintah berikut satu per satu sambil menekan Enter.
net stop wuauserv
net stop bits
rename c:\windows\SoftwareDistribution SoftwareDistribution.bak
net start wuauserv
net start bits

Langkah selanjutnya adalah membersihkan isi folder Catroot2.


3. Hapus Isi Folder Catroot2

Catroot dan Catroot2 adalah beberapa folder penting OS Windows yang diperlukan saat proses update Windows. Jadi, jika anda menghadapi masalah saat mengupdate Windows dan menerima pesan error 0x80070643 ini, maka anda dapat mereset folder Catroot2. Untuk mereset folder catroot2, ikuti langkah-langkah berikut ini.
  • Buka Command Prompt dengan hak admin seperti langkah diatas.
  • Selanjutnya di jendela Command Prompt, masukan perintah berikut ini satu per satu sambil menekan Enter.
net stop cryptsvc
md %systemroot%\system32\catroot2.old
xcopy %systemroot%\system32\catroot2 %systemroot%\system32\catroot2.old /s
  • Selanjutnya, hapus semua isi folder catroot2.
  • Setelah melakukan itu, di jendela Command Prompt, masukan perintah berikut ini dan tekan Enter.
net start cryptsvc


Folder catroot anda akan direset setelah menjalankan perintah tersebut dan setelah anda memulai update Windows lagi, file-file tersebut akan dibuat kembali.


4. Perbaiki .NET Framework

Di antara pengguna yang terpengaruh, banyak dari mereka mengalami error 0x80070643 karena Microsoft .NET Framework yang rusak. Jika setelah mencoba perbaikan di atas, error tidak diperbaiki, maka saya sarankan anda untuk memperbaiki Microsoft .NET Framework. Untuk melakukannya, anda memerlukan Microsoft .NET Framework Repair Tool. Tool ini membantu pengguna memperbaiki masalah dyang terkait dengan .NET Framework.

Untuk menjalankan .NET Framework Repair Tool, ikuti langkah-langkah berikut ini.
  • Download .NET Framework Repair Tool dari website Microsoft.
  • Setelah itu, klik dobel pada file yang didownload dan itu akan berjalan di PC anda.
  • Selanjutnya, klik Next untuk menjalankan tool untuk memperbaiki .NET Framework yang korup atau rusak.
  • Setelah proses perbaikan selesai, klik Finish dan restart komputer anda.



5. Perbaiki File System yang Rusak

Salah satu kemungkinan penyebab kegagalan dalam menginstall update Windows adalah file system image yang rusak. Jika demikian halnya dengan anda, maka memperbaiki file system image akan menyelesaikan masalah. System File Checker (SFC) adalah tool yang dikembangkan oleh Microsoft yang dapat membantu pengguna memperbaiki file system image yang rusak. Anda dapat menjalankan tool ini dengan menggunakan Command Prompt.


Jika scan SFC gagal memperbaiki file system image, ada satu lagi tool yang dapat anda gunakan untuk tujuan yang sama yaitu Deployment Imaging and Servicing Management (DISM). Setelah anda menjalankan tool ini, jalankan kembali scan SFC. Ini akan memperbaiki file system anda.



6. Install Update Windows di Clean Boot

Merupakan ide bagus untuk menginstall update Windows dalam Clean Boot karena semua proses dan service non-Microsoft tidak berjalan dalam kondisi tersebut sehingga tidak ada gangguan pihak ketiga yang menyebabkan instalasi update Windows anda gagal.



Semoga membantu anda!

Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error 0x80070643 Windows Update di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Anda juga dapat merequest tutorial yang anda butuhkan. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Memperbaiki Error 0x80070643 Windows Update di Windows 10/11"